Logo Daihatsu
Menu

Spare Part Mobil : Pengertian, Jenis & Bagian Penting yang Rutin Diganti

Otomotif

2024-01-18

Spare Part Mobil (OEM) Jenis & Bagian Penting yang harus Diganti

Spare part mobil merupakan komponen yang mendukung kinerja optimal kendaraan dan memastikan keamanan serta kehandalan selama penggunaan. Penggantian secara berkala menjadi langkah krusial untuk mempertahankan kondisi prima. Kerusakan atau keausan pada spare part dapat mengakibatkan masalah serius, seperti mobil mogok atau meningkatnya suhu mesin.

Dalam artikel ini, kita akan mengidentifikasi pengeritan spare part mobil, jenis-jenis spare part mobil serta komponen yang memegang peran sentral dalam menjaga performa kendaraan.

Apa itu Spare part Mobil?

Spare part adalah komponen atau barang yang menjadi suatu kesatuan dan memiliki fungsi tertentu, dalam kendaraan biasa disebut onderdil atau suku cadang. Peran sparepart sangat penting dalam kendaraan serta perlu diperhatikan atau dicek secara berkala sehingga bila terjadi kerusakan bisa segera menggantinya. Hal ini untuk memastikan performa kendaraan selalu baik.

Jenis-Jenis Spare Part Mobil

Berikut beberapa jenis sparepart yang ada pada mobil:

1. Sparepart Orisinil

Sparepart orisinil atau OEM (Original Equipment Manufacturer) merupakan jenis suku cadang asli buatan pabrikan mobil atau manufaktur. Suku cadang jenis ini memiliki kualitas yang bagus. Bengkel atau toko spare part mobil yang menjual kualitas original ini biasa kita temukan di bengkel resmi atau dealer terdekat.

Misalnya mobil Anda adalah produk Daihatsu. Maka Anda bisa langsung mengunjungi bengkel resmi atau delaer Daihatsu terdekat di kota Anda.

2. Aftermarket

Suku cadang jenis ini merupakan suku cadang yang diproduksi oleh sebuah perusahaan untuk kebutuhan tertentu misalnya variasi custom otomotif, balap, dan lainnya. Biasanya produk suku cadang ini meminta lisensi kepada pihak pabrikan asli sebelum melakukan proses pembuatan.

3. KW

Suku cadang jenis ini merupakan produk palsu atau produk tanpa lisensi. Biasanya produk ini memiliki tingkatan untuk menentukan kualitasnya seperti KW 1 atau super, KW 2, dan seterusnya. Produk-produk sparepart mobil dengan kualitas KW ini bisa ditemukan di bengkel atau toko spare part terdekat dari kota Anda, bukan dari bengkel resmi.

Baca Juga : 3 Komponen yang Harus Dicek Ketika Starter Mobil Bunyi Cetek Cetek

Nama-Nama Spare Part Mobil yang Harus Rutin Diganti

Berikut beberapa nama-nama spare part mobil yang harus rutin diganti guna menunjang kinerja kendaraan saat digunakan.

1. Busi

Bagian sparepart mobil yang perlu diganti rutin adalah komponen busi. Komponen busi merupakan suku cadang yang sangat berpengaruh apabila tidak diganti dengan rutin. Busi yang kotor dapat menyebabkan mobil menjadi mogok.

Selain itu, busi juga mempengaruhi proses pembakaran di ruang mesin mobil dan menentukan boros tidaknya konsumsi bahan bakar. Sebaiknya Anda lakukan penggantian busi apabila mobil menempuh jarak 20.000 KM.  Anda juga bisa mengenali gejala busi mobil rusak di link tersebut.

2. Aki

Aki merupakan komponen penyuplai dan penyimpan energi listrik pada sistem kelistrikan mobil. Sebaiknya Anda rutin menggantinya setelah penggunaan 2 hingga 3 tahun.

3. Oli Mesin dan Filter Oli

Oli mesin dan filter oli merupakan komponen yang wajib diganti secara berkala. Karena komponen ini berfungsi melumasi bagian mesin mobil sehingga kinerja mobil prima dan mengurangi besarnya gesekan antar komponen di dalam mesin.

Sebaiknya Anda mengganti oli mesin dan filter oli  ini jika mobil sudah menempuh jarak 1000 km pertama sejak pembelian mobil baru. Hal tersebut sesuai dengan saran perawatan pabrikan mobil. Selanjutnya Anda ganti setiap 10.000 km. 

4. Filter AC

Suku cadang yang tidak kalah penting untuk diganti adalah filter AC. Komponen ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengemudi dan penumpang mobil.

Karena filter AC yang kotor dan rusak dapat menimbulkan bau menyengat yang kurang sedap, hingga suhu udara dalam mobil panas.

5. Kampas Kopling dan Kampas Rem

Kampas kopling berfungsi untuk memberikan tenaga pada roda mobil yang dihasilkan dari mesin, Sedangkan kampas rem berfungsi untuk menahan mobil agar tidak tergelincir ketika di rem. Hal tersebut membuat komponen ini wajib Anda ganti secara rutin demi keselamatan jiwa saat berkendara.

6. Lampu

Suku cadang ini wajib Anda cek dan ganti secara berkala. Karena berfungsi sebagai penerangan ketika berkendara.

7. Bumper Mobil

Suku cadang ini juga tidak kalah penting dengan lainnya, karena berfungsi sebagai penahan tumbukan jika mobil mengalami insiden kecelakaan. 

8. Ban Mobil

Segera ganti komponen ini jika ban sudah terasa licin atau aus untuk mengurangi risiko kecelakaan saat mobil melaju.

Baca Juga : Berapa Lama Umur Ban Mobil? Ini Cara Melihatnya!

Kenapa Sparepart mobil Mahal?

Penyebabn kenapa spare part mobil  mahal adalah karena bahan suku cadang yang dipilih menggunakan material berkualitas tinggi dan dilapisi dengan pelapis khusus yang tahan terhadap segala kondisi cuaca. Selain itu, ketersediaan barang di pasar terbatas, menyebabkan pedagang yang memasarkannya menetapkan harga yang sedikit lebih tinggi, mengingat adanya biaya tambahan yang perlu dikeluarkan.

Apa itu Pabrik Sparepart?

Industri suku cadang atau spare part merupakan sektor bisnis yang fokus pada penyediaan komponen untuk otomotif atau kendaraan bermotor. Kehadiran pabrik suku cadang ini berperan penting dalam menjaga kelancaran kegiatan terkait otomotif dan kendaraan bermotor, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan efisien.

Nah, itulah pengertian spare part mobil, jenis-jenisnya, hingga beberapa spare part mobil yang wajib Anda ganti secara rutin. Jika komponen-komponen tersebut dirasa mengalami kerusakan dan aus, segera Anda perbaiki dan lakukan penggantian. Anda bisa melakukan perawatan secara mandiri atau menggunakan teknisi ahli dengan mengunjungi dealer Daihatsu atau bengkel terdekat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mobil Tidak Bisa Hidup Sama Sekali? Jangan Panik, Berikut 5 Cara Memperbaikinya

2021-01-13

Bagi Anda pemilik kendaraan roda empat tentunya mengalami gagal starter atau mogok bisa saja terjadi kapan saja. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya tidak usah panik da

thumbnail

Throttle Body Mobil: Fungsi, Ciri Rusak & Cara Membersihkannya

2024-02-04

Apakah Sahabat tau apa itu throttle body pada mobil? Throttle body adalah salah satu komponen kritis dalam sistem bahan bakar pada kendaraan bermotor yang bertugas s

thumbnail

4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Untuk Audio Mobil Kece!

2020-12-03

Bagi Sahabat pecinta musik, audio mobil merupakan salah satu fitur yang penting. Dengan audio mobil ini Sahabat bisa mendengarkan musik saat di jalan. Bukan hanya itu, s

thumbnail

Alasan Mengapa Mobil Matic Modern Tak Perlu Kuras Oli Lagi

2022-06-30

Saat ini mobil sudah memiliki dua varian transmisi, yaitu transmisi otomatis dan manual. Untuk mobil dengan transmisi otomatis, biasanya dikenal dengan sebutan mobil mat