Logo Daihatsu
Menu

Mengenal Pentingnya Alternator Mobil

Otomotif

2020-12-08

alternator mobil

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator mobil adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil. Tidak hanya itu, alternator juga berfungsi mengisi aki mobil agar tetap berada pada tegangan yang stabil sehingga aki tidak drop. Alternator mobil memanfaatkan prinsip kerja elektromagnetik. Dengan memanfaatkan prinsip tersebut, alternator berperan penting agar komponen-komponen kelistrikan di dalam mobil tetap berfungsi dan memiliki daya listrik yang cukup.

Mobil yang tidak dilengkapi alternator akan memiliki performa yang rendah. Saat aki mobil habis, mobil akan mengalami mogok mesin karena tidak memiliki pembangkit energi listrik. Udah kebayang, kan, Sahabat, pentingnya alternator mobil? Nah, pada dasarnya cara kerja alternator adalah mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Caranya dengan mengubah putaran mesin menjadi energi listrik dengan memanfaatkan prinsip kerja elektromagnetik tadi.

Alternator terhubung ke mesin mobil dengan menggunakan belt atau tali kipas. Saat mesin mobil berputar, belt tersebut juga akan memutar roda pulley pada alternator. Putaran tersebut dimanfaatkan alternator untuk menghasilkan energi listrik. Satu putaran mesin mobil akan menghasilkan dua kali putaran roda pulley pada alternator.

Cara kerja alternator mobil adalah menghasilkan arus listrik dari koil stator. Kemudian, arus listrik tersebut diatur oleh IC regulator agar tegangan listrik yang dihasilkan tidak lebih dan bisa digunakan untuk mengisi listrik pada aki mobil. Alternator juga mengandung komponen-komponen penting yang mendukung prinsip kerjanya sebagai penghasil energi listrik, yaitu rotor, stator, rectifier, dan regulator.Lalu, apa aja sih fungsinya empat komponen penting pada alternator itu?

Rotor

Rotor adalah bagian yang berputar di dalam stator. Rotor berfungsi untuk menghasilkan medan magnet. Di dalamnya, terdapat kumpulan rotor atau koil rotor yang berfungsi untuk membangkitkan medan magnet. Saat arus listrik dialirkan melalui koil, sebagian kutub-kutub magnet pada core akan terpolarisasi menjadi kutub N dan sebagian lagi menjadi kutub S. Kutub-kutub pada rotor tersebut dibentuk seperti kerang dan melengkung. Bentuk tersebut memungkinkan rotor berputar di dalam stator. Biasanya, di kedua sisi rotor dipasang sebuah kipas pendingin.

Stator

Stator merupakan kumpulan tembaga yang disusun sehingga rotor bisa berputar di dalamnya. Stator berfungsi menghasilkan arus listrik bolak-balik. Pada umumnya, stator memiliki tiga independen koil yang menginduksi electro motive force (emf).

Rectifier

Apabila terdapat arus bolak-balik yang tidak cocok digunakan pada sistem kelistrikan mobil, arus tersebut harus diubah menjadi searah. Arus bolak-balik yang diinduksi dalam koil stator diubah oleh rectifier. Diode pada rectifier adalah komponen semi konduktor yang mengalirkan arus ke satu arah dan menahan arus yang mengalir dari arah yang berlawanan. Rectifier juga berfungsi menahan arus dari baterai ke alternator jika tegangan yang dihasilkan alternator lebih rendah daripada tegangan baterai.

Regulator

Untuk mendapatkan arus dan tegangan yang rata dan stabil, diperlukan regulator. Hal tersebut disebabkan karena tegangan arus listrik yang dihasilkan oleh stator bersifat tidak stabil. Sederhananya, regulator berfungsi mengatur arus listrik yang masuk ke dalam rotor. Jika arus listrik di dalam stator kurang, maka regulator akan menambah listrik ke rotor, namun jika berlebihan, regulator akan mengurangi jumlah listrik yang masuk ke rotor. Nah, dengan demikian, tegangan dan arus listrik yang dihasilkan oleh alternator akan selalu stabil dan konstan.

Setelah mengetahui bagian alternator mobil, Sahabat pasti jadi lebih mengerti untuk merawat kondisi kelistrikan pada mobil. Dalam merawat alternator mobil, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, pertama hindari modifikasi lampu dengan variasi yang membutuhkan pasokan daya yang terlalu besar. Kedua, Sahabat juga harus menghindari memasang sistem audio yang di luar standar. Apabola Sahabat menggunakan standar yang lebih untuk sistem audio dan lampu, berarti Sahabat harus meng-upgrade partisi kelistrikan di mobil Sahabat. Mudah, kan, Sahabat?

Baca juga : 8 Ciri Alternator Mobil Bermasalah 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Umur Engine Mounting dan Waktu untuk Menggantinya

2021-02-09

Setiap komponen kendaraan pasti punya usia atau masa pakainya, tak terkecuali engine mounting. Meskipun termasuk komponen yang slow moving dan punya umur p

thumbnail

Mengenal Bagian Dalam Mobil dan Fungsinya Agar Mengemudi Lebih Menyenangkan

2021-01-08

Memiliki kendaraan roda empat merupakan salah satu keuntungan, bila ingin melakukan perjalanan jauh. Sebelum memiliki mobil hendaknya, mengetahui lebih dulu komponen di

thumbnail

Persiapan Mudik Membawa Bayi agar Selama Perjalanan Lebih Nyaman

2020-12-15

Persiapan mudik membawa bayi merupakan satu hal yang perlu diperhitungkan matang agar si kecil betah selama perjalanan. Tak cuma faktor kenyamanan saja yang perlu diperh

thumbnail

Cara Pasang Relay Lampu Foglamp Tambahan Mobil

2022-07-29

Foglamp atau lampu kabut mobil menjadi salah satu fitur keselamatan yang berguna untuk membantu menerangi pandangan pengemudi ketika terjadi gangguan cuaca seperti hujan deras, asap tebal sampai da