Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
5 Hal yang Jadi Resiko Mobil Jarang Dipakai
15 Desember 2020
Resiko Mobil Jarang Dipakai

Orang yang memiliki mobil belum tentu menggunakan mobil setiap hari, bisa jadi ada lebih dari satu mobil yang dimiliki. Hal ini menyebabkan mobil lain yang sahabat miliki menjadi lebih jarang dipakai. Lalu, apakah hal ini akan menyebabkan mobil lebih awet atau malah lebih mudah rusak?

Resiko mobil jarang dipakai merupakan hal-hal yang bisa muncul saat mesin mobil sudah tidak pernah digunakan untuk periode waktu yang cukup lama. Hal ini biasanya berdampak langsung pada komponen mobil sehingga perlu diperbaiki atau bahkan diganti. Oleh karena itu, lakukan perawatan mobil meski tidak dipakai agar tidak terjadi masalah berikut ini.

1. Kerusakan Aki

Hal yang paling umum terjadi saat mobil jarang dipakai adalah masalah pada aki. Saat baru dinyalakan, akan terjadi penurunan daya listrik karena aki mobil mulai kehilangan daya untuk menyimpan listrik. Oleh karena itu, sahabat bisa mengatasinya dengan menghidupkan mesin selama 5 – 10 menit dalam kondisi idle dan tidak perlu menginjak gas.

2. Berkurangnya Tekanan Angin Ban

Saat mobil terparkir terlalu lama, bagian permukaan ban menyentuh permukaan datar secara langsung. Hal ini bisa menyebabkan bentuk permukaan ban berubah karena berat mobil hanya ditopang oleh satu titik tertentu saja. Meskipun diparkir di dalam garasi dengan permukaan ubin lantai maupun paving block, tetap ada potensi angin ban berkurang.

Mungkin sahabat memang punya mobil kesayangan yang dijadikan sebagai koleksi. Namun, mobil bukan hanya sekedar pajangan yang bisa tetap awet jika tidak dipakai. Karena itulah, sahabat sebaiknya tetap mengendarai mobil di lingkungan sekitar rumah. Jika tidak, setidaknya gerakkan mobil maju-mundur untuk beberapa saat untuk menjaga angin merata.

3. Pengendapan Bahan Bakar

Jika tidak dipakai, bukankah bahan bakar akan tetap awet? Ya, volume bahan bakar memang tidak akan berkurang, sih. Namun, udara lembap biasanya berpotensi menimbulkan bahan bakar tercampur dengan air embun. Jika hal ini terjadi, kualitas bahan bakar akan berkurang dan berpotensi menyebabkan karat pada tangki bahan bakar.

Bukan hanya itu, saluran bahan bakar mobil yang menggunakan biodiesel bahkan bisa tersumbat akibat adanya endapan. Hal ini terjadi jika mesin mobil tidak dihidupkan untuk waktu yang lama. Jadi, selain berfungsi untuk tetap menjaga daya listrik pada aki, menghidupkan mesin mobil juga bisa menjaga fungsi tangki bahan bakar.

4. Saluran AC Berdebu

Sirkulasi udara di dalam mobil juga perlu dijaga agar tetap bersih dan sehat. Jika terlalu lama tidak dipakai, debu kotor dan bakteri bisa bersarang di dalam saluran pendingin. Selain itu, freon juga bisa mengendap sehingga AC lebih cepat rusak. Jadi, sambil menyalakan mesin mobil, nyalakan juga AC sekitar 5 – 10 menit agar fungsinya tetap optimal.

5. Piringan Cakram Berkarat

Piringan cakram memiliki fungsi krusial pada sebuah mobil. Jika tidak digunakan untuk waktu yang lama, komponen ini akan berkarat sehingga performa rem akan berkurang. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya bunyi saat rem mobil digunakan kembali.

Proses perkaratan ini bisa terjadi secara alamiah karena unsur besi pada piringan cakram teroksidasi. Saat mobil dikemudikan dan fungsi rem digunakan, gesekan kampas rem akan mengurangi potensi terjadinya karat pada piringan cakram.

Kesimpulannya, resiko mobil jarang dipakai dapat menyebabkan serangkaian masalah dan kerusakan. Karena itulah, jangan hanya merawat mobil bagian interior dan eksteriornya, tapi juga perhatikan fungsi mesin agar tetap berfungsi baik meski jarang dipakai.

Penulis: Rizkita Darajat

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku