5 Keuntungan Mempelajari Komunikasi Lintas Budaya dalam Bisnis
Dalam bisnis, komunikasi sangat diperlukan untuk mencapai kesepakatan. Setiap perusahaan memiliki individu yang berbeda budayanya, baik dari status, nilai sosial, gaya komunikasi dan peran.
Maka dari itu, seorang pebisnis maupun karyawan disebuah perusahaan wajib mempelajari komunikasi lintas budaya. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak ulasan detailnya berikut ini.
1. Meningkatkan Kerjasama yang Ada Dalam Tim Perusahaan
Setiap perusahaan tentunya akan mempunyai karyawan yang berbeda latar belakang budayanya. Agar dapat mencapai kesuksesan bersama dalam sebuah perusahaan, maka diperlukan pengetahuan antara budaya satu dan lainnya.
Dengan begitu adanya kesalahpahaman saat bertugas bisa diminimalisasi karena saling mengerti satu sama lain.
Tidak hanya itu saka dengan pemahaman komunikasi antar budaya, menjadi salah satu solusi untuk memahami masing masing karakter budaya tertentu.
Langkah ini tak lain untuk menciptakan kerjasama yang baik dalam tim dan lingkungan perusahaan. Jika sudah memiliki kerjasama yang bagus, maka kesuksesan bisa dicapai dengan lebih mudah.
2. Berguna Sebagai Proses Negosiasi
Dalam dunia bisnis tidak hanya dilakukan di dalam negeri saja, tetapi bisnis bisa mencapai seluruh penjuru dunia.
Dengan komunikasi lintas budaya, bisnis bisa melebarkan sayapnya hingga ke mancanegara. Sedangkan dalam aspek domestik, komunikasi ini bisa digunakan sebagai proses negosiasi dengan perusahaan lainnya yang ingin bekerja sama.
Melalui proses negosiasi yang baik, maka keharmonisan antara satu perusahaan dan lainnya dapat terjaga. Perbedaan budaya yang ada dalam sebuah perusahaan harus dipahami dengan baik melalui komunikasi.
Biasanya komunikasi ini bisa diketahui dari peran, nilai sosial, norma, gaya berbicara, hingga status individu. Sebab, setiap perusahaan memiliki budaya yang dianut dengan ciri khasnya sendiri.
3. Menyatukan Perbedaan Budaya yang Ada di Setiap Perusahaan
Komunikasi antar budaya mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis untuk menyatukan perbedaan di setiap perusahaan.
Komunikasi tersebut dapat berguna sebagai kemampuan seseorang dalam perusahaan untuk mengatasi dan menghadapi budaya yang berbeda. Hal ini yang menjadikan komunikasi lintas budaya sangat penting.
Tidak hanya itu saja, latar belakang budaya karyawan yang berbeda juga mempengaruhi kenapa harus mempelajari komunikasi antarbudaya. Hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan kerjasama dalam diri seseorang maupun perusahaan.
Jika komunikasi yang dilakukan menjadi efektif, maka peluang keberhasilan bersama bisa dicapai dengan mudah.
Baca juga: 8 Keahlian yang Wajib Dimiliki Jika Ingin Sukses Berbisnis
4. Membantu Dalam Proses Pengambilan Keputusan
Seseorang yang memiliki wewenang untuk memimpin tentunya akan dihadapkan dengan berbagai keputusan dalam perusahaan. Karena alasan tersebut, seorang pemimpin harus mengetahui kebudayaan yang ada di dalam perusahaannya.
Komunikasi ini tidak hanya memahami tentang budaya seperti ras dan agama saja tetapi juga pada nilai sosial untuk memudahkan pengambilan keputusan.
5. Mencegah Pandangan Individu Mengenai Etnosentrisme
Pentingnya komunikasi lintas budaya berkaitan dengan etnosentrisme atau suatu pandangan dari individu ke individu lainnya.
Perspektif ini merupakan salah satu sikap yang beranggapan bahwa budayanya lebih baik dibandingkan lainnya. Orang yang memiliki anggapan ini biasanya tidak memiliki rasa saling menghargai atau toleransi antar sesama.
Baca juga : 10 Orang Terkaya di Indonesia yang Sangat Menginspirasi