Logo Daihatsu
Menu

5 Tips Merawat AC Mobil Agar Tidak Mudah Kolaps

Otomotif

2021-08-08

merawat ac mobil

Produk kendaraan roda 4 seperti mobil pastinya dilengkapi dengan unit pendingin atau AC mobil. Terutama untuk merek Daihatsu, mobil yang kami jual pastinya dilengkapi dengan AC berkualitas. Namun begitu, Anda tetap harus mempraktekkan tips merawat AC mobil agar sistem pendingin kendaraan ini tidak mudah kolaps. 

Banyak orang tidak menyadari bahwa beberapa perilaku mereka mampu merusak sistem pendingin yang ada dalam kendaraan mobil. Jadi, Anda harus pandai-pandai merawat AC mobil agar nantinya tidak mengalami kerusakan. Baca informasi selengkapnya pada artikel kami di bawah ini!

Fungsi AC Mobil dan Penyebab Umum Kerusakannya 

Sistem pendingin kendaraan mobil biasanya memiliki ketahanan yang lebih rendah dibandingkan dengan AC ruangan lainnya. Namun begitu, unit mobil seperti mobil Daihatsu yang dilengkapi dengan AC akan menawarkan kenyamanan tiada tara. 

Fungsi AC pada mobil yaitu untuk mengeluarkan udara panas di dalam mobil dan menghembuskan udara sejuk di dalamnya. Selain itu, AC mobil juga bisa membuat udara yang ada di dalam mobil senantiasa terjaga kesterilannya dan tidak pengap. Hal ini dikarenakan ketika menyalakan AC Anda tidak diperbolekan untuk membuka jendela. 

Namun begitu, tetap saja ada beberapa pengguna mobil yang tak sadar perilaku mereka bisa menyebabkan kerusakan AC. Beberapa diantaranya yaitu merokok, membuka jendela mobil terlalu lama, dan lain sebagainya. 

Padahal berbagai hal tersebut bisa menyebabkan AC mobil yang berkualitas seperti mobil Daihatsu pun juga tak bisa bertahan lama. Inilah mengapa Anda harus memahami dan mempraktekkan tips merawat AC mobil seperti di bawah ini. 

Tips Merawat AC Mobil agar Tak Kolaps 

Ketika Anda membeli mobil dengan unit pendingin yang sangat berkualitas, pastikan untuk selalu merawatnya. Berikut ini tips merawat AC mobil agar tak mudah kolaps : 

1. Selalu tutup jendela mobil 

Ketika AC atau sistem pendingin mobil dinyalakan, pastikan untuk menutup jendela mobil agar debu dan polusi udara tidak mudah masuk. Selain itu, membuka jendela mobil terlalu lama juga menyebabkan kinerja mesin pendingin AC mobil menurun. 

2. Jangan merokok di dalam mobil 

Cara kerja dari sistem pendingin mobil yaitu dengan menyerap suhu panas dan menghembuskan kembali suhu dingin ke dalam mobil. Sebisa mungkin hindari merokok agar nantinya sistem pendingin mobil Anda tak mudah rusak. 

3. Sempatkan untuk memanaskan mesin AC secara rutin 

Ketika AC jarang digunakan, maka mesinnya tidak akan bisa bertahan lama. Untuk itulah Anda diminta untuk menyempatkan diri memanaskan mesin AC secara rutin. Atau gunakan mesin walaupun sebentar ketika berkendara dengan mobil. 

4. Bersihkan kabin mobil setiap hari 

Menjaga kondisi AC mobil juga bisa dilakukan dengan cara membersihkan kabin mobil setiap harinya. Sehingga tidak ada kotoran yang bisa menghambat kinerja dari sistem pendingin mobil Anda. 

5. Lakukan servis secara berkala

Berikutnya, pastikan untuk membawa mobil Anda untuk melakukan perawatan servis secara berkala. Dengan bantuan dari pihak dealer, pastinya sistem pendingin mobil Anda bisa dirawat dengan baik. 

Beberapa tips merawat AC mobil yang kami berikan di atas sangat direkomendasikan untuk Anda praktekkan di kehidupan sehari-hari. Jika Anda ingin menjaga kualitas dari AC mobil, pastikan untuk melakukan saran dari kami tersebut.

Yang pasti, jika Anda membeli mobil keluaran perusahaan terkemuka seperti Daihatsu, unit pendinginnya tak akan mudah rusak. Sehingga Anda juga lebih hemat biaya dan tidak terlalu sering melakukan perbaikan komponen AC yang error. Semoga bermanfaat!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

4 Jenis Suspensi Mobil yang Paling Sering Digunakan

2023-12-12

Mmobil memiliki berbagai macam jenis suspensi yang berbeda agar dapat menyesuaikan kegunaan kendaraan tersebut. Mau tahu apa saja jenis-jenis suspensi mobil yang saat i

thumbnail

Kredit Mobil Syariah: Keuntungan & Perbedaannya dengan Kredit Konvensional

2020-12-01

Kredit mobil syariah adalah salah satu cara membeli mobil mobil bekas maupun baru yang diinginkan, tanpa harus terkena bunga ataupun riba.

thumbnail

Daihatsu Zebra Club Indonesia

2021-04-26

Yang lama belum tentu digantikan oleh yang baru. Begitu juga dengan