Logo Daihatsu
Menu

4 Cara Menutup Cat Mobil yang Terkelupas dengan Benar

Otomotif

2021-01-06

cara menutup cat mobil yang terkelupas

Perawatan pada kendaraan bermotor memang tidak hanya dilakukan pada bagian mesinnya saja, namun serangkaian perlakuan juga perlu dilakukan pada body. Agar mendapat tampilan mobil yang elegan dan menawan. 

Salah satu masalah yang sering terjadi pada bagian permukaan body yaitu cat yang terkelupas. Maka dari itu, yuk intip cara menutup cat mobil yang terkelupas berikut.

1. Gunakan Compound Putih

Anda bisa memanfaatkan penggunaan dari compound putih untuk menutupi lapisan cat yang terkelupas, bila bagian yang terkelupas tersebut masih berada di level ringan. Anda bisa mendapatkan compound di berbagai toko terdekat, maupun salon mobil. 

Saat mengaplikasikan compound ini pastikan bahwa kain yang Anda gunakan memiliki tekstur yang lembut.

Karena permukaan kain yang kasar akan membuat aplikasi compound menjadi tidak merata, sekaligus dapat menimbulkan baret yang baru. Setelah compound diaplikasikan, diamkan selama beberapa saat hingga lapisan compound bisa menyatu dengan bagian lainnya. 

Kemudian usap permukaan tersebut dengan kain bersih yang lembut, hingga goresan perlahan menghilang.

2. Gunakan Cat dengan Warna yang Sama

Cara menutup cat mobil yang terkelupas sebaiknya menggunakan cat yang berwarna senada, bila permukaan mobil mengelupas di atas level ringan. Karena penggunaan compound tidak akan banyak membantu jika mobil Anda terkelupas hingga dempulnya tampak. 

Misalnya mobil Anda memiliki warna merah, maka gunakan cat dengan warna merah juga. Sebaiknya siapkan kuas untuk mengaplikasikan cat pada permukaan body mobil. Pilih kuas yang memiliki bulu lembut, kemudian aplikasikan dan diamkan sejenak hingga mengering. 

Setelah kering olesi kembali bagian tersebut dengan compound warna kuning. Selanjutnya lap permukaan mobil hingga warnanya sama dengan bagian permukaan lainnya.

3. Bersihkan Sekitar Bagian yang Terkelupas

Dalam melakukan pengaplikasian compound maupun cat pada bagian body, sebagai cara menutup cat mobil yang terkelupas, sebelumnya Anda harus membersihkan terlebih dahulu permukaan mobil. 

Sebab permukaan yang kotor bisa membuat cat menjadi rontok dan pengaplikasiannya menjadi tidak sempurna. Anda bisa menggunakan air hangat dan sabun untuk membersihkannya. 

Baca juga: Jarang Disadari! Ini 9 Benda yang Bikin Cat Mobilmu Rusak

4. Gunakan Touch Pen dan Tipe Spray

Anda bisa menggunakan touch pen dan tipe spray untuk mengatasi masalah cat yang terkelupas pada bodi mobil. Touch pen sendiri juga diklaim mampu menghilangkan karat atau silikon yang menempel di cat mobil. 

Touch pen serta tipe spray dapat Anda gunakan apabila terdapat goresan baret pada bodi, hingga membuat cat mobil terkelupas.

Namun dalam pengaplikasian touch pen maupun tipe spray, Anda perlu berhati hati dan lakukan dengan perlahan. Sebab apabila baru pertama melakukannya, biasanya hasilnya tidak akan cukup bagus terlebih bila Anda tergesa gesa. 

Meski membutuhkan waktu yang lebih lama, penggunaan kedua bahan ini bisa menjadi cara menutup cat mobil yang terkelupas dengan baik. Cat mobil yang terkelupas memang membuat tampilan kendaraan menjadi menurun, oleh sebab itu Anda perlu mengatasinya dengan segera. 

Namun perlu diingat bahwa beberapa produk cat mungkin memerlukan waktu lebih agar bisa kering dengan sempurna. Jadi sebaiknya setelah pengaplikasian cat, jangan langsung menggunakan mobil tersebut untuk berkendara.

Baca juga : Berikut Biaya Cat Mobil Untuk Setiap Bagian Kendaraan


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Komponen Kompresor AC Mobil, Fungsi dan Cara Perawatannya

2023-10-30

Mengenali komponen kompresor AC mobil beserta fungsi dan cara merawatnya merupakan hal yang penting. Mengapa bisa begitu? Karena kompresor AC merupakan jantungnya si

thumbnail

Test Lamp Digunakan Untuk Apa? Ini Cara Menggunakannya!

2023-03-16

Beberapa tahun terakhir ini, penggunaan test lamp marak digunakan di

thumbnail

Transmisi Otomatis Mobil - Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

2021-01-06

Sebagian orang memang lebih suka menggunakan kendaraan roda empat dengan transmisi otomatis. Pengemudi akan lebih dimudahkan dala

thumbnail

Apa itu Otomotif Serta Cabang Industrinya, Yuk Kenali!

2022-12-26

Mendengar kata otomotif rasanya sudah tidak asing di telinga Anda. Bahkan hampir setiap hari kata ini sering Anda jumpai di mana-mana. Apa sih sebenarnya makna dari