Logo Daihatsu
Menu

Tips Menggunakan Ban Serep Mobil & Cara Gantinya

Otomotif

2022-08-04

Tips Menggunakan Ban Serep Mobil & Cara Gantinya

Ban serep adalah jenis ban yang biasanya sudah disediakan oleh pabrik sebagai ban cadangan untuk setiap mobil yang dipasarkan.

Ban ini dapat Anda gunakan saat mobil mengalami beberapa masalah seperti ban mobil bocor, ban sobek ketika perjalanan, ataupun keadaan darurat lainnya. Berikut akan dibahas secara lengkap beberapa tips menggunakan ban serep dan cara menggantinya.

Cara Menggunakan Ban Serep yang Benar

Perlu Anda ketahui, bila Anda perhatikan dengan baik ternyata ban serep memiliki ukuran yang lebih kecil daripada ban asli bawaan pabrikan mobil.

Selain itu, ban cadangan juga memiliki berat yang lebih ringan karena ketebalan ban lebih tipis daripada ban asli atau ban normal mobil.

Biasanya ban serep disimpan di bagian bagasi. Namun, untuk model mobil tertentu, ada yang menyipannya di bagian kolong bawah mobil.

Desain ban serep yang lebih kecil tersebut didasari atas pertimbangan efisiensi penghematan ruang bagasi. Berikut adalah cara menggunakan ban serep yang benar. 

1. Perhatikan Ban Cadangan yang Akan Dipasang

Ketika terjadi kerusakan pada ban normal di tengah perjalanan, tentu Anda bisa menggunakan ban cadangan atau serep sebagai gantinya.

Namun penggunaan ban serep perlu Anda perhatikan karena memiliki keausan dan tapak yang berbeda dengan ban normal lainnya.

Anda tidak boleh menggunakannya secara terus-menerus untuk menggantikan fungsi ban normal, Anda harus tetap mengganti ban serep dengan ban normal yang baru dan sesuai spesifikasi mobil Anda.

Baca Juga : Hati-Hati!Tidak Bawa Ban Serep Kurungan Penjara Menanti

2. Hindari Kebut Ketika Berkendara

Apabila Anda sedang menggunakan ban serep ketika berkendara, sebaiknya hindari berkendara dengan ngebut atau lebih dari kecepatan 80 km per jam. 

3. Berkendara di Sisi Kiri

Pastikan Anda berkendara dengan mengambil jalur di sisi kiri, dan apabila Anda melawati jalan yang hanya memiliki satu arah maka pastikan Anda berada di jalur darurat agar bisa dilewati oleh pengemudi lainnya.

Nyalakan lampu hazard ketika berkendara di malam hari guna memberikan tanda kepada pengemudi lainnya bahwa Anda sedang mengemudi dengan tidak normal.

4. Tidak Mengemudi Terlalu Jauh

Pada saat menggunakan ban serep pastikan Anda membatasi jarak tempuh ketika mengemudi sehingga tidak merusak komponen mobil lainnya seperti roda gigi, plat kopling akibat tekanan dari ban serep.

Penggunaan ban serep juga dapat mempengaruhi sistem cornering, pengereman hingga mematikan kontrol traksi, hingga stabilitas kontrol elektronik. 

Cara Mengganti Ban Serep Mobil dengan Benar 

Setelah mengetahui cara menggunakan ban serep yang benar, berikut cara mengganti ban serep ketika ban mobil Anda mengalami bocor atau sobek.

1. Tepikan Mobil dan Pasang Tanda Peringatan Perbaikan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ketika mobil sedang butuh perbaikan adalah dengan menepikan mobil dan pasang tanda peringatan perbaikan.

2. Siapkan Peralatan

Matikan mesin mobil terlebih dahulu, dan siapkan peralatan perbaikan yang dibutuhkan seperti kunci roda, ban cadangan, dan dongkrak mobil.

Baca Juga : Tanda-Tanda Ban Mobil Harus Ganti Baru

3. Kendorkan Baut Ban

Selanjutnya lepas penutup baut apabila ada dengan obeng. Lalu kendorkan baut ban dengan kunci roda memutar berlawanan arah jarum jam atau bisa dengan cara memutar baut saling berseberangan. 

4. Pasang Dongkrak

Pasang dongkrak di sebelah ban yang akan diganti, pastikan dongkrak terpasang pada titik terbaik dengan posisi tegak. Lalu angkat ban dengan dongkrak hingga ban terangkat.

5. Buka Semua Baut Ban yang Bocor

Selanjutnya, buka baut ban yang bocor hingga lepas semuanya. Simpan baut yang sudah dilepas agar tidak hilang. Posisikan ban pada posisi tidur untuk menghindari menggelinding tiba-tiba.

6. Pasang Ban Serep dan Kencangkan Baut Ban

Pasang ban serep dengan pelan lalu goyangkan sedikit. Kemudian pasang baut secara berseberangan. Lalu turunkan dongkrak hingga ban tersentuh tanah. Lepas dongkrak dan kencangkan baut ban hingga terpasang dengan kuat.

7. Bereskan Semua Peralatan yang Digunakan

Setelah proses pemasangan ban serep selesai, bereskan semua peralatan ke tempat semula dan simpan kembali ban yang rusak.

Nah itulah beberapa tips mudah cara menggunakan ban serep mobil serta cara menggantinya. Jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan ban serep saat musim hujan tiba.

Jika Anda kesulitan mengganti, memasang, dan membersihkan ban serep, Anda bisa mencari bengkel Daihatsu terdekat agar dibantu oleh para teknisi.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengulas Cara Kerja Rem ABS pada Mobil Secara Detail

2021-01-14

Rem merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mengendalikan laju kendaraan roda empat. Maka dari itu, banyak perusa

thumbnail

Dampak Menahan Lapar Saat Macet

2020-11-18

Hidup di kota-kota besar membuat kamu terpaksa harus menghadapi macetnya jalanan setiap hari. Jika sudah macet, perasaan bosan dan kesal tentu akan muncul dengan sendiri

thumbnail

3 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kampas Rem Mobil Cepat Habis

2022-04-07

Fungsi rem pada kendaraan termasuk suatu komponen penting harus diperhatikan performanya, termasuk pada mobil. Kondisi kampas rem cepat habis bisa menjadi salah satu pen

thumbnail

Amankah Mobil Bekas Pakai Oli Mesin Encer?

2022-02-21

Memperhatikan kondisi mobil tetap terjaga dengan baik adalah hal yang paling penting untuk Anda lakukan. Khususnya pada