Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
5 Persiapan Perjalanan Bisnis yang Efisien dan Profesional
07 Januari 2021
perjalanan bisnis

Melakukan perjalanan bisnis adalah hal berbeda dengan perjalanan liburan pribadi. Selain harus dituntut harus berlaku secara profesional, perjalanan bisnis juga berkaitan dengan rekan kerja hingga klien yang akan diajak kerja sama.

Supaya sukses, Sahabat tentu saja harus melakukan persiapan perjalanan bisnis secara matang. Terlebih, perjalanan bisnis seringkali menjadi perjalanan dengan biaya yang tidak sedikit sehingga harus dipastikan semuanya berjalan dengan baik.

Berikut adalah 5 persiapan perjalanan bisnis yang bisa Sahabat pelajari. Tidak melulu mengenai sesuatu yang mahal, tetapi juga kenyamanan supaya meningkatkan kinerja selama perjalanan sehingga budget yang dikeluarkan menjadi efisien.

Booking Hotel dengan Fasilitas Nyaman

Harus bepergian ke luar kota dengan waktu tempuh yang cukup lama, memang menguras tenaga. Atas nama kesuksesan perjalanan bisnis, kerap kali berpikir bahwa menghabiskan budget mahal untuk hotel tidak masalah yang penting bisa beristirahat dengan nyaman.

Akan tetapi, memiliki hotel nyaman sebenarnya tidak selamanya dilihat dari harganya loh, Sahabat. Tidak melulu hotel berbintang 5 yang memiliki fasilitas lengkap, sekarang hotel berbintang 3 bahkan sudah banyak yang memberi fasilitas kamar, restoran, hingga ruang pertemuan yang profesional.

Cari tahu melalui aplikasi perjalanan yang menyediakan booking hotel. Lihat dari review yang diberikan oleh pengunjung lain, apakah hotel tersebut cukup mumpuni untuk diinapi. Dengan melihat penilaian itu, Sahabat bisa tahu hotel mana yang bagus dan kurang bagus.

Riset Kota Tujuan dan Estimasi Perjalanan

Jika Sahabat harus bertemu dengan klien hari Senin pada siang hari, minimal Sahabat sudah berada di kota tujuan pada Minggu siang atau sore. Hal tersebut dikarenakan Sahabat juga membutuhkan waktu untuk beristirahat supaya ketika bertemu klien tetap bugar.

Lakukan riset mengenai kota tujuan. Bagaimana kondisi lalu lintas di kota tersebut sehingga Sahabat bisa mengestimasikan berapa lama perjalanan dari tempat menginap menuju tempat pertemuan dengan klien.

Jangan sampai perjalanan bisnis Sahabat kacau karena kurang paham kondisi lalu lintas di sana sehingga terlambat sampai tempat pertemuan. Tetaplah bersikap profesional.

Persiapkan Dokumen Penting dengan Baik

Persiapan perjalanan bisnis paling penting adalah menyiapkan dokumen yang diperlukan dengan baik. Sebab, apa yang akan dilakukan ketika bertemu klien ketika dokumen yang diperlukan ternyata tidak terbawa, bukan?

Susun dengan teliti dokumen dari dokumen yang paling penting. Simpan dokumen di bagian koper atau tas kerja dengan baik dan aman. Perhatikan dengan baik selama perjalanan, jangan sampai teledor sehingga dokumen tertinggal di pesawat atau kereta api.

Kemas Barang yang Memang Penting

Berapa lama perjalanan bisnis yang diperlukan? Jangan berlebihan dalam membawa barang bawaan. Yang diutamakan adalah keperluan dari perjalanan bisnis itu sendiri.

Bawa baju yang rapi, seperti kemeja dan jas/blazer supaya tetap terlihat profesional di hadapan klien, apalagi klien yang baru pertama kali ditemui secara langsung. Buatlah kesan pertama sebagai seorang rekan bisnis yang bisa diandalkan dan cekatan.

Alat Komunikasi yang Baik

Persiapan perjalanan bisnis yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan alat komunikasi dengan baik dengan teliti. Cari tahu koneksi internet apakah lancar atau tidak. Sebab, perjalanan bisnis biasanya juga harus tetap terkoneksi dengan rekan kerja yang ada di kantor.

Jangan sampai kesulitan dalam berkomunikasi dengan klien dan rekan kerja. Gunakan laptop jika memang memerlukan sambungan video call dengan rekan kerja di kantor, tetapi pertemuan Sahabat dengan klien berada di ruang umum, seperti restoran hotel.

 Baca juga : 8 Keahlian yang Wajib Dimiliki Jika Ingin Sukses Berbisnis

Itulah 5 persiapan perjalanan bisnis yang bisa Sahabat pelajari. Jika ini adalah perjalanan bisnis pertama Sahabat, jangan merasa grogi secara berlebihan. Pelajari mengenai klien yang akan ditemui. Selamat melakukan perjalanan bisnis!

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku