Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
6 Ciri-Ciri Switch Temperatur Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya
09 Februari 2023
6 Ciri-Ciri Switch Temperatur Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

Pada dasarnya setiap mobil sudah dibekali switch temperatur oleh para produsen mobil. Komponen tersebut berfungsi untuk mengecek apakah suhu mesin mobil dingin atau panas. Selain itu, switch temperatur juga dapat menghindari mobil overheating dengan cara mencegah air pendingin agar tidak mengalir kebagian radiator. Mengingat fungsinya yang begitu krusial, Anda perlu selalu mengecek komponen tersebut. Oleh karena itu, mengetahui ciri-ciri switch temperatur mobil rusak dan cara mengatasinya merupakan hal yang diperlukan. Di bawah ini akan dijelaskan dengan detail ciri-ciri dan cara mengatasi switch temperatur yang rusak.

Ciri-Ciri Switch Temperatur Mobil Rusak

Berikut beberapa ciri-ciri yang perlu Anda ketahui, apabila switch temperatur mobil mengalami kerusakan.

1. Terbukanya switch temperatur

Ciri ciri switch temperatur mobil rusak pertama, ditandai dengan terbukanya switch temperatur pada suhu 30 derajat celcius. Seperti diketahui switch temperatur yang normal selalu dalam kondisi tertutup dan hanya terbuka apabila suhu berada di kisaran 90 hingga 104 derajat celcius.

Jika dalam kondisi suhu 30 derajat celcius sudah terbuka, itu tandanya switch temperatur mobil sudah rusak dan perlu diganti.

2. Tertutupnya switch temperatur

Ciri kedua, merupakan kebalikan dari ciri pertama. Jika pada umumnya, switch temperatur akan terbuka pada suhu 90 derajat celcius. Namun, ketika rusak maka kondisi switch temperatur tidak dapat terbuka. Kondisi ini dapat memicu kondisi overheating dan mobil mengalami turun mesin.

3. Mesin mudah panas atau mengalami overheating

Ciri ketiga, mesin mobil menjadi cepat panas atau overheating. Kondisi ini terjadi karena switch temperatur yang rusak tidak akan terbuka meski suhu sudah mencapai 90 derajat celcius.

Hal tersebut dapat menambah suhu mesin menjadi cepat panas, sehingga berpotensi besar terjadi overheating. Apabila dibiarkan begitu saja, mobil juga akan mengalami masalah turun mesin.

4. Thermostat macet

Ciri-ciri switch temperatur mobil rusak bisa ditandai dengan thermostat macet. Pada dasarnya thermostat atau switch temperatur berfungsi sebagai pengatur suhu mesin. Apabila suhu sudah mencapai 90 derajat celcius, namun komponen tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Maka dipastikan terjadi kemacetan thermostat.

5. Performa mesin lambat dan merusak komponen mesin lainnya

Ciri kelima, biasanya performa mesin akan menjadi lebih lambat dan tidak bertenaga. Kondisi ini terjadi karena suhu yang terlalu panas, dapat merusak komponen mobil lainnya. Mulai dari merusak komponen sistem kelistrikan mobil, hingga sistem pendingin mobil.

6. Konsumsi bahan bakar lebih boros

Ciri keenam, konsumsi bahan bakar mobil Anda menjadi lebih boros. Kondisi ini terjadi karena switch temperatur yang rusak mempengaruhi proses pembakaran mesin.

Baca Juga : Ketahui Penyebab Naiknya Temperatur Mobil Kamu!

Cara Memperbaiki Switch Temperatur yang Rusak

Berikut beberapa cara yang bisa Anda contoh ketika sedang memperbaiki switch temperatur mobil yang rusak.

1. Cari posisi switch temperatur pada mobil

Langkah pertama, Anda bisa mencari dimana letak posisi switch temperatur terlebih dahulu. Setiap tipe mobil memiliki posisi switch temperatur mobil yang berbeda. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencari informasi lewat internet, atau membuka buku garansi dan panduan mobil dari dealer.

2. Lepas switch temperatur

Langkah kedua, Anda bisa melepas switch temperatur dengan menggunakan bantuan kunci ukuran 17. 

3. Membersihkan switch temperatur bila kotor

Apabila kondisi switch temperatur mobil Anda kotor, Anda harus segera membersihkannya. Gunakan amplas halus untuk memudahkan proses pembersihan. 

4. Ganti switch temperatur dengan yang baru

Apabila sudah dibersihkan, Anda coba apakah switch temperatur berfungsi dengan normal atau tidak. Jika tidak, segera ganti dengan komponen baru yang berkualitas.

5. Cek ulang apakah switch temperatur mobil berfungsi

Selanjutnya, isi hingga penuh air radiator mobil Anda. Kemudian nyalakan mesin mobil Anda, agar Anda dapat mengecek apakah switch temperatur sudah berfungsi dengan baik. 

Demikianlah informasi mengenai ciri ciri switch temperatur mobil rusak hingga cara mengatasinya. Bagaimana, sangat mudah sekali bukan? Jika Anda kesulitan dalam menangani switch temperatur yang rusak, Anda bisa mempercayakan ke bengkel resmi Daihatsu terdekat. Semoga bisa bermanfaat ya!

Tips Sahabat Lainnya
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku