Logo Daihatsu
Menu

5 Kiat Cerdas untuk Hindari Montir Nakal

Otomotif

2021-05-06

montir

Memiliki mobil pribadi sebagai kendaraan yang setiap hari menemani ke mana pun merupakan sebuah komitmen yang begitu penting. Hal ini dikarenakan memiliki mobil tidak hanya berhenti pada pembiayaan saat membeli mobil, tetapi juga biaya merawatnya karena harus sering bertemu dengan montir.

Nah, jika sudah paham mengenai berapa biaya yang harus disediakan untuk perawatan, satu hal lagi yang harus diperhatikan, yaitu pengetahuan akan kondisi kendaraan. Bukan bagaimana sih, Sahabat, tetapi hal ini harus dilakukan untuk menghindari montir nakal yang sering melebih-lebihkan kondisi demi menarik keuntungan lebih.

Jadi, Sahabat memang wajib sekali nih untuk tahu beberapa hal soal otomotif. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung simak penjelasan berikut!

Datang ke Bengkel Resmi

Hal pertama yang harus Sahabat lakukan supaya tidak terkecoh dengan saran montir nakal yang bisa saja mengurang isi kantong lebih dalam adalah datang ke bengkel resmi ketika melakukan servis kendaraan.

Dengan datang ke bengkel resmi, paling tidak Sahabat memiliki dua hal yang meyakinkan: suku cadang yang terjamin keasliannya dan montir yang andal. Dua hal tersebut sudah pasti membuat Sahabat sedikit mengurangi rasa was-was dan bisa yakin bahwa kendaraan bisa saja diservis dengan baik.

Mengenali Suku Cadang dan Fungsinya

Telah datang ke bengkel resmi untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi pada mobil kesayangan tidak lantas Sahabat sudah bisa bersantai loh. Jika lengah, bisa-bisa montir di bengkel tersebut akan mengganti suku cadang yang sebenarnya belum waktunya diganti sehingga tagihan bisa membengkak.

Nah, di sini tugas Sahabat bertambah, yaitu harus paham suku cadang dan fungsinya. Hal ini supaya Sahabat tahu suku cadang apa yang harus diganti ketika gejala yang dialami mobil, misalnya, susah dinyalakan. Jika memungkinkan, Sahabat juga harus paham berapa pasaran harga suku cadang tersebut.

Tahu Penyakit Kendaraan dengan Pasti

Hal yang tidak kalah penting untuk Sahabat ketahui supaya tidak dijaili oleh montir adalah Sahabat harus tahu penyakit yang diderita kendaraan saat itu. Misal, mobil kerap kali terasa oleng hingga bergetar tidak nyaman bahkan di jalanan yang lurus dan mulus, berarti Sahabat harus paham bahwa bisa saja tie rod-nya terganggu.

Masalah-masalah seperti itu harus menjadi pengetahuan dasar ketika Sahabat memutuskan untuk melakukan servis di bengkel. Jika Sahabat menyerahkan semuanya kepada montir, bisa-bisa tagihannya seharga setengah dari harga jual mobil deh.

Tahu Suku Cadang yang Diganti

Nah, ketika Sahabat sudah tahu masalah yang diderita kendaraan dan memberitahukan kepada montir, biasanya montir akan mengecek ulang kondisi kendaraan. Jika memang terdapat masalah lain yang lebih serius dan harus mengganti beberapa suku cadang, pastikan Sahabat tahu ya suku cadang mana yang harus diganti dan alasannya.

Montir memang paham bagaimana memperlakukan kendaraan yang sedang bermasalah karena itu adalah bidang mereka, tetapi minimal Sahabat paham kenapa suku cadang tersebut harus diganti atau diperbaiki.

Referensi Montir Lain

Bergabung ke dalam komunitas otomotif atau pecinta mobil akan membantu Sahabat untuk memiliki pengetahuan luas mengenai referensi montir yang andal. Biasanya, beberapa orang bahkan memiliki montir langganan yang mereka percaya sehingga bisa Sahabat coba.

Pelanggan suatu montir yang andal dan selalu melakukan servis ulang di dia tentu saja bisa dipercaya. Nah, ini bisa Sahabat gunakan untuk referensi montir untuk melakukan servis bulanan.

Itulah 5 kiat cerdas yang bisa Sahabat terapkan ketika akan melakukan servis kendaraan sehingga bisa terhindar dari montir nakal. Pokoknya, memutuskan untuk memiliki kendaraan pribadi berarti sudah setuju untuk menambah pengetahuan tentang dunia otomotif ya, Sahabat.

Penulis: Nisa Maulan Shofa 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Seperti Inilah Cara Mengganti Bushing Arm Mobil, Khususnya Komponen Karet

2021-01-04

Cara mengganti bushing arm mobil adalah cara yang bisa dipakai saat bushing arm pada mobil sudah rusak, khususnya di bagian karet. Walaupun hanya sebuah karet, komponen

thumbnail

16 Arti Kode Sekring Mobil & Cara Membaca Dengan Mudah

2022-08-16

Biasanya kerusakan pada sistem kelistrikan mobil terjadi disebabkan putusnya sekring mobil. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui arti kode sekring mobil dan cara membacanya sebelu

thumbnail

Cara Parkir Mobil Matic yang Benar

2021-02-08

Mengendarai mobil matic kelihatannya mudah dan sangat sederhana. Sahabat tak perlu memikirkan soal pedal kopling agar mobil bisa berjalan, mundur, berhenti sampai parkir

thumbnail

5 Cara Mengemudi Mobil Manual Di Tanjakan

2020-11-14

Melenggang di jalan perkotaan yang cenderung mulus dan rata mungkin adalah pekerjaan sederhana bagi sebagian orang, namun bagaimana jika Anda harus menempuh rintangan be