Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
5 Tips Mengemudi Mobil di Jalan Sempit
25 Februari 2021
mengemudi di jalan sempit

Tips mengemudi mobil di jalan sempit adalah tips banyak dicari oleh pengemudi pemula. Terlebih ketika akan melewati jalan alternatif yang kondisi jalannya tidak semulus jalan besar beraspal.

Berbeda dengan ketika melewati jalan besar yang hanya dilalui oleh kendaraan bermesin, di jalan sempit Sahabat harus selalu waspada meskipun jalanan tampak sepi. Pasalnya, meskipun tidak ada tanda-tanda suara mesin kendaraan yang akan lewat, bisa saja ada anak kecil atau bahkan hewan yang lewat.

Nah, Sahabat bisa memperhatikan 5 tips mengendarai mobil di jalan berikut supaya tetap aman dan tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

1. Konsentrasi Tingkat Tinggi

Menjaga konsentrasi memang harus selalu dilakukan ketika sudah berkaitan dengan mengendarai mobil. Sama halnya dengan mengemudikan mobil di tikungan tajam dan di malam hari, berkonsentrasi tingkat tinggi juga harus diterapkan sebagai tips mengemudi mobil di jalan sempit.

Jangan hiraukan hal tidak penting, bahkan hindari memutar musik atau radio dengan volume tinggi agar tidak memecah konsentrasi. Tetap waspada dengan hal di depan supaya tetap aman dan tidak membahayakan lingkungan.

2. Memelankan Laju Kendaraan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, mengemudi di jalan sempit tidak hanya bertemu kendaraan lainnya, tetapi bisa jadi orang atau hewan yang lewat tanpa permisi. Inilah mengapa Sahabat harus senantiasa memelankan laju kendaraan ketika melewati jalan sempit.

Jalan sempit bahkan hanya bisa dilalui oleh satu mobil dan hanya menyisakan satu ruang sempit. Maka, ketika ada mobil atau motor lewat, lebih baik salah satunya mengalah dengan diam atau menyingkir terlebih dahulu supaya tidak menimbulkan kemacetan panjang.

3. Memberi Tanda

Membunyikan klakson adalah hal yang tepat untuk menjadi tips mengendarai mobil di jalan sempit. Hal ini dikarenakan supaya kendaraan lain yang melaju di depan kita bisa tahu bahwa ada kendaraan lain di belakangnya sehingga mereka lebih waspada.

Tidak hanya membutuhkan tips belok mobil yang benar, ketika melewati tikungan di jalan sempit, Sahabat juga harus memberikan tanda supaya pengendara di sisi lain tikungan menjadi tahu dan lebih berhati-hati. Terlebih, ketika tikungannya tajam dan jalan terlampau sempit.

4. Menjaga Keseimbangan

Sahabat harus senantiasa menjaga keseimbangan tubuh dalam mengemudi mobil, terlebih ketika melalui jalan sempit. Tangan di roda kemudi hingga kaki dalam menginjak pedal gas dan rem harus selalu siap siaga.

Terlebih, ketika berada di jalan sempit, Sahabat tidak boleh egois dengan menguasai jalanan sendiri dan menempatkan mobil di tengah. Sahabat harus menempatkan mobil lebih mepet ke kiri. Inilah mengapa Sahabat harus menjaga keseimbangan diri supaya mobil yang dikendarai tetap nyaman.

5. Santai

Terkadang memang ada pengemudi yang akan cepat emosi ketika mengemudikan mobil, terlebih saat ada yang menyalip tanpa permisi. Nah, sifat ini jangan sampai ada ketika melewati jalanan sempit.

Jangan sampai terganggu dan tetap fokus dengan kondisi jalan. Terlebih, biasanya jalanan sempit memiliki kondisi yang tidak sebagus dengan jalan raya yang lebih besar, seperti belum terlapisi aspal yang halus.

 Baca juga : Drifting 101: Mulai dari Definisi hingga Teknik untuk Melakukannya

Itulah 5 tips mengemudi mobil di jalan sempit yang harus Sahabat terapkan. Yang pasti, Sahabat juga harus memperhatikan teknik memutar roda kemudi supaya sesuai dengan kondisi jalan. Sahabat harus memiliki feeling yang kuat dalam mengemudikan mobil supaya tetap aman untuk diri sendiri maupun pengendara lain.

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor