Logo Daihatsu
Menu

Berapa Lama Umur Ban Mobil? Ini Cara Melihatnya!

Otomotif

2022-08-11

umur ban mobil

Bila umur ban mobil sudah tua, ban harus segera dilakukan penggantian untuk menjaga keselamatan. Dalam komponen mobil, ban menjadi hal yang sangat penting diperhatikan. 

Tidak hanya komponen penggerak, ban juga memiliki peran pada keselamatan, keiritan konsumsi BBM serta kenyamanan penumpang. Bahkan, ban juga mempunyai peran pada komponen kaki-kaki mobil dan lainnya. 

Sehingga, kondisi ban menjadi hal yang harus memperoleh perhatian khusus dari pemilik kendaraan. Biasanya, pertanyaan yang sering diberikan oleh pemilik kendaraan adalah kapan harus mengganti ban mobil?

Baca Juga : Tips Menggunakan Ban Serep Mobil & Cara Gantinya

Berapa Lama Umur Ban Mobil Harus Diganti?

Dibuat dari bahan karet, sudah pasti kelenturan karet dari ban ini semakin lama akan semakin berubah dengan berjalannya waktu.

Semakin lama, nantinya karet tersebut akan semakin berkurang kelenturannya, hingga berujung karet menjadi getas. 

Karet ban menjadi getas karena sudah kehilangan kelenturannya. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya aktivitas kendaraan sehingga ban mobil memiliki usia yang singkat.

Lantas, berapa standar umur ban mobil? Idealnya, umur ban mobil kurang lebih 3 tahun. Sehingga, Anda harus melakukan penggantian ban sesudah mencapai usia ini, bahkan meskipun kembangnya masih terlihat tebal karena tidak pernah digunakan, ban tetap harus diganti. Bila penggantian dilakukan lebih dari 3 tahun, ban tidak bisa memberi kenyamanan karena telah mengeras dan tidak lentur. 

Untuk mengganti ban mobil, pastikan memilih ban mobil merk terbaik dan bagus. Harga ganti ban mobil ini menyesuaikan merk yang Anda pilih.

Tanda Ban Mobil Harus Diganti

Pada pembahasan diatas, Anda sudah mengetahui usia ban mobil, kurang lebih 3 tahun lamanya. Selain sudah mencapai 3 tahun, berikut berbagai tanda ban harus diganti, antara lain:

1. Jarak Tempuh yang Mencapai 40 Ribu Kilometer

Meskipun belum menyentuh usia 3 tahun penggunaan, lebih baik ban mobil diganti bila ban sudah menempuh jarak 40 ribu kilometer.

Contohnya, karena Anda sering menempuh perjalanan jauh dalam rentang waktu 2 tahun, rata-rata kilometer mobil sudah mencapai 50 ribuan. 

Bahkan, meskipun ban memiliki kelenturan yang masih bagus, tetapi bila jarak tempuhnya sudah mencapai angka tersebut. Ban akan aus, umumnya ban akan menempuh jarak 15 ribu hingga 20 ribu kilometer per tahunnya. 

Baca Juga : 8 Cara Mengganti Ban Mobil Sendiri Dengan Benar

2. Ketebalan Tapak Ban Sudah Menyentuh Batas TWI

Pada dasarnya, setiap ban mobil mempunyai batas TWI atau Tread Wear Indicator. Tanda ini adalah batas keausan yang diizinkan agar bisa tetap digunakan. Bila kembang ban sudah menyentuh TWI, ini berarti ban harus segera diganti. 

Terdapat 2 posisi indicator dari TWI di ban yakni di bagian tepi serta tengah telapak. Pada bagian tepi, Anda akan melihat segitiga berukuran kecil di bawah kembang. Namun, untuk yang bagian tengah, Anda akan melihat tonjolan kecil tidak setinggi kembang ban.

3. Ban Gundul Pada Bagian Tengah

Selain 2 kondisi di atas, tanda ban harus ganti baru adalah ban mulai gundul di bagian tengah. Sejumlah kondisi lain yang disebabkan karena kebiasaan pengemudi juga dapat menyebabkan ban harus diganti sesegera mungkin. 

Contohnya saja ban gundul di bagian tengah, tetapi di tepinya masih bagus. Bila hal ini terjadi, lebih baik ban segera diganti, karena ini menandakan ban sudah tidak seragam lagi. 

4. Gundulnya Ban di Tepi Tertentu

Ada pula ban yang mulai menipis di bagian tertentu seperti di tepi sisi luar atau tepi sebelah dalam. Bila hal ini terjadi, ban juga harus segera dilakukan penggantian. 

Mungkin banyak yang mempertanyakan, apakah boleh mengganti ban mobil hanya 1 saja? atau harus ganti ban mobil 4 (semuanya)? Jawabannya, tidak perlu semuanya. Tergantung kondisi ban bagian tepi dan tengah sudah gundul atau belum.

Selain mengetahui berapa usia atau umur maksimal ban mobil, Anda juga perlu memahami kapan harus ganti ban dari tanda-tanda yang sudah disebutkan  di atas.

Pastikan melakukan penggantian ban di bengkel resmi atau dealer Daihatsu terdekat, sehingga Anda bisa memperoleh ban yang berkualitas serta diganti oleh teknisi profesional.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Jenis dan Cara Pasang Relay Lampu Mobil

2021-03-22

Relay pada lampu kendaraan memiliki peran agar lampu kendaraan menyala dengan baik dan menghasilkan cahaya cukup terang. Alhasil pengendara dapat melihat di daerah yang

thumbnail

Aerodinamika: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya pada Kendaraan

2021-02-18

Mendengar kata aerodinamika dalam otomotif mengantarkan Anda tentang bayangan suatu kendaraan. Teknologi yang satu ini pada mulanya dikembangkan untuk pesawat terbang.&n

thumbnail

Apa itu Jalan Tol Lingkar Luar? Ini Perbedaannya dengan Tol Lingkar Dalam

2023-07-31

Ketika hendak melakukan perjalanan dengan menggunakan layanan jalan tol, ada baiknya mengetahui rute tol yang akan dilewati. Rute tol sendiri terbagi atas jalan tol

thumbnail

Jenis-jenis Alarm pada Mobil

2021-02-19

Di kota-kota besar, pencurian atau pembobolan mobil sudah bukan hal yang asing lagi, Sahabat. Banyak orang yang ingin mencuri mobil, merampas piranti-piranti seperti kac