Logo Daihatsu
Menu

4 Cara Memasang Kaca Film Mobil dengan Benar

Otomotif

2020-11-09

cara pasang kaca film mobil

Penggunaan kaca film di mobil dirasa menjadi salah satu kebutuhan oleh pemilik kendaraan roda empat. Selain kesan estetik, kaca ini juga mampu meningkatkan privasi dan keamanan pengendara. 

Jika rela keluarkan biaya besar untuk membeli film, maka pastikan Anda menggunakan cara pasang kaca film mobil yang tepat berikut ini. 

1. Membersihkan Kaca dan Sekat Pegangan 

Sebelum memilih kaca mobil, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis kaca film mobil terlebih dahulu. 

Setelah itu baru Anda bisa memilih tempat pemasangan film harus bersih dan juga tidak ada kotoran yang menempel.

Karena itu, pastikan Anda bersihkan semua bagian permukaan kaca yang akan dipasang film. Gunakan cairan pembersih dan juga kain lap lembut agar semua kotoran ikut terangkat. 

Lakukan juga pada bagian sekat kaca pegangan, pinggiran, dan juga di sela antara wiper (untuk kaca depan atau belakang). 

Biasanya, lokasi sekat dan bagian pojok yang mana bersentuhan langsung dengan karet pengaman akan memiliki kotoran yang cukup membandel. 

Anda bisa gunakan cutter atau pisau untuk hilangkan bekas stiker dan kotoran tersebut. 

Lakukan tahapan cara pasang kaca film mobil ini berulang kali jika diperlukan. Anda juga bisa cek kebersihan kaca dengan melihat dari bagian dalam dan luar mobil. 

Pastikan tidak akan ada kotoran yang tertinggal, karena adanya debu atau kotoran akan membuat kaca film menggelembung dan tampak tidak rapi. 

2. Ukur Dan Potong Sesuai Kebutuhan 

Ada baiknya Anda lakukan tahapan ini dengan bantuan tangan orang lain. 

Pasalnya, Anda perlu melakukan pengukuran dengan tepat. Untuk membantu pengukuran, Anda bisa membentangkan film tepat di atas kaca dengan posisi permukaan berperekat pada bagian atas. 

Setelah itu, pastikan film sudah diletakkan dengan pas lalu potong dengan cutter atau pisau tajam. 

Perlu diperhatikan bahwa ada baiknya untuk menambahkan 2 -3 cm pada tiap sisi atau sudut. Hal ini dilakukan untuk menghindari salah ukur, yang mana sering terjadi karena adanya lekukan yang tidak disangka.

Cara pasang kaca film mobil ini juga akan membuat setiap bagian tertutup secara menyeluruh dimana nantinya bisa Anda potong setelah ditempel. 

Baca juga: Fungsi Kaca Spion Kendaraan yang Harus Diketahui

3. Semprot dengan Cairan Khusus

Setelah mendapat ukuran yang tepat, maka berlanjut pada proses pemasangan. Yang perlu Anda ketahui adalah semprotkan cairan (air sabun) secara berkala dan menerus. 

Pastikan bagian dalam kaca basah, kemudian buka pelindung perekat dan tempel film kaca secara perlahan. Sembari menempel, ada baiknya Anda terus menyemprotnya dengan cairan. 

Lakukan pemasangan mulai dari bagian bawah ke atas. Pada tahap ini pula ada baiknya Anda mengambil karet penyeka pada bagian tengah terlebih dahulu. 

Lalu diikuti dengan gerakan menyamping, sehingga perekat akan menempel dengan merata. 

Tempel film dengan sedikit tekanan agar seluruh permukaan tertempel dengan baik dan tidak akan ada gelembung udara. 

4. Membersihkan Cairan dan Merapikan Bagian Tepi

Cara pasang kaca film mobil yang terakhir bisa dilakukan jika seluruh film sudah tertempel. Pada tahap ini Anda harus membersihkan semua cairan yang digunakan saat pemasangan. 

Bersihkan dengan kain lembut atau kanebo. Kemudian, rapikan bagian tepi yang tadinya disisakan 2 cm. Gunakan pisau tipis dan potong secara perlahan agar tidak membekas di permukaan kaca. 

Setidaknya itulah tahapan singkat untuk memasang kaca film. Meski berkesan sangat simpel namun pastinya akan merugikan jika terdapat kesalahan pemasangan. 

Apalagi mengingat harga kaca film yang selangit. Karena itu, pastikan permukaan kaca sudah bersih, potong film dengan baik, dan pasang dengan perlahan serta hati-hati. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Daihatsu Feroza Modifikasi Sendiri hingga Beli Bekas

2021-03-06

Daihatsu Feroza menjadi primadona di tahun 1990-an karena mobil tersebut tampak gagah dengan performa mesin yang tinggi. Meskipun diproduksi terakhir kali pada 1999, Dai

thumbnail

Apa itu CVT? Ketahui Pengertian dan Komponennya

2024-01-25

Continuous variable transmission (CVT) adalah jenis teknologi transmisi otomatis yang dapat mengubah rasio gigi secara otomatis tanpa adanya perpindahan gigi seperti pa

thumbnail

Inilah Penyebab Radiator Mobil Cepat Panas & Cara Mengatasinya

2023-01-06

Memahami penyebab radiator mobil panas sejak dini dapat menghindarkan

thumbnail

Tips Mencegah Suara Bising Speaker Audio

2022-02-28

Memasang speaker audio mem