Logo Daihatsu
Menu

5 Cara Membersihkan Dashboard Mobil yang Kusam Kembali Seperti Baru

Otomotif

2021-08-06

membersihkan dashboard kusam

Dashboard merupakan salah satu interior mobil, yang selalu terlihat jelas karena posisinya yang ada di bagian depan. Untuk menjaga kebersihannya, Anda harus tahu bagaimana cara membersihkan dashboard mobil yang kusam.

Karena kotor dan kusam merupakan masalah yang sering dijumpai pada dashboard mobil. Dashboard sendiri berfungsi sebagai tempat panel indikator pada suatu mobil. Beberapa petunjuk penting yang ada di dalam dashboard diantaranya speedometer, fuelmeter, check engine dan lain sebagainya.

Lakukan 5 Cara ini Untuk Membersihkan Dashboard Mobil yang Kusam!

Menjaga dashboard mobil supaya tetap bersih merupakan hal yang sangat penting. Karena jika sampai dashboard kotor dan kusam, maka keamanan serta kenyamanan Anda dalam mengemudi akan terganggu.

Untuk mencegah supaya dashboard mobil jadi kotor dan kusam, Anda harus melakukan perawatan dengan membersihkannya secara rutin. Berikut 5 cara membersihkan dashboard mobil yang kusam dengan mudah yang wajib Anda ketahui.

1. Bersihkan dengan tissue bayi

Cara pertama dan yang paling mudah untuk membersihkan dashboard mobil adalah dengan menggunakan tissue bayi. Tissue bayi / tissue basah merupakan benda yang sangat mudah ditemukan di supermarket dan memiliki harga yang murah.

Anda bisa membersihkan dashboard mobil secara rutin dan setiap hari dengan cara mengelap dashboard menggunakan tissue. Dengan cara ini, Anda bisa mencegah kotoran dan debu menempel pada dashboard mobil.

2. Gunakan sikat atau kuas berbulu halus

Berikutnya untuk pembersihan yang lebih maksimal dan menjangkau bagian dalam dashboard, gunakan sikat atau kuas berbulu halus. Dengan menggunakan benda ini Anda bisa menjangkau kotoran dan debu yang ada dibagian dalam dashboard.

Cara membersihkan dashboard dengan menggunakan sikat atau kuas berbulu halus sangatlah mudah. Anda hanya perlu sedikit membasahi kuas atau sikat tersebut, kemudian membersihkan bagian dashboard yang dirasa kotor.

3. Gunakan vacuum cleaner

Bagi Anda yang ingin membersihkan dashboard mobil dengan cara mudah, maka sangat disarankan untuk menggunakan vacuum cleaner. Penggunaan alat ini akan sangat membantu Anda dalam membersihkan dashboard dalam waktu singkat.

Namun penggunaan vacuum cleaner ini hanya bisa dilakukan jika keadaan dashboard tidak terlalu kotor. Karena mesin penyedot debu tidak akan bisa Anda gunakan untuk membersihkan noda membandel yang menempel pada dashboard.

4. Gunakan interior cleaner

Cairan ini dibuat khusus untuk membersihkan berbagai interior didalam mobil, salah satunya dashboard. Penggunaan interior cleaner sangat penting, terutama jika kotoran membandel menempel pada dashboard mobil.

Cara membersihkan dashboard mobil dengan interior cleaner sangat mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Pertama, semprotkan cairan interior cleaner pada dashboard mobil yang kotor, dan diamkan selama 15 menit.

Alasan kenapa cairan interior cleaner harus didamkan selama 15 menit adalah, supaya cairan bisa meresap dan mengangkat kotoran. Setelah debu dan kotoran tampak terangkat, Anda bisa langsung mengelap menggunakan kain.

5. Gunakan pasta gigi

Terakhir, Anda juga bisa menjadikan pasta gigi jika ingin membersihkan dashboard mobil secara rutin. Pasta gigi merupakan barang yang sangat mudah sekali ditemukan di rumah, dan seperti yang kita tahu harganya juga tidak mahal.

Jika dibandingkan harga pasta gigi sudah pasti jauh lebih murah dibandingkan dengan harga interior cleaner. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan bahan ini untuk membersihkan dashboard mobil.

Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi mengenai bagaimana cara membersihkan dashboard mobil yang kusam. Karena Anda bisa memilih salah satu dari bahan diatas untuk membersihkan dashboard mobil dengan ampuh.

Daihatsu merupakan salah satu jenis kendaraan yang memiliki dashboard berkualitas, dan tidak mudah kusam. Anda hanya perlu membersihkan dashboard Daihatsu secara rutin, dengan menggunakan tissue, vacuum cleaner maupun sikat.

Dengan melakukan pembersihan secara berkala dan teratur, maka dashboard Daihatsu tidak akan mudah kusam. Dan Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman bersama keluarga.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Efek Angin Palsu Di Sistem Pendingin Pada Mesin Mobil

2022-05-06

Saat ini semua mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan sistem pendingin. Adanya sistem pendingin ini sudah pasti bisa membuat penggunanya akan merasa nyaman saat

thumbnail

Fungsi Spoiler Pada Mobil di Tengah Trend Modifikasi

2022-10-10

Komponen tambahan pada kendaraan mobil yaitu Spoiler kian banyak dicari sebagai ajang pamer gaya. Komponen dengan tampilan bak sayap belakang tersebut dipasang nisca

thumbnail

Hindari Kerusakan, Berikut 4 Cara Menyetel Wiper Mobil yang Benar

2021-01-12

Wiper merupakan komponen mobil yang memerlukan perawatan dan penyetelan dengan benar. Kedua hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar komponen wiper dapat menjang

thumbnail

Mengenal Pentingnya Alternator Mobil

2020-12-08

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator mobil adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua kompone