Logo Daihatsu
Menu

4 Tips Merawat Ban Tubeless Agar Performa Tetap Bagus

Tips & Trick

2020-11-24

null

Saat ini, kebanyakan mobil telah menggunakan ban yang kita kenal dengan ban tubeless. Ban tubeless adalah ban tanpa karet atau lebih tepatnya ban yang tidak menggunakan ban dalam sebagai komponennya. Ban tubeless memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan ban biasa, namun bukan berarti ban tubeless tidak memerlukan perawatan dalam penggunaannya. 

Tips Merawat Ban Tubeless

Dengan segala kelebihan yang dimiliki,  ban tubeless juga memerlukan perawatan khusus untuk menunjang performa kendaraan. Berikut adalah beberapa tips merawat ban tubeless kendaraan Anda. 

1. Perhatikan tekanan angin

Tekanan angin pada ban merupakan salah satu faktor penting dalam perawatan ban kendaraan. Saat ban kendaraan dalam keadaan panas, usahakan jangan mengurangi tekanan angin pada ban. Penyesuaian tekanan pada ban dapat dilakukan ketika ban kendaraan dalam keadaan dingin. Anda perlu mengetahui tekanan angin yang baik bagi kendaraan, baik tekanan untuk ban depan maupun ban belakang. Tekanan angin yang berlebihan dapat menyebabkan ban terlepas dari velg kendaraan.

2. Periksa ban secara teliti

Untuk mengetahui keadaan ban, Anda juga harus melakukan pemeriksaan secara rutin pada ban kendaraan. Pemeriksaan dapat dilakukan pada permukaan dan bahu ban. Dengan begitu, Anda dapat mendeteksi jika terdapat kerusakan pada ban. Perlu diketahui, saat mencapai keausan minimum, ban kendaraan perlu diganti untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. 

3. Hindari jalan berlubang

Saat berkendara, tidak jarang kita menemukan jalan yang memiliki kondisi yang kurang baik, contohnya jalan berlubang. Untuk menjaga performa ban dan  juga kendaraan, usahakan untuk menghindari jalan-jalan berlubang. Namun, jika  tidak dapat menghindari jalan tersebut, maka Anda dapat melewatinya dengan menurunkan laju kendaraan dengan kecepatan minimum.

4. Hindari beban yang berlebih

Beban yang berlebih juga merupakan salah satu faktor penting dalam merawat kondisi ban maupun kendaraan. Saat berkendara, terutama saat melakukan perjalanan jauh atau saat mudik, banyak dari kita yang tidak peduli dengan beban yang dibawa pada kendaraan. Tidak hanya ban, komponen lain kendaraan juga dapat rusak bila beban yang dibawa melebihi kapasitas. Ketahui kapasitas muatan kendaraanmu dan usahakan jangan membawa beban melebihi kapasitas yang telah ditetapkan. 


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kandungan dan Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

2021-03-23

Banyak orang yang sudah familier dengan penggunaan minyak zaitun. Olahan buah zaitun yang biasa dikenal sebagai olive oil ini memiliki banyak manfaat dan lebih be

thumbnail

6 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan, Dijamin Ampuh 100%!

2022-09-22

Apakah sahabat memiliki masalah mabuk perjalanan? Jika iya, mari simak cara mengatasi mabuk perjalanan pada saat naik mobil maupun bus AC. Melakukan perjalanan mungkin menjadi yang tidak bis

thumbnail

7 Strategi Manajemen Waktu untuk Mengurangi Stres

2020-11-21

Konsep work-life balance menjadi sesuatu hal yang semakin sering dianggap mustahil untuk direalisasikan. Tidak sedikit orang yang bahkan sudah mulai kesulitan untuk mencapai keberhasilan pada salah

thumbnail

Cara Mudah Cek Plat Nomor Kendaraan

2020-12-24

Sebagai salah satu kota metropolitan, Jakarta tentu saja penuh sesak dengan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Saking banyaknya maka pemerintah setempat m