Logo Daihatsu
Menu

5 Cara Merawat Lansia Dirumah Terbaik yang Patut Anda Coba

Travel

2021-08-08

merawat lansia

Bagi Anda yang pernah atau sedang menjaga orang tua berusia lanjut, tentu tahu bahwa hal tersebut tidaklah mudah. Untuk merawat lansia dirumah, Anda memerlukan kesabaran dan ketelatenan setiap harinya.

Cara menjaga serta merawat lansia tentu berbeda dengan cara merawat seorang anak balita. Karena jika anak balita sedang dalam masa aktif sekali bergerak, lansia justru sebaliknya yaitu dalam masa dimana tubuh mulai melemah.

Perhatikan 5 Hal Ini Jika Anda Sedang Merawat Lansia Dirumah

Kemampuan merawat lansia merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi Anda yang sudah memiliki orang tua dengan usia senja. Karena diperlukan kesabaran lebih, untuk merawat orang yang sudah berusia lanjut.

Salah satu kesulitan bisa Anda dapatkan, jika Anda merawat lansia yang masih merasa mampu mengerjakan berbagai hal. Padahal sebenarnya fisik mereka sudah tidak mampu untuk melakukan berbagai pekerjaan, terutama yang berat. 

Nah, kali ini kami akan berbagi pengalaman mengenai 5 cara merawat lansia dirumah yang patut anda coba.

1. Pastikan rumah tempat lansia tinggal aman

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan ketika merawat seseorang berusia lanjut dirumah adalah pastikan rumah aman. Dua kategori utama dari rumah yang aman bagi lansia adalah tidak berlantai licin dan tidak kekurangan pencahayaan.

Tahukah Anda, berdasarkan penelitian dari WHO kebanyakan orang berusia lanjut justru lebih sering mengalami cedera ketika dirumah? Hal ini dikarenakan seorang lansia akan lebih banyak melakukan kegiatan dirumah. Jadi Anda harus memastikan bahwa rumah Anda benar – benar aman untuk tempat tinggal orang berusia lanjut.

2. Perhatikan kebutuhan gizi

Kebutuhan gizi merupakan hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan bagi orang berusia lanjut. Sama dengan orang dewasa, lansia juga membutuhkan gizi dan nutrisi yang lengkap untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Menu makanan yang wajib ada bagi orang berusia lanjut adalah buah dan sayuran. Jangan sampai mereka mengalami kekurangan serat, karena hal ini bisa menjadi sangat buruk bagi kesehatan terutama di bagian pencernaan.

3. Ajak lansia untuk tetap aktif 

Mengajak lansia untuk aktif berkegiatan, bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh mereka terutama tulang. Seperti yang kita tahu, karena usia yang semakin bertambah fungsi tubuh pun ikut menurun.

Fungsi tubuh yang sudah tidak maksimal ini, bisa menyebabkan para lansia mulai malas untuk beraktivitas. Namun Anda tidak boleh menyerah begitu saja, ajak mereka untuk bergerak melakukan aktivitas yang menyenangkan, misalnya seperti senam bersama – sama.

4. Memastikan lansia selalu berada dalam pengawasan

Untuk menjaga supaya orang tua yang sudah berusia lanjut dalam keadaan aman, Anda harus memastikan bahwa mereka selalu dalam pengawasan Anda. Jangan sampai lengah dalam mengawasi orang tua Anda yang berusia lanjut.

5. Menjaga kesehatan diri sendiri

Dan yang terakhir, hal yang tidak kalah penting ketika menjaga lansia Anda juga harus menjaga kesehatan diri Anda sendiri. Karena jika Anda sampai jatuh sakit, maka Anda juga akan kesulitan dalam merawat seseorang yang berusia lanjut.

Sudah sangat jelas bukan, Anda bisa menerapkan 5 cara diatas untuk merawat lansia dirumah dengan mudah? Untuk bisa melakukan hal – hal diatas dengan baik, tentu membutuhkan waktu yang mungkin tidak sebentar. Namun dengan seiring berjalannya waktu, tentu Anda bisa memiliki kemampuan merawat lansia dengan baik.

Selain kelima hal diatas, ada satu hal lagi yang wajib Anda lakukan ketika merawat lansia dirumah. Ajak mereka pergi rekreasi atau jalan – jalan ditempat wisata terdekat. Karena seorang lansia juga membutuhkan refreshing, untuk menjaga pikiran tetap segar.

Ketika mengajak lansia pergi keluar rumah, pastikan Anda menggunakan kendaraan yang aman dan nyaman seperti Daihatsu. Perlu Anda ketahui, Daihatsu merupakan kendaraan sejak lama sudah dipercaya sangat nyaman digunakan bagi para lansia.


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tidak Selalu Indah, Inilah 5 Fakta tentang Kehidupan di Korea Selatan Ini Terpotret dalam Drama

2021-04-21

Musik, drama, film, hingga budaya tradisional Korea Selatan seakan menjadi milik dunia saking banyaknya orang yang terus-menerus mengelu-elukan kehidupan di Negeri Ginse

thumbnail

Tidak Hanya tentang Apel, Inilah 10 Oleh-oleh Khas Malang yang Wajib Kamu Coba

2020-12-25

Malang adalah kota yang selalu identik dengan apel hijau sebagai oleh-oleh. Namun, tidak hanya apel loh, Sahabat, yang bisa dijadikan oleh-oleh jika ke kota di Jawa Timu

thumbnail

Bikin Ketagihan! Ini 20 Makanan Khas Banyuwangi yang Lezat

2021-02-26

Banyuwangi menjadi salah satu kota yang ada di Jawa Timur dengan berbagai keindahan alamnya. Selain terkenal akan pariwisatanya, kota yang satu ini juga populer dengan k

thumbnail

Nikmati Rekreasi yang Mengasyikan dari 10 Tempat Liburan di Bali

2020-10-29

Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Bali? Bahkan namanya yang sudah tersohor di seluruh dunia, membuatnya kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.