Logo Daihatsu
Menu

Kriteria Ban Bekas Tambalan yang Berbahaya, Segera Ganti Ban Mobil!

Otomotif

2022-07-06

Kriteria Ban Bekas Tambalan yang Berbahaya

Ban bekas merupakan salah satu alternatif yang lebih terjangkau dibandingkan membeli yang baru. Meski begitu ban bekas ini lebih beresiko mengalami kebocoran dan sering dilakukan penambalan untuk mengatasinya. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya Anda waspada pada beberapa kriteria ban bekas tambalan yang berbahaya demi keselamatan Anda sendiri.

Setidaknya ada sekitar 5 kriteria yang bisa Anda jadikan indikator bila ban bekas tambalan memang berbahaya dan harus segera diganti. Adapun kriteria tersebut juga cukup mudah dikenali dan dilihat asalkan Anda mau memberi sedikit perhatian pada kondisi kendaraan yang dimiliki.

Kriteria Ban Bekas Tambalan yang Berbahaya, Segera Diganti Ban Mobil!

Ban baik itu yang baru maupun bekas merupakan salah satu komponen utama yang sangat penting untuk mobil. Untuk itulah Anda harus memperhatikannya terutama bila ban tersebut bekas dan memiliki tambalan dengan kriteria berikut:

1. Sudah Terlalu Sering Ditambal

Ban seringkali bergesekan secara langsung dengan permukaan jalan ataupun benda asing. Apalagi ban bekas sendiri umumnya baik ketebalan maupun daya tahannya sudah berkurang dibandingkan dengan yang baru. Itulah yang membuat ban sangat mudah mengalami kebocoran. Adapun untuk memperbaikinya bisa dengan cara ditambal.

Namun bila jumlah tambalan sudah terlalu banyak dan Anda juga terlalu sering menambal akan lebih baik jika diganti saja. Hal ini karena semakin banyak jumlah tambalannya artinya kekuatan ban juga akan terus berkurang dan bisa jadi akan berbahaya jika dibiarkan begitu saja. 

2. Muncul Benjolan di Ban

Seiring penggunaannya bagian dalam maupun luar ban dari ban bekas akan semakin lemah. Meskipun hal tersebut tidak pasti dan selalu terjadi namun kadang kala akan timbul benjolan di arena kembangan atau dinding. 

Adapun untuk penyebab munculnya benjolan itu sendiri adalah terlalu sering ditambal. Jika dibiarkan maka seiring berjalannya waktu akan muncul benjolan di telapak dan dinding ban. Jika  sudah seperti ini artinya Anda harus waspada karena bisa membahayakan keselamatan jika tetap digunakan. 

3. Retakan Ban

Kriteria ban bekas tambalan yang berbahaya selanjutnya adalah adanya retakan yang sangat. Retakan ini sendiri biasanya terjadi di bagian dinding ban bekas yang sudah terlalu sering ditambal. Apalagi jika ban bekas tersebut memiliki kualitas jelek maka bisa jadi retakan akan semakin parah dan berbahaya. 

Jika sudah begitu Anda tidak boleh mengabaikannya. Hal ini karena bisa menyebabkan kebocoran dan bahkan ban bisa meletus sewaktu-waktu. Oleh karena itu jika Anda melihat adanya keretakan pada ban bekas tambalan akan lebih bijak jika segera menggantinya saja.

4. Kembang Ban Menipis

Perlu Anda tahu jika ban bekas tambalan sudah botak parah  atau aus mempunyai pengaruh yang sangat besar pada pengendalian dan pengeraman. Oleh karena itu kembangan ban ini mempunyai pengaruh yang besar pula pada keselamatan Anda.

Jadi saat Anda sedang memacu mobil dengan kecepatan tinggi atau  karena jalanan licin ban bisa bekerja dengan baik. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan kembangan ban ini. Apabila memang masih tampak tebal dan utuh maka masih aman. Sebaliknya bila sudah tipis sebaiknya segera ganti.

5. Usia Ban Sudah Tua

Pada umumnya ban memiliki usia penggunaan. Jadi meskipun ban bekas tambalan yang Anda gunakan masih tebal dan bagus tetap saja bisa berbahaya jika usianya sudah lama. 

Hal ini karena pada usia tertentu kualitas karet pada ban akan mengalami penurunan. Jika sudah begini otomatis akan berpengaruh pada performa ban. Oleh karena itu biayanya pihak produsen akan merekomendasikan penggunaan ban selama 6 hingga 10 tahun. 

Namun hal itu berlaku jika ban digunakan pada penggunaan yang normal dan tidak sering mengalami masalah seperti bocor dan lain sebagainya. 

Itulah beberapa kriteria atau kondisi ban mobil terutama ban bekas tambalan yang berbahaya dan harus segera  diganti yang wajib Anda tahu. Adapun untuk melakukan penggantian ban mobil ini sebaiknya dilakukan di bengkel yang terpercaya seperti bengkel Daihatsu.

Kami tak hanya menyediakan ban yang berkualitas saja namun kamu juga memiliki teknisi yang handal dan pastinya ahli dibidang ini. Dengan begitu proses pergantian ban bisa berjalan dengan lancar. Jadi apabila Anda sudah menemui kriteria ban bekas tambalan yang berbahaya segera saja hubungi kami atau bisa juga mengunjungi laman website ini untuk info selengkapnya.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tanda-tanda Freon AC Mobil Minta Diganti

2022-04-28

Setiap tempat yang terdapat AC akan terasa dingin dan sejuk. Bahkan saat ini semua jenis mobil memiliki AC agar tetap dingin dan nyaman saat berkendara. Udara yang menja

thumbnail

Tips Aman Mengganti Kaca Film Bagian Defogger

2022-01-20

Kaca film pada mobil penting untuk menghindari paparan panas matahari dan silau cahayanya. Cara ganti kaca film bagian defogger harus berhati-hati agar tidak rusak.

thumbnail

Tips Berkendara di Jalan Berkabut Agar Aman dan Selamat

2021-01-06

Tips berkendara di jalan berkabut adalah hal yang perlu diketahui, jika nanti terpaksa melewati jalan berkabut. Mengetahui hal itu bikin kita lebih siap saat melewati ja

thumbnail

Ban Tubeless Mobil Bocor? Inilah Cara Menambal yang Benar

2022-07-25

Ban mobil bocor bisa terjadi kapan saja. Lantas, bagaimana cara menambal ban tubeless? Langkahnya sangat mudah. Namun, Anda wajib mengetahuinya untuk mengatasi ban mobil bocor yang datang tiba-tiba