Logo Daihatsu
Menu

5 Rekomendasi Busi Mobil Terbaik dan Awet Hingga Tips Memilihnya

Otomotif

2023-10-04

Rekomendasi Busi Mobil Terbaik dan Awet Hingga Tips Memilihnya

Busi merupakan komponen penting mobil yang berperan besar terhadap keberhasilan proses pembakaran mesin. Komponen ini berfungsi menghasilkan bunga api ketika proses pengapian. Mengingat fungsinya yang sangat penting, Anda tidak boleh asal dalam memilih busi. Di bawah ini, akan dijelaskan secara detail mengenai rekomendasi busi mobil terbaik beserta tips memilihnya. Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini. 

Rekomendasi Busi Mobil Terbaik

Ada beberapa rekomendasi busi mobil yang awet yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Berikut rekomendasi selengkapnya.

1. Autolite APP 104 Double Platinum

Rekomendasi terbaik pertama, ada Autolite APP104 Double Platinum. Sesuai dengan namanya, busi yang satu ini merupakan busi platinum. Seperti Anda ketahui, busi platinum merupakan busi semi racing yang memiliki ujung elektroda agak runcing dan tajam. Desain tersebut membuat kemampuan busi dalam menahan beban kinerja mesin jauh lebih lama. 

Busi Autolite ini memiliki daya tahan yang kuat dan meningkat seiring penggunaannya. Namun, hal tersebut bisa terwujud apabila bagian platinum busi diletakkan pada bagian pusat konduktor. Tepatnya, di bagian samping lengkungan elektroda. 

Busi Autolite ini mampu menembak bunga api lebih cepat dan bersih karena desain pusat leher elektroda turun. Keunggulan lain yang dimiliki busi Autolite ini, mampu meningkatkan akselerasi mobil namun hemat BBM.

2. Bosch FGR8DQI Platinum IR Fusion

Rekomendasi kedua, ada Bosch FGR8DQI Platinum IR Fusion. Konstruksi busi ini, menggunakan platinum infused dan iridium pada bagian pusat elektroda. Konstruksi tersebut membuat busi ini, mampu memercikkan bunga api dengan sangat baik dan cepat. 

3. Denso PK20TT Platinum TT Spark Plug

Rekomendasi ketiga, ada Denso PK20TT Platinum TT Spark Plug. Busi ini memiliki konstruksi ground elektroda yang bagus. Pusat elektroda dari busi ini sudah tersemat fitur titanium 11 mm dan 11 mm twin tip platinum. Fitur tersebut membuat efisiensi bunga api yang dipercikkan busi semakin optimal sehingga penggunaan bahan bakar menjadi efisien dan akselerasi mobil meningkat.

4. Duration Ultra Iridium

Rekomendasi keempat, ada Duration Ultra Iridium. Sesuai dengan namanya, busi ini mengandalkan iridium sebagai material dasarnya. Hal tersebut membuat pembakaran mesin menjadi sempurna.

5. ACDelco 41-993 Professional Iridium Spark Plug

Rekomendasi terakhir, ada ACDelco 41-993 Professional Iridium Spark Plug. Busi ini dibuat dari material iridium berlapis platinum sehingga daya tahan terhadap inti tembaga jauh lebih lama. Hal tersebut membuat akselerasi mobil lebih optimal, dan tingkat keausan lebih lama. Hal inilah yang membuat busi ini sering digunakan pada komuter dan mobil sport.

Tips Memilih Busi yang Benar

Ada beberapa tips yang perlu Anda pelajari sebelum membeli busi mobil. Berikut tips selengkapnya.

1. Pilih busi yang sesuai dengan jenis mesin

Beda tipe mobil, beda pula jenis busi yang digunakan. Pastikan Anda membeli busi sesuai dengan jenis mesin mobil Anda. Apakah jenis mobil Anda cocok dengan busi platinum, busi iridium, ataupun standard? Penggunaan busi yang salah bisa membuat mobil Anda mogok dan tidak menyala.

2. Pilih busi yang memiliki daya tahan panas tinggi

Tips kedua, Anda bisa memilih busi berdasarkan kemampuannya dalam menahan panas ketika mesin mobil bekerja. Hal tersebut berguna untuk mencegah overheat.

3. Pilih busi yang asli

Busi asli (orisinil) tentu memiliki kualitas yang baik sehingga tingkat keausannya lebih awet dibandingkan busi KW. 

Baca Juga : 15 Bagian-Bagian Busi Mobil, Fungsi dan Cara Memilihnya

Demikian tips yang bisa Anda contoh ketika hendak membeli busi. Jika Anda hendak berniat melakukan penggantian busi, Anda bisa membelinya di bengkel Daihatsu terdekat. Sebab, bengkel ini menjual suku cadang orisinil sehingga kualitas produk terjamin. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Daihatsu Taruna 101: Spesifikasi, Kelebihan, dan Kisaran Harganya

2021-03-17

Salah satu small SUV yang cukup populer di Indonesia adalah Daihatsu Taruna. Mobil ini dianggap sebagai pengganti Daihatsu Feroza yang sempat beken di era 1970 hingga 20

thumbnail

Apa Arti Masa Inden pada Pembelian Kendaraan Mobil? Yuk Cek!

2023-07-06

Ketika hendak membeli kendaraan bermotor seperti mobil, terkadang pihak dealer mobil menyuruh pembeli untuk ind

thumbnail

Cara Pasang Sensor Kamera Parkir Yang Benar, Yuk Intip!

2022-08-09

Memasang sensor parkir kamera di mobil sekarang ini sangatlah penting dan dibutuhkan oleh para pengemudi. Hal tersebut karena tidak semua pengemudi pandai dan lihai dalam memarkir mobil terutama ba

thumbnail

Cara Mundur Mobil Manual dengan Mudah, Yuk Praktikkan!

2022-10-24

Salah satu teknik yang wajib dikuasai oleh pengemudi mobil bertransmisi manual adalah memahami cara mundur mobil manual. Cara tersebut sangat diperlukan ketika mobil