Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Yuk Mengenal Macam Macam Dongkrak Beserta Fungsinya
06 Desember 2020
fungsi dongkrak

Menjadi salah satu peralatan servis yang  memiliki peranan penting, dongkrak atau car jack sering digunakan untuk mempermudah pekerjaan teknisi di bengkel. Fungsi dongkrak sendiri yaitu mengangkat bagian bawah kendaraan agar lebih tinggi. 

Jika lazimnya dongkrak sering digunakan untuk kendaraan roda empat, kini car jack telah berkembang untuk berbagai moda transportasi lainnya. Simak ulasannya.

Fungsi Dongkrak

Fungsi utama dari car jack / dongkrak yaitu untuk mempermudah teknisi dengan cara mengangkat bagian berat suatu kendaraan roda empat. Biasanya dongkrak dimanfaatkan sebagai alat bantu penggantian ban.

Saat roda pada kendaraan kesayangan Anda mengalami kerusakan secara tiba tiba, maka Anda harus menggantinya dengan ban cadangan.

Proses penggunaan dongkrak tersebut dikenal dengan istilah jacking, yang merupakan sebuah tindakan untuk mengangkat atau menaikkan bagian tertentu mobil menjadi lebih tinggi dari posisi semula. 

Fungsi dongkrak satu ini tentunya sangat membantu para teknisi untuk melakukan pekerjaannya dengan mudah tanpa harus bersusah payah.

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Dongrak dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Cara Kerja Dongkrak

Untuk penggantian ini tentunya dibutuhkan sebuah alat yang mumpuni bernama dongkrak. Di mana cara kerjanya sendiri yaitu mengangkat posisi mobil menjadi lebih tinggi dari permukaan jalan. 

Sehingga ban yang mengalami kerusakan bisa diganti dengan mudah. Namun jika Anda tidak mampu melakukannya sendirian, maka satu satunya cara yaitu dengan membawa ke bengkel.

Cara kerja dongkrak mekanik yaitu meneruskan gaya dan memperbesarnya melalui roda gigi menuju batang gigi. Sementara pada dongkrak hidrolik memanfaatkan tekanan hidrolik yang dibangkitkan dari zat cair atau fluida.

Selain cara kerjanya yang berbeda, bentuk dari kedua dongkrak ini juga sangat berbeda. Di mana dongkrak hidrolik memiliki ciri khas menyerupai mulut buaya.

Baca juga: Hal yang Harus Dipahami Mengenai Penentuan Tekanan Ban Mobil

Macam-Macam Dongkrak

1. Dongkrak Ketupat / Jembatan

Sebagian orang menyebut car jack ini sebagai dongkrak ketupat atau dongkrak jembatan. Saat Anda membeli kendaraan roda empat baru, maka Anda akan diberikan dongkrak gunting. 

Hal ini dikarenakan dongkrak gunting merupakan sebuah peralatan stAndar yang harus ada di setiap kendaraan roda empat seperti mobil.

Untuk menggunakannya, Anda diperlukan memutar poros ulir searah jarum jam guna menaikkan bagian berat pada kendaraan. Sementara untuk menurunkannya, yaitu dengan memutar poros ulir berlawanan arah jarum jam. 

Karena ukurannya yang lebih kecil, sehingga sangat mudah untuk menyimpannya. Tak hanya itu saja perawatannya juga cukup mudah dibandingkan yang lainnya.

2. Dongkrak Botol 

Dongkrak botol mempunyai beberapa ukuran kapasitas pengangkatan beban. Mulai dari dua ton, lima ton, lima belas ton, dua puluh tujuh ton, hingga seratus ton. 

Berbagai ukuran kapasitas tersebut, mempermudah teknisi untuk melakukan pengangkatan terhadap kendaraan sesuai dengan bobot yang dimiliki. Dalam pengoperasiannya sendiri tidak membutuhkan tenaga yang banyak. 

Hal ini dikarenakan dongkrak botol memanfaatkan tenaga hidrolik dalam melakukan pengerjaannya. 

Baca juga: Cara Memilih Ban dengan Benar

3. Dongkrak Buaya

Ketika dioperasikan dongkrak satu ini memiliki bentuk layaknya mulut buaya yang sedang menganga. Karena hal tersebutlah, dongkrak ini dinamakan sebagai dongkrak buaya. Sama halnya dengan dongkrak botol.

Namun sayangnya, dongkrak buaya hanya mampu mengangkat beban antara 1,5 ton hingga 20 ton. Meskipun begitu, dongkrak buaya bisa dimanfaatkan di berbagai tempat. 

Misalnya saja di tempat yang memiliki permukaan miring ataupun tidak rata. Hal ini dikarenakan dongkrak buaya memiliki bentuk yang panjang dan empat roda. 

4. Dongkrak Botol Buaya

Merupakan perpaduan antara carjack buaya dengan botol. Bagian dari macam macam dongkrak ini mempunyai kapasitas pengangkatan yang besar sama halnya dengan dongkrak botol. 

Karena dilengkapi dengan dua roda di masing masing sisinya, sehingga memudahkan teknisi untuk digerakkan maupun dipindahkan di berbagai tempat. Peranannya yang sangat penting tersebut, membuat dongkrak menjadi peralatan wajib di setiap tempat servis maupun bengkel. 

Bahkan untuk kendaraan roda empat yang baru saja, telah dilengkapi dengan dongkrak guna membantu ketika terjadi suatu permasalahan di masa mendatang. Berbagai macamnya tersebut sebenarnya memiliki satu fungsi yang sama yaitu mempermudah teknisi. 

Baca juga: 5 Jenis Ban Mobil yang Ada di Pasaran

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku