Logo Daihatsu
Menu

Spare Part Mobil : Jenis & Bagian Penting yang Rutin Diganti

Otomotif

2022-09-05

Spare Part Mobil (OEM) Jenis & Bagian Penting yang harus Diganti

Spare part mobil merupakan komponen mobil yang wajib diperhatikan dan diganti secara berkala. Hal tersebut dilakukan agar kondisi komponen tetap prima. Kondisi komponen yang mulai rusak atau aus akan mempengaruhi kinerja mobil misalnya mobil mogok atau suhu mobil panas. Berikut beberapa jenis-jenis sparepart mobil dan komponen spare part penting yang harus rutin diganti saat melakukan perawatan mobil. 

Jenis-Jenis Spare Part Mobil

Spare part mobil adalah suatu kesatuan kumpulan komponen-komponen yang ada pada bagian mobil yang mempunyai fungsi tersendiri. Sparepart mobil juga sering disebut dengan suku cadang.

Sebelum membahas bagian suku cadang apa saja yang harus rutin diganti, sebaiknya Anda mengetahui apa saja jenis-jenis suku cadang. Dengan memahami jenis-jenis sparepart mobil dapat menambah wawasan Anda agar tidak tertipu dengan produk yang palsu. Berikut beberapa jenis sparepart yang ada pada mobil :

1. Sparepart Orisinil

Sparepart orisinil atau OEM (Original Equipment Manufacturer) merupakan jenis suku cadang asli buatan pabrikan mobil atau manufaktur. Suku cadang jenis ini memiliki kualitas yang bagus. Bengkel atau toko spare part mobil yang menjual kualitas original ini biasa kita temukan di bengkel resmi atau dealer terdekat.
 

Misalnya mobil Anda adalah produk Daihatsu. Maka Anda bisa langsung mengunjungi bengkel resmi atau delaer Daihatsu terdekat di kota Anda.

2. Aftermarket

Suku cadang jenis ini merupakan suku cadang yang diproduksi oleh sebuah perusahaan untuk kebutuhan tertentu misalnya variasi custom otomotif, balap, dan lainnya. Biasanya produk suku cadang ini meminta lisensi kepada pihak pabrikan asli sebelum melakukan proses pembuatan.

3. KW

Suku cadang jenis ini merupakan produk palsu atau produk tanpa lisensi. Biasanya produk ini memiliki tingkatan untuk menentukan kualitasnya seperti KW 1 atau super, KW 2, dan seterusnya. Produk-produk sparepart mobil dengan kualitas KW ini bisa ditemukan di bengkel atau toko spare part terdekat dari kota Anda, bukan dari bengkel resmi.

Baca Juga : 3 Komponen yang Harus Dicek Ketika Starter Mobil Bunyi Cetek Cetek

Nama-Nama Spare Part Mobil yang Harus Rutin Diganti

Berikut beberapa nama-nama spare part mobil yang harus rutin diganti guna menunjang kinerja kendaraan saat digunakan.

1. Busi

Bagian sparepart mobil yang perlu diganti rutin adalah komponen busi. Komponen busi merupakan suku cadang yang sangat berpengaruh apabila tidak diganti dengan rutin. Busi yang kotor dapat menyebabkan mobil menjadi mogok.

Selain itu, busi juga mempengaruhi proses pembakaran di ruang mesin mobil dan menentukan boros tidaknya konsumsi bahan bakar. Sebaiknya Anda lakukan penggantian busi apabila mobil menempuh jarak 20.000 KM.  Anda juga bisa mengenali gejala busi mobil rusak di link tersebut.

2. Aki

Aki merupakan komponen penyuplai dan penyimpan energi listrik pada sistem kelistrikan mobil. Sebaiknya Anda rutin menggantinya setelah penggunaan 2 hingga 3 tahun.

3. Oli Mesin dan Filter Oli

Oli mesin dan filter oli merupakan komponen yang wajib diganti secara berkala. Karena komponen ini berfungsi melumasi bagian mesin mobil sehingga kinerja mobil prima dan mengurangi besarnya gesekan antar komponen di dalam mesin.

Sebaiknya Anda mengganti oli mesin dan filter oli  ini jika mobil sudah menempuh jarak 1000 km pertama sejak pembelian mobil baru. Hal tersebut sesuai dengan saran perawatan pabrikan mobil. Selanjutnya Anda ganti setiap 10.000 km. 

4. Filter AC

Suku cadang yang tidak kalah penting untuk diganti adalah filter AC. Komponen ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengemudi dan penumpang mobil.

Karena filter AC yang kotor dan rusak dapat menimbulkan bau menyengat yang kurang sedap, hingga suhu udara dalam mobil panas.

5. Kampas Kopling dan Kampas Rem

Kampas kopling berfungsi untuk memberikan tenaga pada roda mobil yang dihasilkan dari mesin, Sedangkan kampas rem berfungsi untuk menahan mobil agar tidak tergelincir ketika di rem. Hal tersebut membuat komponen ini wajib Anda ganti secara rutin demi keselamatan jiwa saat berkendara.

6. Lampu

Suku cadang ini wajib Anda cek dan ganti secara berkala. Karena berfungsi sebagai penerangan ketika berkendara.

7. Bumper Mobil

Suku cadang ini juga tidak kalah penting dengan lainnya, karena berfungsi sebagai penahan tumbukan jika mobil mengalami insiden kecelakaan. 

8. Ban Mobil

Segera ganti komponen ini jika ban sudah terasa licin atau aus untuk mengurangi risiko kecelakaan saat mobil melaju.

Baca Juga : Berapa Lama Umur Ban Mobil? Ini Cara Melihatnya!

Nah, itulah beberapa spare part mobil yang wajib Anda ganti secara rutin. Jika komponen-komponen tersebut dirasa mengalami kerusakan dan aus, segera Anda perbaiki dan lakukan penggantian. Anda bisa melakukan perawatan secara mandiri atau menggunakan teknisi ahli dengan mengunjungi dealer Daihatsu atau bengkel terdekat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Terlihat Sepele, Inilah Alasan Khusus Kerikil di Ban Mobil Harus Disingkirkan

2021-05-29

Ban mobil yang memang didesain dengan tekstur kasar bahkan terlihat jelas alurnya bertujuan sebagai celah air ketika mobil melewati genangan. Dengan begitu, mobil berjal

thumbnail

Berikut Biaya Cat Mobil Untuk Setiap Bagian Kendaraan

2020-12-04

Karena sering digunakan bepergian, tentu warna cat pada body mobil lambat laun akan terlihat kusam dan memudar. Hal ini bisa jadi dikarenakan umur kendaraan yang tua, se

thumbnail

Tips dan Cara Merawat agar Transmisi CVT Panjang Umur

2021-04-19

Siapa memang yang tidak nyaman dengan kendaraan bertransmisi CVT? Transmisi yang tidak menggunakan gearbox sehingga lebih ringan itu memang banyak digemari oleh p

thumbnail

Cara Tepat Poles Body Mobil Pakai Polisher

2021-12-30

Salah satu perawatan mobil yang kini sedang digemari oleh banyak orang adalah poles body pakai polisher. Dibandingkan pemolesan secara manual, teknik ini memang menjanjikan hasil yang lebih maksima