Logo Daihatsu
Menu

3 Fungsi Kampas Ganda Mobil, Cara Kerja & Tips Perawatannya

Otomotif

2023-04-10

3 Fungsi Kampas Ganda Mobil, Cara Kerja & Tips Perawatannya

Fungsi kampas ganda mobil terbilang cukup penting terhadap manuver mobil. Oleh karena itu, perlu dirawat secara rutin dan berkala. Berikut akan dijelaskan mengenai fungsi, cara kerja, dan tips merawat kampas ganda mobil yang benar agar maneuver mobil optimal. Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini.

Fungsi Kampas Ganda Mobil

Kampas ganda merupakan salah satu komponen yang termasuk dalam komponen sistem transmisi pada mobil dengan transmisi manual. Komponen ini juga sering dikenal dengan istilah kampas kopling. Komponen ini memiliki beberapa fungsi yang tidak dapat disepelekan, karena berhubungan dengan performa mobil. Berikut beberapa fungsi kampas ganda yang perlu Anda ketahui.

1. Sebagai pemutus dan penyambung tenaga putaran mesin

Fungsi utama kampas ganda mobil, ialah sebagai pemutus dan penyambung tenaga putaran dari mesin yang nantinya akan diteruskan ke bagian transmisi. 

2. Memperhalus pendistribusian tenaga putaran mesin menuju bagian transmisi

Ketika mobil sedang bermanuver, maka putaran mesin akan dalam mode akselerasi (bergerak lebih cepat) dibandingkan dengan putaran input shaft pada transmisi. Sebaliknya, pada mode deselerasi maka putaran akan menjadi lebih lambat. Pada kondisi inilah terjadi slip antara kampas ganda dengan flywheel.

Akibatnya pendistribusian tenaga putaran mesin ke transmisi akan mengalami penurunan secara drastis. Untuk menghindari kondisi slip tersebut, maka kampas ganda mobil berperan memperhalus perubahan tenaga antara mesin dan transmisi.

3. Meredam getaran saat perpindahan transmisi

Ketika perpindahan gigi atau tuas transmisi, maka akan timbul getaran atau hentakan. Hal tersebut terjadi karena proses putus sambung tenaga mesin ke transmisi. Untuk meminimalkan getaran tersebut, maka kampas ganda mobil akan bekerja sama dengan komponen di dalamnya, dalam meredam getaran tersebut.

Baca Juga : Kampas Kopling Mobil: Fungsi, Merk, hingga Ciri dan Dampak ketika Kampas Mulai Menipis

Cara Kerja Kampas Ganda Mobil

Cara kerja kampas ganda mobil terbagi menjadi dua yaitu ketika menginjak pedal dan melepaskannya. Ketika pedal kopling diinjak, maka cairan hidrolik akan menekan bagian aktuator hidrolik dan release bearing. Akibatnya komponen release lever juga tertekan, dan menyebabkan plat kopling terangkat sehingga memutus tenaga putaran mesin ke transmisi. 

Sedangkan ketika pedal dilepaskan, maka tekanan hidrolik pada aktuator hidrolik, release bearing, dan release lever hilang. Akibatnya, plat kopling kembali terjepit sehingga putaran flywheel dapat disalurkan ke kampas ganda dan transmisi.

Tips Merawat Kampas Ganda yang Tepat dan Benar

Mengingat fungsinya yang sangat penting, Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat kampas ganda yang baik dan benar. Untuk selengkapnya, Anda bisa mempraktikkan beberapa tips berikut ini.

1. Hindari menggantungkan kaki pada pedal kopling

Tips pertama, Anda perlu menghindari kebiasaan menggantungkan kaki di atas pedal kopling ketika mobil sedang melaju. Kebiasaan buruk tersebut dapat menyebabkan gesekan antar komponen kampas ganda semakin besar sehingga mempercepat keausan. 

2. Hindari metode bermanuver setengah kopling

Tips kedua, Anda wajib menghindari mengemudikan mobil dengan metode setengah kopling, khususnya tanjakan. Hal tersebut dapat mengikis kampas ganda sehingga mempercepat keausan.

Selalu gunakan rem tangan dan posisi kopling netral ketika melewati tanjakan. Ketika mobil hendak melaju, Anda bisa memindahkan tuas transmisi Anda ke gigi satu, sebelum menginjak pedal gas dan melepaskan rem tangan.

3. Bijak dalam berkendara

Tips ketiga, Anda harus bijak dalam berkendara. Ketika mobil melaju dengan kecepatan rendah Anda bisa mengurangi gigi transmisi. Ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi maka tambahkan gigi. Namun, pada saat memindahkan transmisi, hindari melepas kopling secara langsung karena menimbulkan hentakan dan mempercepat keausan komponen transmisi mobil.

4. Lakukan pengecekan komponen secara rutin

Tips terakhir, Anda bisa mengecek kondisi kampas ganda secara rutin. Bersihkan kotoran yang menempel, dan lakukan penggantian segera apabila kondisi komponen sudah menipis.

Ternyata cara merawat kampas ganda mobil tidak sesulit yang dipikirkan, bukan? 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jenis-Jenis Perawatan Salon Mobil yang Bisa Dipilih

2021-05-06

Tak hanya manusia, mobil juga punya salon khusus untuk perawatan. Kehadiran salon mobil sendiri bisa membantu guna merawat mobil Sahabat.

thumbnail

Tips Memilih Aki yang Awet Berdasarkan Material Selnya

2022-01-20

Setidaknya ada 5 jenis aki. Semua mempunyai kelebihan dan kurangan. Material sel aki yang awet membuat Anda tidak harus cepat menggantinya.Aki merupakan pemasok untuk menjalankan komponen se

thumbnail

Cara Mengukur Jarak di Google Maps di HP dengan Akurat

2024-01-31

Sudah tahukah bagaimana cara mengukur jarak di Google Maps? Jika belum maka Anda perlu untuk menyimak penjelasan pada artikel hingga selesai. Sebenarnya untuk melaku

thumbnail

Cara Mengecek Oli Transmisi Mobil Matik Paling Gampang, Bisa Dilakukan Sendiri!

2020-12-22

Cara mengecek oli transmisi mobil merupakan satu hal yang harus dilakukan secara berkala untuk mengetahui apakah perlu dilakukan penggantian oli atau tidak. Transmisi ma