Logo Daihatsu
Menu

6 Cara Cek Aki Mobil Masih Bagus atau Tidak, Kenali Ciri-Cirinya

Otomotif

2023-07-10

6 Cara Cek Aki Mobil Masih Bagus atau Tidak, Kenali Ciri-Cirinya

Selain bensin dan oli, aki adalah salah satu komponen penting pada mobil sehingga perlu dilakukan pengecekan secara berkala. Cara cek aki mobil masih bagus atau tidak sangat mudah dilakukan, baik menggunakan alat ataupun tidak. 

6 Cara Cek Aki Mobil Masih Bagus atau Tidak

Berikut cara mudah untuk mengecek kondisi aki mobil kesayangan Anda, sehingga ketika kondisinya mulai melemah dapat diisi ulang atau diganti.

1. Menggunakan Battery Tester

C ara cek aki mobil masih bagus atau tidak bisa menggunakan battery tester. Battery tester dapat digunakan untuk memeriksa kekuatan aki tanpa melepas dari tempatnya, sehingga ampuh untuk mengetahui aki basah masih dalam kondisi baik atau tidak. 

Cara menggunakannya adalah dengan melihat arah jarum. Jika menunjuk ke area hijau berarti kondisinya masih normal, warna kuning berarti aki perlu ditambah setrum atau diganti baru, sementara jika mengarah ke warna merah maka harus segera diganti baru karena apabila tidak diganti maka mobil akan mogok.

2. Menggunakan Avometer

Avometer adalah alat untuk mengukur hambatan, tegangan beserta arus listrik, dan banyak digunakan sebagai alat ukur pada bidang kelistrikan otomotif maupun elektronika lain. Cara mengecek menggunakan peralatan ini pertama-tama adalah membawa kendaraan selama kurang lebih 30 menit, lalu matikan mesin serta putar kunci ke arah II atau ON.

Selanjutnya nyalakan listrik seperti headlight, pemanas kaca belakang, atau blower AC selama kurang lebih 60 menit. Setelah itu posisikan kunci OFF lalu matikan beban kelistrikan. Jika sudah, gunakan avometer digital untuk melihat ukuran tegangan negatif dan positif aki. Apabila tegangan berada di bawah angka 12.5 -12.9 volt, maka harus ditambah setrum.

3. Melalui Indikator Elektrolit

Aki mengandung elektroda, kandungan ini berbentuk gel dan dapat diperiksa melalui lampu indikator elektrolit aki di bagian atas. Cara memeriksa aki dapat dengan memperhatikan lampu indikator. Apabila lampu indikator berwarna biru, itu berarti masih berfungsi dengan baik sehingga tak perlu ditambah setrum atau diganti baru. 

4. Melalui Lampu Indikator

Cara selanjutnya adalah melakukan pengecekan dengan lampu indikator yang terletak di badan aki. Apabila kaca indikator menunjukkan warna biru, tandanya masih dalam kondisi baik serta masih dapat bekerja secara normal.

Namun apabila menunjukkan warna putih, maka tegangan mulai turun sehingga perlu ditambah setrum. Sementara jika menunjukkan warna merah, maka bagian sel mengalami kerusakan dan perlu segera diganti baru.

5. Membunyikan Klakson

Cara termudah adalah dengan membunyikan klakson mobil, apabila bunyi klakson masih terdengar normal dan kencang itu berarti tegangan masih dalam kondisi baik. Sebaliknya apabila suara klakson samar, artinya tegangan aki berkurang.

6. Men-starter Mobil

Kondisi aki yang sudah tidak baik umumnya menjadi lebih berat ketika mengangkat putaran. Sehingga ketika mobil susah dan berat ketika di-starter, itu tandanya Anda perlu mengganti aki dengan baru. 

Baca Juga : Berapa Lama Cas Aki Mobil? Ini Cara Mengetahui Jika Penuh

Dampak Aki Mobil Soak

Permasalahan ini rupanya tidak boleh dianggap sepele, karena kondisi aki mobil yang soak dan tekor dapat mendatangkan dampak di antaranya:

1. Kinerja Kelistrikan Terganggu

Jika tegangan berada di bawah normal, rupanya dapat membuat kinerja kelistrikan menjadi terganggu. Saat ECM dalam kondisi rusak, maka tak menutup kemungkinan pemilik kendaraan merogoh kocek untuk mengganti komponen tersebut hingga jutaan rupiah.

2. Merusak Sistem ECU (Electronic Control Unit)

Apabila Anda memaksa kendaraan untuk tetap terus berjalan, bukan tak mungkin dapat berakibat pada kerusakan sistem ECU. Tak hanya itu, bagian kontrol elektronik sistem pada mobil juga dapat terkunci. 

Dampaknya, kendaraan pun menjadi sulit untuk di-starter terlebih ketika kondisi dingin. Pasalnya aki tidak dapat mengangkat motor starter ketika kondisi tegangan lemah.

Cara cek aki mobil masih bagus atau tidak, sangat mudah dilakukan, sehingga Anda dapat mewaspadai ketika ciri-ciri di atas terjadi pada kendaraan.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Yuk, Ikuti 4 Cara Bongkar Mesin Mobil yang Benar

2020-12-30

Sebuah kendaraan tidak selamanya bisa bekerja secara optimal setiap kali digunakan. Adakalanya kendaraan mengalami turun mesin, kondisi di mana mesin dalam kendaraan har

thumbnail

Rekomendasi Minyak Rem Mobil yang Berkualitas

2021-01-06

Minyak rem merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan yang berfungsi sebagai pelumas komponen cakram dan kampas rem. Dala

thumbnail

Inilah Mobil Dengan Atap Terbuka Milik Daihatsu, Yuk Cek!

2023-02-06

Memiliki mobil atap terbuka, tentu merupakan impian dari semua orang. Karena mobil tersebut dapat memberikan kesan keren dan mewah sehingga akan menambah rasa percay

thumbnail

Fuel Pump Mobil Bermasalah? Cek Penyebab dan Solusinya

2023-10-30

Performa mobil yang maksimal ditentukan oleh kinerja setiap komponen di dalamnya, seperti fuel pump. Seperti diketahui, fuel pump merupakan komponen mobil yang berfu