Logo Daihatsu
Menu

6 Tips Memilih Bengkel Mobil yang Terbaik & Berkualitas

Otomotif

2023-05-12

Tips Memilih Bengkel Mobil yang Terbaik & Berkualitas

Agar performa mobil selalu maksimal ketika bermanuver, maka diperlukan melakukan perawatan mobil secara rutin. Namun, sebelum Anda melakukan perawatan mobil Anda perlu mengetahui tips memilih bengkel mobil terbaik dan berkualitas. Kadang kebanyakan orang hanya mengunjungi bengkel terdekat dari lokasi tempat tinggalnya tanpa memperhatikan kualitas pelayanannya. Akibatnya mobil tidak mendapatkan penanganan yang baik, bahkan justru dapat merusak komponen. Agar Anda tidak salah langkah, yuk intip beberapa tips berikut ini.

Tips Memilih Bengkel Mobil Terbaik dan Berkualitas

Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memilih bengkel mobil terbaik dan berkualitas ketika hendak melakukan beberapa perbaikan. Berikut tips selengkapnya.

1. Pilih bengkel yang memiliki mekanik profesional

Tips pertama, Anda bisa memilih bengkel yang memiliki mekanik yang profesional dan kompeten di bidangnya. Sebab mekanik yang kompeten ini memiliki sertifikat uji kompeten dari lembaga penguji mekanik. 

Selain itu, mekanik yang kompeten biasanya sering mengajak konsumen untuk diskusi mengenai penanganan dan perawatan mobil ketika konsumen mengunjungi bengkel tersebut. Mekanik yang kompeten biasanya dapat menemukan permasalahan mobil yang dialami konsumen itu lebih cepat dibandingkan mekanik bengkel umum.

2. Pilih bengkel yang mengutamakan suku cadang asli

Tips kedua, Anda bisa memilih bengkel yang mengutamakan penggunaan suku cadang asli ketika melakukan perawatan. Sebab penggunaan suku cadang asli memiliki ukuran yang pas sesuai standar pabrikan mobil. Selain itu, suku cadang asli memiliki usia pemakaian yang lebih panjang dibandingkan suku cadang kw atau aftermarket.

3. Pilih bengkel dengan lingkungan yang nyaman

Tips ketiga, Anda bisa memilih bengkel dengan lingkungan yang nyaman seperti ruang tunggu bengkel ber-AC, terpasang Wi-Fi gratis, toilet, TV, atau tempat bermain anak. Hal tersebut tentunya dapat menghindari para konsumen bosan ketika menunggu antrean servis, serta membuat si buah hati tidak rewel selama antre.

4. Pilih bengkel yang memiliki peralatan lengkap

Tips keempat, Anda bisa memilih bengkel dengan peralatan lengkap. Untuk mengetahui apakah bengkel memiliki peralatan yang lengkap atau tidak, Anda bisa melihat dari penanganan yang cukup cepat. Selain itu, Anda bisa melihat dari hasil setelah servis seperti baut terpasang dengan kencang, minim terjadi baret ketika melakukan pemasangan suatu komponen, hingga presisi. 

5. Pilih bengkel yang memiliki kredibilitas tinggi

Tips kelima, Anda bisa memiliki bengkel dengan kredibilitas tinggi. Bengkel yang memiliki kredibilitas tinggi, biasanya sering menjadi perbincangan di dunia otomotif ataupun di media sosial. Kerap kali disarankan oleh penggiat otomotif untuk menggunakan jasa bengkel tersebut karena kualitas pelayanannya yang prima. 

Untuk mengetahui, bengkel kredibilitas tinggi ini, Anda perlu bertanya pada forum otomotif atau di media sosial. Nantinya para penggiat otomotif atau konsumen lain yang pernah menggunakan jasa bengkel tersebut akan memberikan ulasan atau pengalaman melakukan perbaikan di tempat tersebut.

6. Pilih bengkel resmi dari pabrikan mobil

Tips terakhir, merupakan tips yang paling aman dan dianjurkan. Di Indonesia sendiri tidak sedikit bengkel resmi dari pabrikan mobil yang berdiri. Contohnya seperti bengkel resmi Daihatsu

Jika Anda menggunakan mobil keluaran dari Daihatsu, maka sepatutnya Anda melakukan perbaikan di bengkel resmi Daihatsu. Banyak keuntungan yang Anda dapatkan jika servis di bengkel resmi pabrikan mobil Anda. Mulai dari suku cadang asli dan berkualitas, mekanik profesional yang sangat kompeten di bidangnya, promo diskon perbaikan, peralatan lengkap, hingga garansi perbaikan. 

Demikian beberapa tips yang bisa Anda contoh ketika hendak memilih bengkel mobil terbaik. Semoga tips di atas bermanfaat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Mencegah Piston Kaliper Rem Macet

2022-04-07

Kendaraan yang memiliki rem kurang pakem pastinya akan sangat membahayakan. Rem yang tidak berfungsi secara optimal bisa saja menyebabkan kecelakan yang tentunya sangatl

thumbnail

Rongga Grill Mobil: Fungsi, Cara Merawat, hingga Berbagai Desain Kerennya

2021-03-17

Grill mobil adalah bagian yang biasa disebut sebagai jantung identitas suatu mobil. Hal ini dikarenakan letak grill mobil yang berada di depan dan tengah sehingga langsu

thumbnail

Tips Belokan Tajam dengan Lancar Saat Mengendarai Mobil

2021-02-24

Salah satu tantangan dalam mengendarai mobil adalah melakukan belokan tajam. Perlu teknik khusus untuk melakukan hal tersebut. Untungnya, teknik tersebut akan kami sampa

thumbnail

10 Tips Membeli Mobil Pertama, Pemula Wajib Tahu!

2023-10-10

Memiliki mobil pribadi merupakan impian setiap orang karena dapat membantu mobilitas harian seperti pergi ke kantor, belanja, dan lainnya. Namun ketika hendak membel