Logo Daihatsu
Menu

5 Cara Merawat Mobil yang Jarang Digunakan dalam Waktu yang Lama

Tips & Trick

2020-10-25

lampu mobil

Banyak orang dengan berbagai kesibukan membuat mereka jarang menggunakan mobil pribadinya. Biasanya alasan paling utama karena sedang diluar kota atau beraktivitas dengan mobil dinas kantor. Hal itu membuat mobil pribadinya hanya di taruh di garasi saja dan tidak dipanaskan mesin mobilnya. Namun perlu diketahui, meski mobil jarang digunakan, tetapi mobil juga perlu dirawat. Bahkan untuk kasus mobil yang tidak dipakai dalam waktu cukup lama, kamu harus melakukan perawatan khusus agar mobil tetap dalam kondisi baik. 

Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Berikut ini cara merawat mobil yang jarang dipakai agar mobil tidak sampai terlantar dan siap untuk digunakan kapan saja kamu perlukan.

1. Pastikan Mobil dalam Kondisi Bersih

Mulailah dengan mencuci bersih mobil agar bagian eksterior, seperti cat mobil tetap terlindungi dari kotoran yang membandel yang dapat menyebabkan korosi. Selanjutnya, bersihkan bagian dalam dari sampah dan debu yang berada dalam interior mobil kamu dengan vakum cleaner. Jangan tinggalkan mobil dalam keadaan kotor untuk kondisi waktu yang lama.

2. Perhatikan Oli Mesin

Pastikan oli mesin dalam mobil kamu saat meninggalkan mobil dalam kondisi cukup, sebab dengan oli mesin yang penuh maka kondisi mesin juga terawat. Jika perlu gantilah dengan oli yang baru agar kondisi mesin juga menjadi awet. Selain itu, setelah selesai pastikan oli tidak tercecer kemana-mana karena mesin juga harus bersih jika mobil akan ditinggalkan dalam waktu lama.

3. Bahan Bakar juga Harus Penuh

Sebelum meninggalkan mobil, pastikan tangki bahan bakar terisi penuh. Tujuannya agar sebisa mungkin tak bersisa ruang udara di dalam tangki yang dapat menimbulkan efek kondensasi (embun) saat kondisi dingin (malam hari). Embun yang akan mencair saat panas (siang hari) akan menurunkan kualitas bahan bakar dan jika terlalu parah bisa mengganggu kinerja mesin.

4. Pastikan Kelistrikan Aman dan Cabut Kutub Aki

Lepaslah kabel aki/kepala aki agar mengurangi risiko aki menjadi rusak atau kehilangan daya. Saat mencabut aki, dahului dengan melepas kabel negatif baru kemudian kabel positif. Saat memasang, dahulukan kabel positif baru kemudian kabel negatif.

5. Parkir Ditempat yang Datar

Usahakan kondisi mobil di parkir dalam kondisi yang datar. Jika kondisi parkiran masih kurang datar, kamu bisa menyiasati dengan ganjal ban dan jangan gunakan rem tangan. Penggunaan rem tangan yang terlalu lama bisa membuat kampas rem lengket dan per rem meregang cukup lama sehingga berkurang elastisitasnya. Selain itu, tutup mobil dengan selimut khusus untuk mencegah rusaknya cat, terutama jika mobil diparkir di luar ruangan. 

Baca juga : Mobil Jarang Dipakai, Jaga Kondisi Mesinnya dengan 4 Cara Ini


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tertarik Sejarah Kerajaan Sunda? Yuk Intip Cerita Singkat Ini

2021-03-31

Sebagaimana namanya, Kerajaan Sunda merupakan sebuah kerajaan yang didirikan di paparan sunda atau pasundan. Kerajaan ini bahkan sempat berada pada masa kejayaan dengan

thumbnail

Karena Mengeluh tak Ada Gunanya, Belajar Cintai Pekerjaan Anda dengan Lakukan 5 Hal ini

2020-11-24

Mendapatkan pekerjaan di perusahaan impian bukanlah hal mudah, tak heran banyak orang yang tak mau melewatkan kesempatan ketika tawaran datang, kendati mereka tidak meny

thumbnail

7 Contoh Karya Ilmiah Tentang Kesehatan yang Mudah Dibuat

2021-04-08

Membuat karya ilmiah tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena memerlukan banyak referensi dan penelitian sebagai data sehingga karya yang dihasilkan memiliki tingk

thumbnail

Kumpulan Ucapan Perpisahan Rekan Kerja Sesuai Situasinya

2021-01-13

Selain keluarga, rekan kerja adalah orang terdekat yang paling banyak menghabiskan waktu bersama. Meskipun sebelumnya tidak saling mengenal, rekan kerja selalu meninggal