Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
5 Tempat Wisata di Wakatobi yang Indah dan Wajib Dikunjungi
11 Mei 2021
wakatobi

Wakatobi adalah sebuah kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki empat pulau cantik, yaitu Pulau Wangi-Wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko. Wakatobi juga didapuk sebagai taman nasional Indonesia sehingga selalu ramai oleh kunjungan turis.

Untuk menuju ke sini, Sahabat bisa melalui berbagai jalur dengan waktu tempuh berbeda, tergantung dari wilayah mana Sahabat berasal. Sahabat bisa menggunakan pesawat dengan mendarat di bandara yang berada di Pulau Wangi-Wangi lalu menuju pusat kota dengan menempuh perjalanan selama 15 menit dengan mobil.

Jika menggunakan kapal, Sahabat bisa menyeberang dari Kendari ke Bau-Bau yang kemudian melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor ke Lasalimu. Dari Lasalimu, Sahabat kemudian harus menyeberang ke Pulau Wangi-Wangi selama 2 jam.

Wakatobi memang memiliki daya tarik sekuat pulau Indonesia lainnya dengan pantai-pantainya yang cantik. Pilihan tempat wisatanya tentu saja beragam. Lima tempat wisata di Wakatobi berikut adalah contohnya. Yuk, langsung simak saja 5 tempat wisata di Wakatobi berikut untuk Sahabat jadikan referensi berlibur!

Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional ini merupakan tempat wisata yang berada di peringkat atas untuk kamu kunjungi ketika di Wakatobi. Wilayahnya yang luas, yaitu 1,39 juta hektar membuat wisatawan pasti betah berlama-lama di sini, terlebih pemandangan pantai berpasir putihnya sangat cantik.

Jika Sahabat hobi melakukan diving, di sini adalah surganya. Taman nasional yang diresmikan pada 1996 ini memang memiliki air laut yang sangat jernih sehingga bisa dengan leluasa melihat makhluk laut. Apalagi di sini memiliki lebih dari 750 jenis spesies laut.

Pulau Tomia

Pulau Tomia menjadi salah satu pulau yang ada di Wakatobi dengan suasana sepi dan syahdu. Hal ini dikarenakan Pulau Tomia belum banyak mendapat atensi dari wisatawan. Untuk menuju pulau ini, Sahabat harus menempuh jarak kurang lebih 3 jam dari Pulau Wangi-Wangi.

Yang sangat asyik dari Tomia adalah spot menyelamnya yang sangat indah dan banyak. Bayangkan saja bagaimana keindahan pulau ini karena memiliki 28 spot diving, di antaranya adalah Ali Reef, House Reef, dan Teluk Maya.

Pulau Wangi-Wangi

Menjadi pulau yang berada di garis terdepan Wakatobi, Pulau Wangi-Wangi memang paling banyak dikenal oleh wisatawan. Terlebih, di pulau ini memang banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi untuk bersenang-senang sekaligus teredukasi tentang sejarah dan bentang alam.

Salah satu objek wisata di Pulau Wangi-Wangi adalah Benteng Liya. Tempat ini berada di Desa Liya Togo, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan. Dahulu, Benteng Liya digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat kerajaan setempat dengan penduduk di luar kerajaan.

Binongko

Satu lagi pulau yang berada di Kabupaten Wakatobi dengan kunjungan wisatawan yang tak seramai pulau lainnya karena memang rute menuju ke sini cukup sulit dilalui. Jika Sahabat suka suasana sepi dan asri, berkunjung ke Binongko tentu saja menjadi pilihan yang menarik, terlebih pemandangannya yang begitu indah.

Masyarakat di Binongko masih menyimpan warisan budaya leluhur yang masih eksis hingga sekarang. Budaya tersebut berupa tarian yang disebut Balumpa. Tarian ini biasanya dipertunjukkan untuk acara-acara besar nan penting di Wakatobi.

Kaledupa

Benteng La Donda, Makan Tua, dan Benteng Ollo merupakan salah tiga objek wisata terkenal di Kaledupa. Ketiganya biasa dikenal sebagai objek wisata sejarah karena banyak memiliki cerita menarik untuk dipelajari oleh wisatawan.

Di dalam Benteng Ollo juga terdapat Mesjid Tua sebagai situs sejarah peninggalan masyarakat setempat. Budaya yang dahulu dianut oleh masyarakat setempat tetap lestari hingga sekarang loh, Sahabat.

Itulah 5 tempat wisata di Wakatobi yang bisa Sahabat kunjungi untuk dijadikan tempat liburan yang sangat asyik dan menyenangkan. Bisa dikunjungi kapan pun, tetapi tentu saja waktu yang paling pas adalah ketika kemarau, terlebih ketika tujuannya adalah untuk berjemur di pantai atau menyelam di lautnya sambil melihat terumbu karang.

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor