Logo Daihatsu
Menu

5 Faktor Penyebab Mobil Injeksi Tidak Bisa Hidup dan Cara Memperbaikinya

Otomotif

2021-01-06

mobil injeksi tidak bisa hidup

Mesin mobil dengan tipe injeksi sudah banyak ditemukan di pasaran. Namun sayangnya masih banyak yang cukup awam dengan masalah mesin yang mungkin saja terjadi. 

Salah satunya adalah mobil injeksi tidak bisa hidup. Hal ini tentunya membuat kewalahan, apalagi mengingat sistem ini cenderung baru. Untuk itu, berikut ini berbagai faktor penyebab mobil injeksi tidak bisa hidup..

1. Fuel Pump Mati

Pada mobil keluaran terbaru, sistem untuk pompa bahan bakar yang digunakan adalah tipe injeksi. Yang mana berguna untuk menyuplai tekanan bahan bakar yang stabil. 

Jika tekanan tersebut turun, maka bensin tidak akan keluar dan menyebabkan mesin injeksi sulit untuk starter. Biasanya masalah ini bisa terdeteksi apabila tidak terdengar suara dengungan.

Suara dengungan tersebut menandakan bahwa pompa bahan bakar masih aktif. Namun sebaliknya berarti pompa injeksi tidak berfungsi. 

Jika hal ini terjadi, ada baiknya Anda cek secara langsung pompa tersebut dan ganti jika perlu. Namun, cara terbaik adalah untuk mendatangi servis terdekat.  

2. Terjadi Kerusakan Pada Busi

Mobil injeksi tidak bisa hidup juga bisa disebabkan karena komponen busi mengalami kerusakan. Jika umumnya masalah ini terjadi pada mobil berkarburator, namun ternyata mesin injeksi juga kerap memiliki kerusakan yang sama. 

Lebih detailnya, busi yang rusak tidak akan mampu mengubah tegangan listrik koil menjadi percikan api. 

Masalah klasik ini sebenarnya sudah sangat umum karena busi pada mesin sendiri butuh perawatan rutin. Pada dasarnya mesin 4 silinder memiliki jumlah busi yang sama. 

Jika hanya satu saja yang rusak, maka mesin masih bisa menyala. Namun jika keadaan ini terus dibiarkan, maka kerusakan akan merambat dan merusak busi lainnya. 

Baca juga:  Tips Mudah Memperbaiki Aki Basah yang Rusak

3. ISC Atau Idle Speed Control Tidak Berfungsi

Jika Anda pernah mendeteksi RPM idle yang tidak stabil, starter mesin yang tersendat, dan throttle bermasalah, maka cek ISC atau idle speed control

Mobil injeksi tidak bisa hidup umumnya terjadi karena ISC tidak menyediakan udara untuk pembakaran fuel. Segera cek dengan cek jarumnya. Bersihkan jika ISC kotor, namun segera ganti jika ISC sudah rusak. 

4. Tegangan Lemah Pada Aki

Aki punya tugas yang tidak kalah penting dalam mengangkat RPM mobil. RPM cranking seharusnya sekitar 800–1000 RPM. Jika kurang dari itu, maka proses pembakaran bahan bakar akan terhambat. 

Saat hal tersebut terjadi, segera cek tegangan aki yang sedang Anda gunakan. Lakukan recharge untuk meningkatkan tegangan aki atau menggantinya jika elektrolit baterai sudah lama.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu 5 Penyebab RPM Mobil Karburator Naik Turun

5. Terjadi Kebocoran Pada Selang BBM 

Sudah jelas sekali jika proses starter akan membutuhkan asupan bensin. Karena itu, Anda bisa cek selang bahan bakar saat mobil injeksi tidak bisa hidup. Selang plastik ringan namun tebal ini seharusnya memiliki struktur yang tahan bocor.

Namun sayangnya tidak elastis. Jika terpelintir maka akan rawan bolong. Solusi yang terbaik adalah dengan menggantinya. Sistem injeksi pada mesin mobil keluaran baru memang dianggap sangat efektif. Namun saat masalah starter tidak berfungsi, maka Anda harus sigap mencari penyebabnya. 

Anda cek bahan bakar, cek busi mesin, hitung tegangan pada aki, dan juga pastikan ISC bekerja sempurna. Dengan demikian Anda bisa segera perbaiki atau membawanya ke servis.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Komponen Mobil yang Wajib Diganti Saat Mendekati Usia 10 Tahun

2021-11-30

Ada begitu banyak komponen dalam mobil. Untuk menunjang performa laju kendaraan, komponen mobil wajib ganti secara berkala. Pengukuran biasanya dilakukan berdasarkan hit

thumbnail

Beberapa Penyebab Air Radiator Keruh

2022-03-05

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada radiator mobil adalah adanya air radiator keruh. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal yang terkadang tak terdug

thumbnail

Alasan Kurang Disarankan Mengeringkan Body Mobil dengan Chamois

2022-05-27

Bahannya yang terbuat dari karet tersebut, membuat banyak dari Anda yang berspekulasi bahwa keringkan body mobil pakai chamois dapat membersihkan dengan

thumbnail

Cara Pasang & Ganti Wiper Mobil, Tanpa Alat Apapun!

2022-07-29

Wiper menjadi salah satu komponen mobil yang paling diandalkan ketika musim hujan tiba. Bila komponen ini rusak, Anda harus melakukan pergantian. Lantas, bagaimana cara pasang wiper mobil yang tepa