Logo Daihatsu
Menu

5 Wisata Belitung Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi

Travel

2020-11-10

wisata belitung selain pantai

Bagian dari Provinsi Bangka Belitung, Belitung merupakan kabupaten yang berbatasan dengan selat dan laut sehingga memiliki banyak destinasi berpantai. Dengan masyarakat yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan, Belitung memiliki daya tarik tersendiri mengenai pantai-pantai indahnya.

Akan tetapi, jangan salah, destinasi wisata di Belitung selain pantai juga banyak yang menarik. Jika Sahabat berencana untuk berkunjung ke Belitung, coba simak lima wisata selain pantai di Belitung berikut ini:

Batu Baginda

Belitung dan batu granit seakan menjadi ciri khas sebab kabupaten yang berbatasan dengan Laut Natuna tersebut memang banyak terdapat batu granit. Salah satunya adalah destinasi wisata Batu Baginda ini.

Batu Baginda merupakan batu granit raksasa yang dimiliki oleh Belitung. Terletak di dekat Pantai Penyabong di Belitung Barat, tepatnya di Desa Padang Kandis. Untuk menuju ke sana, jalurnya sangat mulus sebab sudah beraspal. Diapit oleh hutan dan kebun sawit bahkan membuat perjalanan lebih syahdu karena keasriannya.

Jika sudah sampai Batu Baginda, jangan lupa mendaki hingga puncak. Trek pendakiannya terbilang mudah dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih lima belas menit. Dan, ketika sudah sampai puncak, rasa lelah terbayar karena bisa menikmati Belitung dari atas Batu Baginda.

Danau Kaolin

Kaolin adalah sebutan kekayaan tambang yang bisa juga secara awam disebut tanah putih. Pemandangan di Danau Kaolin mirip seperti wisata Kawah Putih di Bandung. Betul sekali, Danau Kaolin terlihat seperti pencampuran biru dari air yang menggenangi cekungan tambang kaolin dan kaolinnya sendiri yang berwarna putih. Terlihat cantik untuk latar belakang foto ketika berwisata, kan?

Oleh karena kecantikannya itu, banyak fotografer yang mengabadikan tempat itu. Bahkan, beberapa wisatawan sengaja ke sana untuk mengadakan foto prewedding, loh!

Bukit Peramun

Bukit Peramun disebut juga dengan Desa Wisata Digital karena kekiniannya yang mengaplikasikan QR code sebagai virtual guide. Dalam QR code tersebut, terdapat penjelasan mengenai flora dan fauna yang ada di Belitung.

Bukit ini disebut sebagai situs wisata yang memiliki potensi tinggi karena asri, unik, dan memiliki kemajuan teknologi yang mengikuti perkembangan zaman. Hal tersebut dibuktikan bahwa pada 2019 lalu, Bukit Peramun mendapatkan penghargaan. Dikutip dari Okezone.com, penghargaan itu datang dari ajang Indonesian Sustainable Tourism Awards sebagai pemenang Green Gold kategori Pelestarian Lingkungan.

Batu Mentas

Belitung juga memiliki situs wisata hutan lindung. Ialah Batu Mentas, hutan lindung yang begitu asri dan memiliki air terjun menyegarkan ini terletak di Dusun Kelekak Datuk. Flora dan fauna yang menempati Batu Mentas adalah satwa konservasi dan flora endemik khas Belitung, seperti rusa, tanaman tarsius, dan kantung semar. Batu Mentas tentu saja termasuk kawasan yang dilindungi pemerintah sehingga kehidupan di dalamnya terjaga.

Museum Kata

Museum Kata adalah museum yang dibangun oleh Andrea Hirata. Ya, penulis masyur yang juga menyebarkan keindahan Belitung melalui karyanya Laskar Pelangi. Museum ini juga diklaim sebagai museum literatur pertama di Indonesia.

Selain berisi tentang semua fakta Laskar Pelangi, Museum Kata juga menyimpan banyak karya-karya Andrea Hirata. Di sana bahkan terdapat satu cerita pendek yang dikarang khusus oleh Andrea Hirata dan tidak dipublikasikan di mana pun karena hanya bisa dibaca di Museum Kata.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

20 Makanan Khas Pontianak yang Tidak Boleh Dilewatkan

2021-01-31

Menjadi salah satu kota yang dilalui garis khatulistiwa, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat yakni Pontianak sering kedatangan wisatawan. 

thumbnail

Beneran Enak! Ini Rekomendasi 28 Makanan Khas Padang yang Harus Dicoba

2021-01-31

Padang sebagai ibu kota dari Provinsi Sumatera Barat, sangat terkenal akan budaya yang kental. Di samping budayanya yang begitu kaya dan unik, ragam kuliner yang dimilik

thumbnail

7 Gunung di Indonesia yang Pernah Meletus, Guncangannya Begitu Dahsyat

2020-12-23

Gunung meletus adalah peristiwa yang tidak bisa dihindari dan kerap terjadi di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan Indonesia memiliki wilayah geografis yang dikelilingi

thumbnail

7 Tips Belanja di Korea Selatan, Jangan Sadis jika Menawar!

2021-04-21

Belanja adalah kegiatan wajib ketika sedang pergi berlibur, ke mana pun destinasinya. Terlebih, ketika yang Sahabat kunjungi adalah tempat yang tidak bisa sering-sering