Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
5 Penyebab Alternator Tidak Mengisi yang Perlu Pengendara Ketahui!
14 Januari 2021
penyebab alternator tidak mengisi

Tidak sedikit pemilik kendaraan roda empat, mengabaikan perawatan berbagai komponennya. Padahal hal ini bisa menyebabkan kerusakan, terutama pada bagian alternator. Untuk itu, berikut beberapa penyebab alternator tidak mengisi.

1. Belt Alternator Melintir 

Hal pertama yang menAndakan dinamo starter atau alternator mengalami kerusakan adalah terdengar suara decitan. Biasanya suara decitan tersebut berasal dari ruang mesin di dalam kap mobil. 

Bila suara decitan semakin terdengar jelas, maka terdapat kemungkinan bisa posisi pulley tidak sejajar. Tak hanya itu saja, kondisi ini juga disebabkan belt alternator melintir.

Keadaan belt alternator seperti inilah yang menimbulkan suara decitan. Namun terkadang hal ini terjadi karena diode rectifier yang memang telah rusak ataupun putus. 

Bila hal ini terjadi pada kendaraan, periksa keadaan alternator dalam engine. Jika Anda masih awam, maka langkah paling tepat ialah membawanya ke bengkel terdekat.

2. Sambungan Kabel Alternator dan Aki Bermasalah

Penyebab alternator mobil tidak mengisi selanjutnya yakni adanya masalah pada sambungan kabel dinamo starter dan aki. Hal ini terjadi bila kendaraan kesayangan memang telah berumur. 

Perlu Anda ketahui, jika sambungan memiliki peranan yang sangat penting guna menyalurkan tenaga listrik dari alternator menuju aki ataupun sebaliknya.

Bila terjadi masalah diakibatkan sambungan kurang kencang ataupun adanya karat yang mengganggu, cobalah Anda menanganinya segera mungkin dengan membawanya ke tempat servis resmi. 

Sebab jika tidak segera ditangani, hal yang terjadi ialah kendaraan kesayangan tidak akan bisa distarter atau dinyalakan. Tentunya hal ini tidak ingin terjadi, bukan?

3. Dioda Rectifier Terputus

Tatkala alternator melakukan kinerjanya, terdapat beberapa komponen pendukung guna melancarkan arus listrik yang dihasilkan. Misalkan saja dioda rectifier yang bertugas untuk memutus ataupun menghubungkan tegangan IC regulator. 

Bila dioda rectifier terputus, maka arus listrik tidak bisa dialirkan. Bahkan hal ini akan menjadi penyebab alternator tidak mengisi.

Baca juga: 4 Penyebab Mesin Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

4. Belt Alternator Kendor

Sebelum munculnya suara decitan, biasanya hal yang terjadi dan menyebabkan alternator tidak bisa mengisi ialah karena belt kendor atau tidak kencang. 

Hal ini terjadi akibat seringnya pemakaian dan tidak dilakukan perawatan secara rutin. Bahkan terkadang masalah ini kerap terjadi untuk kendaraan roda empat yang telah berumur.

Belt alternator kendor hingga lepas, akan menyebabkan alternator tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Bila dibiarkan, maka mesin akan mengeluarkan suara decitan yang sangat mengganggu. 

Cara yang paling ampuh ialah dengan melakukan pemeriksaan serta perawatan secara berkala pada setiap komponennya.

5. Output Energi Terlalu Tinggi

Sebagaimana yang diketahui, jika alternator merupakan komponen untuk mengalirkan arus listrik ke semua engine. 

Bila saja arus listrik yang diterima lalu diteruskan dalam jumlah yang banyak, maka hal ini akan menjadi penyebab alternator tidak mengisi. Terkadang hal ini terjadi karena adanya output yang terlalu besar dan tidak sesuai standar.

Kendaraan selalu dalam kondisi yang prima, menjadi hal yang selalu diidam idamkan oleh setiap pemiliknya. Namun seiring berjalannya waktu, beberapa komponen akan alami kerusakan. Hal ini tentunya tidak bisa dihindari begitu saja. 

Maka dari itu, Anda harus selalu memperhatikan keadaan mobil tercinta dengan melakukan perawatan yang tepat.

Baca juga: Perhatikan Cara Merawat Mobil Berikut Ini

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor