Logo Daihatsu
Menu

4 Fungsi Filter Bahan Bakar Mobil dan Cara Membersihkannya

Otomotif

2022-12-15

4 Fungsi Filter Bahan Bakar Mobil dan Cara Membersihkannya

Filter bahan bakar mobil  merupakan salah satu komponen sistem bahan bakar yang mempunyai peran begitu signifikan ini, adanya komponen ini akan menja performa mobil dengan baik. Namun, meskipun bagian ini begitu penting, tidak sedikit pemilik kendaraan yang mengetahui fungsinya. 

Padahal, bila bagian filter bahan bakar ini tidak dirawat dengan baik, hal tersebut akan merugikan pengendara. Memang, bagian ini sulit dibuka tetapi masih dapat dibersihkan untuk menghilangkan berbagai macam kotoran yang mengendap. 

Jika kotoran sudah terlalu banyak, Anda bisa mengganti filter dengan yang baru, karena mengendapnya kotoran akan sulit dibersihkan dan memakan waktu sangat lama. 

Fungsi Filter Bahan Bakar Mobil

Ada berbagai fungsi penting yang dimiliki oleh komponen ini, berikut beberapa diantaranya, antara lain:

1. Sebagai penyaring kotoran

Fungsi utama yang dimiliki komponen ini adalah sebagai penyaring kotoran yang berada di dalam bahan bakar. Jika tidak terdapat proses penyaringan, akan muncul berbagai masalah pada kendaraan. 

2. Penyaring elemen air

Fungsi filter bahan bakar mobil yang lainnya adalah sebagai penyaring elemen air. Biasanya, elemen air ini juga terdapat di dalam bahan bakar. Jika bahan bakar bercampur air, performa mobil akan terhambat. 

Sehingga, dengan adanya filter bahan bakar ini, keberadaan air akan tersaring dan risiko tercampurnya bahan bakar dan air dapat dihindari. Dengan hal ini, performa mobil menjadi terus stabil.

3. Penurun kecepatan aliran bahan bakar

Fungsi lain filter bahan bakar yang tidak kalah penting adalah sebagai penurun kecepatan aliran bahan bakar. Sehingga, mobil dapat melaju dengan stabil di sejumlah kondisi jalan. Selain itu, dengan penurunan aliran bahan bakar ini, komponen berbahaya tidak tersalur ke ruang bahan bakar. 

Seperti yang kita ketahui, komponen yang masuk dalam pembakaran bisa menyebabkan endapan yang berada di bagian bawah. Oleh sebab itu, filter bahan bakar sangat dibutuhkan. 

4. Mencegah agar saringan bahan bakar tidak tersumbat

Ketika bagian saringan bahan bakar tersumbat, tahanan di dalam aliran bahan bakar bisa menjadi semakin meningkat. Jika hal ini terlanjur terjadi, bahan bakar yang masuk di karburator menjadi lebih banyak dan penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros. 

Ketika mesin memiliki putaran tinggi, mesin memerlukan bahan bakar yang cukup besar. Inilah yang membuat tenaga mesin menjadi menurun. 

Baca Juga : Cara Membersihkan Filter Bensin dengan Mudah Agar Mesin Tak Mudah Rusak

Bagaimana Cara Membersihkan Filter Bahan Bakar Mobil? 

Sebenarnya, proses pembersihan filter bahan bakar ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Temukan lokasi saringan bahan bakar

Sebelum membersihkan filter, terlebih dahulu cari saringan bahan bakar. Saringan bakar memiliki lokasi yang berbeda-beda. Terdapat saringan yang memiliki aliran ke sistem injeksi, ada juga yang berada di lokasi lain. 

2. Buka saluran bahan bakar

Untuk membersihkan filter bahan bakar, Anda bisa mulai membuka saluran bahan bakar. Klem dapat dikencangkan dengan menggunakan obeng datar. Kemudian, tutup dengan menggunakan klem. 

3. Siapkan wadah

Letakkan wadah tepat di filter bensin, kemudian buka tutup klem. Saat membuka tutup klem, tarik selang di filter kemudian biarkan bensin keluar dengan sendirinya. Kemudian mulai bersihkan filter bensin. 

Bagaimana, membersihkan filter bahan bakar mobil tidak sesulit seperti kelihatannya, bukan? Namun, jika Anda masih kesulitan untuk membersihkannya, Anda dapat membawa mobil ke bengkel resmi Daihatsu

Selain melakukan perawatan, Anda dapat melakukan pembelian sparepart asli di sini. Selain itu Anda juga tidak akan menunggu antrian service dengan lama, karena Daihatsu memiliki layanan booking service secara online. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Membuat Bemper Mobil Sendiri

2020-12-03

Jika Sahabat ingin memiliki mobil dengan bemper sesuai selera, melakukan cara membuat

thumbnail

Jangan Lakukan Ini Supaya Ban Mobil Tetap dalam Kondisi Baik

2020-12-03

Memiliki mobil sudah sepaket dengan kewajiban untuk merawatnya dengan baik dalam segala hal, termasuk perihal ban mobil. Namun, tidak semua orang menyadarinya. Padahal,

thumbnail

Amankan Mencuci Mobil dengan Air Bertekanan Tinggi?

2022-03-09

Mencuci mobil memang membutuhkan waktu yang lama sehingga pemiliknya memilih untuk mencucinya di jasa cuci mobil. Dengan cuci mobil air tekanan tinggi membuat kotoran ya

thumbnail

Kenali Fungsi Stiker Hologram STNK pada Kendaraan

2023-01-16

Membayar pajak untuk kendaraan