Logo Daihatsu
Menu

3 Komponen yang Harus Dicek Ketika Starter Mobil Bunyi Cetek Cetek

Otomotif

2021-01-12

starter mobil bunyi cetek cetek

Adanya bunyi bunyian pada mesin pada saat mobil dinyalakan, bisa  menjadi penanda bahwa terdapat masalah serius yang harus segera diperbaiki. Pastinya terdapat salah satu komponen yang berpotensi menyebabkan bunyi cetek cetek. Kira kira, apa yang menjadi penyebab starter mobil bunyi cetek cetek? untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

1. Dinamo Starter

Bagi Anda yang paham mengenai dunia otomotif, tentu sudah tahu bahwa dinamo merupakan komponen penting untuk menyalakan mesin. 

Dinamo starter berada di bagian belakang mesin, tepatnya berada di dekat flywheel. Perlu Anda ketahui, dinamo starter mengeluarkan tenaga yang cukup besar ketika mobil mulai distarter atau dihidupkan.

Pada dasarnya, mesin mobil memiliki 4 piston yang memerlukan tenaga lebih untuk memutar poros engkol. Karena besarnya daya yang dibutuhkan, dinamo starter dapat bergetar ketika mobil menyala. Akibatnya, Anda akan mendengar bunyi cetak cetak ketika mobil dihidupkan. 

Karena berasal dari getaran dinamo, suara tek tek biasanya hanya akan terdengar ketika mobil distarter. Untuk mengatasinya, Anda perlu memeriksa baut pada dinamo untuk menghindari starter mobil bunyi cetek cetek. 

Jika pengunci baut longgar bahkan terlepas, pasang kembali baut tersebut dan kencangkan kuat kuat.

2. Gigi Pinion

Gigi pinion merupakan komponen dalam mesin mobil berupa roda gigi. Roda gigi ini kemudian akan menghubungkan komponen dinamo starter dengan roda gigi flywheel

Jadi pada saat mesin dinyalakan, roda gigi pinion akan bertautan dengan flywheel. Setelah poros dinamo berputar, flywheel dan poros engkol juga akan ikut berputar.

Masalah yang acap kali muncul pada komponen ini mulai dari keausan roda gigi, roda gigi rontok, dan terkikis. 

Hal ini disebabkan karena roda gigi memiliki cara kerja yang selalu bertabrakan dengan komponen roda gigi flywheel. Jika tak segera diatasi, kerusakan akan menyebar luas.

Ketika komponen roda gigi sudah terkikis dan tidak rata, maka akan menimbulkan bunyi aneh pada mesin. Namun starter mobil bunyi cetek cetek ini akan hilang ketika mobil sudah berhasil dihidupkan. 

Nantinya, suara cetek cetek akan muncul kembali pada saat mobil dihidupkan lagi. Satu satunya solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah mengganti roda gigi pinion.

Baca Juga: Kenali 10 Gejala Transmisi yang Bermasalah agar Terhindar dari Kerusakan Parahl

3. Engine Mounting

Engine mounting Merupakan sebuah komponen dalam mesin yang bertugas untuk menopang seluruh komponen mesin agar tetap kokoh. 

Selain memegangi mesin, engine mounting juga dibuat untuk menyerap getaran yang dihasilkan oleh aktivitas mesin. Dengan demikian, body mobil akan tetap nyaman meski bekerja dengan RPM tinggi.

Permasalahan yang sering muncul dan dapat menimbulkan suara cetek cetek adalah karet engine mounting yang pecah. Pecahnya karet engine mounting, menyebabkan komponen tersebut tak bisa lagi meredam getaran. 

Akibatnya, bunyi cetak cetak akan muncul ketika mobil distarter. Untuk mengatasinya, ganti komponen baru agar tak timbul starter mobil bunyi cetek cetek.

Mobil yang menimbulkan suara aneh ketika distarter, merupakan sebuah penanda bahwa terjadi kerusakan di ruang mesin. 

Setelah membaca ulasan tersebut, Anda bisa belajar memahami komponen apa yang berpotensi menimbulkan bunyi cetek cetek. Setelah memahaminya, kini Anda perlu melakukan pengecekan agar kinerja mobil tetap stabil.

Baca Juga: Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa Itu Pajak Karbon dan Efeknya pada Harga Jual Mobil?

2021-11-20

Sudahkah Anda mengetahui tentang pajak karbon? Banyak yang berpendapat bahwa pajak ini akan mempengaruhi perekonomian negara, khususnya Indonesia.Bukan hanya pada perekonomian, tetapi juga b

thumbnail

Apa Itu Posisi Duduk Ideal 3K?

2021-11-20

Ketika berkendara, Anda harus tahu bagaimana posisi duduk yang ideal demi menunjang kenyamanan. Hal ini biasa disebut dengan posisi duduk 3K, lalu apakah sudah mengetahui tentang konsep tersebut?

thumbnail

Update Daftar Tol Cipali Terbaru, Semua Gerbang!

2024-01-31

Bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan dari daerah Cikopo, Purwakarta menuju Palimanan, Cirebon perlu untuk mengetahui tarif Tol Cipali terbaru 2024. Adapun daft