Logo Daihatsu
Menu

Ban Tubeless Mobil Bocor? Inilah Cara Menambal yang Benar

Otomotif

2022-07-25

cara menambal ban tubeless mobil yang benar

Ban mobil bocor bisa terjadi kapan saja. Lantas, bagaimana cara menambal ban tubeless? Langkahnya sangat mudah. Namun, Anda wajib mengetahuinya untuk mengatasi ban mobil bocor yang datang tiba-tiba. Apalagi di perkotaan yang paku bekas sering kali ada di pinggir jalan.

Anda tidak perlu khawatir atau panik dengan kebocoran ban mobil Anda. Apalagi jika ban mobil Anda tipikal ban tubeless, cara mengganti ban mobil hingga menambal sangat mudah dan bisa Anda lakukan secara mandiri.

Jenis Kasus Ban Bocor

Kebocoran ban mobil ada beberapa jenis. Jenis yang pertama adalah yang mendadak membuat ban kempes dalam waktu singkat.

Jika hal ini terjadi, langkah pertama yang dilakukan saat akan menambal ban yaitu segera cari tempat untuk menepi atau mencari tukang tambal ban terdekat.

Jenis kebocoran yang kedua biasanya disebut dengan bocor halus. Kebocoran seperti ini biasanya tidak disadari. Tahu-tahu ketiga pagi hari, Anda baru menyadari bahwa angin ban mobil Anda tiba-tiba habis.

Untuk kasus bocor halus, Anda bisa lebih siap dalam menambal ban tubeless sendiri karena biasanya di rumah tersedia banyak peralatan seperti obeng, tank, dongkrak, tubeless kit, dan sejenisnya.

Baca Juga : Kriteria Ban Bekas Tambalan yang Berbahaya, Segera Ganti Ban Mobil!

Cara Menambal Ban Tubeless Mobil

Bagi Anda yang membaca artikel ini dan sedang mengalami kebocoran ban mobil tanpa persiapan, Anda sebaiknya mencari bengkel terdekat.

Cara menambal ban tubeless berikut ini membutuhkan beberapa persiapan yang bisa jadi Anda belum mempersiapkannya.

1. Menyiapkan Peralatan

Ada beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan untuk proses tambal ban tubeless, antara lain:

  • Dongkrak,
  • Kompresor portabel,
  • Tank,
  • Tubeless kit,
  • Kuas,
  • Bak berisi air sabun,
  • dan alat tes tekanan ban.

Untuk tubeless kit di pasaran biasanya dijual sekitar 17 ribu rupiah. Ada juga yang lebih mahal dari itu tergantung merk dan kualitasnya.

2. Mencari Titik Kebocoran

Langkah selanjutnya adalah mencari titik kebocoran. Dalam langkah ini, Anda perlu mendongkrak mobil Anda dan mencari apakah ada paku yang menancap pada ban mobil Anda. Anda harus mencarinya dengan teliti karena kadang terlihat samar.

Jika Anda sudah menemukan titik kebocorannya, Anda bisa memuas air sabun pada area kebocoran tersebut. Gelembung air sabun yang keluar dari area tersebut menunjukkan bahwa memang ada udara yang bocor dari sana.

3. Membersihkan Bagian Ban yang Bocor

Untuk mempermudah proses penambalan ban bocor, Anda bisa menggunakan obeng bawaan tubeless kit. Lubangi bagian ban yang bocor dengan alat tersebut hingga lubang menjadi rapi. Tujuannya tentu saja agar tambalan ban tubeless nantinya merekat dengan baik.

Baca Juga : Tanda-tanda Ban Mobil Harus Ganti Baru

4. Proses Penambalan Ban Tubeless

Setelah lubang tersebut rapi, ambil karet pada tubeless kit tersebut lalu masukkan pada lubang obeng yang memiliki lubang dekat ujungnya.

Tarik karet hingga lubang obeng berada di tengah-tengah karet tubeless. Kemudian tambahkan lem bawaan tubeless kit pada karet tersebut agar tambalan merekat dengan kuat.

Masukkan obeng yang tertempel karet tubeless ke dalam lubang ban yang bocor. Tarik dengan cepat sehingga karet tertinggal di ban dan obeng bisa keluar dari lubang tanpa menyisakan karet.

Gunting bagian karet yang tersisa di luar ban untuk merapikan tampilan ban. Beberapa orang lebih suka membiarkan karet tersebut dan rapi sendiri ketika tergores aspal di jalanan.

5. Cek Apakah Masih Ada Angin yang Keluar

Pompa ban mobil dengan kompresor portabel yang sudah Anda siapkan. Isi hingga sesuai tekanan rekomendasi dari ban mobil.

Cek kembali bagian tambalan tersebut dengan menguas bagian tersebut dengan air sabun. Jika tidak ada gelembung air sabun yang muncul, artinya tambalan Anda sudah sesuai.

Biar beberapa saat, lalu cek kembali tekanan ban Anda dengan alat cek tekanan ban. Apakah tekanan masih sama atau berkurang jauh. Normalnya, jika tambalan sudah benar, tekanan akan sama dan tidak berkurang.

Itulah cara menambal ban tubeless mobil yang benar secara mandiri. Jika Anda kesusahan untuk melakukannya sendiri, Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu terdekat untuk proses penambalan ban tubeless.

Selain itu, kelebihan membawa ke bengkel adalah Anda juga bisa mengecek mobil Anda secara menyeluruh untuk mendapatkan wawasan performa mobil yang prima.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bahaya Kerusakan Mesin, Ini Waktu yang Tepat untuk Ganti Filter Oli Mobil

2020-11-22

Filter oli merupakan satu komponen yang tak kalah penting dari

thumbnail

Fungsi Katup Masuk dan Katup Buang pada Mobil, Cara Kerja dan Perbedaannya

2023-10-03

Fungsi katup buang dan katup masuk sangat erat kaitannya dengan kinerja mesin. Apabila kedua katup ini bermasalah, maka pembakaran bahan bakar tidak akan maksimal. K

thumbnail

Kenali Cat Mobil yang Bagus dan Cara Menggunakannya

2023-10-30

Pergantian cuaca, serta lamanya penggunaan mobil dapat menyebabkan cat mobil menjadi kusam dan baret. Kondisi tersebut tentunya membuat mobil kurang menarik untuk di

thumbnail

Ini Bedanya Header Knalpot Racing dan Knalpot Bawaan Mobil

2022-06-26

Biasanya banyak orang yang mengganti header knalpot racing dengan knalpot bawaan untuk bisa meningkatkan performa mobil. Namun terkadang masih ada yang belum mengetahui