Logo Daihatsu
Menu

5 Rekomendasi AC Mini Portable, Ada yang Cocok buat di Mobil Nih!

Otomotif

2021-01-04

ac mini

AC mini portable merupakan alat pendingin ruangan yang bentuknya praktis, ringkas dan mudah dibawa ke mana saja. AC jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil daripada AC portable atau AC duduk yang biasa digunakan untuk acara indoor atau outdoor. 

Pada dasarnya, penggunaan AC mini portable hanyalah sebagai penunjang saat pendingin ruangan seperti AC, kipas hingga AC mobil tidak berfungsi dengan baik. Dengan menggunakan alat ini, udara jadi terasa sejuk seketika. Beraktivitas seperti berkendara pun jadi lebih nyaman. 

Kebanyakan AC mini portable bekerja menggunakan teknologi penguapan (Evaporative cooling technology) sehingga membutuhkan air sebagai penyejuk udara. Cara kerja alat ini sebenarnya mirip dengan AC konvensional yang mengandalkan pendinginan menggunakan freon.

Lantaran metode pendinginan udara mengandalkan penguapan, maka berbagai produk AC mini portable membutuhkan suplai air sebagai penyejuk udara. Beberapa produk juga berinovasi dengan menyimpan suplai air itu pada sponge atau busa. 

Kebanyakan AC mini portable dilengkapi mini kabel USB untuk memudahkan mobilitasnya. Bisa diletakkan di atas meja, dipegang atau handheld atau diletakkan di dashboard mobil jika dibutuhkan. 

Dari banyaknya varian AC mini portable mini di pasaran, berikut beberapa pilihan AC mini portable yang mungkin bisa jadi pilihan Sahabat. 

1. Wins AC Mini Portable Double Windows

AC mini portable ini memiliki dua jendela, kipas atau pendingin dengan desain unik. Dua jendela itu bisa diarahkan ke kiri dan ke kanan sesuai keinginan. 

Keunggulan lainnya adalah memiliki mesin yang lebih kuat dari generasi pertama, sehingga angin sejuk yang dihembuskan lebih terasa. Alat satu ini juga dilengkapi laci penyimpanan untuk menyuplai air dingin atau es batu agar udara terasa lebih dingin. 

Penggunaannya pun sangat mudah, hanya perlu dicolok ke sambungan USB yang ada di laptop, komputer atau head audio mobil. Harganya juga terbilang murah, cuma Rp70 ribuan di marketplace. 

2. Arctic Air Ultra 2X Cooling Power

AC mini portable ini memiliki ukuran yang cukup kecil yaitu 14cm x 16cm x 16cm. Alat ini bisa diletakkan di mana saja. Penggunaannya pun sudah plug in USB. 

Keunggulannya adalah memiliki kecepatan angin yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Kapasitas tangki hingga 450 ml dan mampu bertahan hingga 10 jam penggunaan. 

3. Handheld mini AC 

AC mini portable satu ini bekerja dengan air intake grille yang diserap pada busa bagian belakang kemudian dihembuskan melalui filter udara dan kipas. Udara yang keluar akan terasa lebih sejuk. 

Desainnya ergonomis sehingga bisa dibawa ke mana saja. Alat ini menggunakan baterai yang bisa di charge dengan kabel USB mirip smartphone. Harganya juga cukup terjangkau, hanya Rp75 ribuan. 

4. Kris Air Cooler Mini 

Rekomendasi AC mini portable satu ini hadir dengan dimensi 16,1x13,8x18 cm yang tidak butuh banyak tempat saat digunakan. Sahabat bisa meletakkannya di atas meja atau lantai. 

Cukup dengan mengisi air dingin, udara yang dihembuskan bakal terasa lebih sejuk dan nyaman. AC mini portable ini juga cocok untuk ruangan minimalis. Harga di pasaran berkisar Rp299 ribuan. 

5. DC 12 V Air Cooler 

Menggunakan sistem evaporative air conditioner, AC mini portable satu ini cocok diletakkan di dashboard mobil. Fungsinya bisa menstabilkan suhu kabin yang panas serta memberi kelembapan udara dan membuat sirkulasi udara jauh lebih baik. 

Cara penggunaannya pun mudah, cukup ditambahkan air dingin pada tangki penyimpanan, maka hembusan udara yang keluar akan terasa lebih sejuk. Harga di pasaran berkisar Rp500 ribuan. 

Demikian beberapa rekomendasi AC mini portable yang bisa dibeli. Sudah tahu mau pilih yang mana? Sesuaikan dengan kebutuhan ya Sahabat! 

Baca juga : AC Mobil Serta Cara Kerjanya

Penulis : Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Modifikasi Knalpot Mobil, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

2020-11-13

Bagi para pencinta otomotif roda empat, melakukan modifikasi di bagian tertentu mobil bukanlah hal baru. Knalpot mobil adalah salah satu yang paling sering dimodifikasi. Beberapa pencin

thumbnail

Plat BA Daerah Mana Saja? Ini Cakupan Wilayahnya!

2024-02-22

Memahami asal daerah kendaraan plat BA sangatlah perlu, terutama jika Anda hendak membeli kendaraan dari daerah tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui status

thumbnail

Mengetahui Istilah Water Hammer Pada Mobil Dan Tips Mengatasinya

2020-12-14

Musim hujan yang akhir akhir ini melanda Indonesia memiliki curah yang cukup tinggi, sehingga beberapa titik mengalami banjir. Ha

thumbnail

Tips Membuat Suspensi Xenia Empuk

2021-11-10

Tips suspensi Xenia empuk berikut ini akan membantu Anda mengatasi kerasnya suspensi yang ada pada mobil Xenia Anda. Sehingga Anda akan merasakan  kenyamanan saat berkendara dengan keluarga te