Logo Daihatsu
Menu

Manfaat Membersihkan Ban Serep Saat Musin Hujan

Otomotif

2021-12-30

membersihkan ban serep saat musim hujan

Curah hujan semakin tidak menentu, bahkan terkadang sampai menyebabkan banjir. Kemungkinan juga bisa terjebak hujan di perjalanan. Maka dari itu, Anda harus membersihkan ban serep saat musim hujan setelah sampai di rumah.

Mengapa demikian? Sebaiknya Anda ketahui apa saja manfaat membersihkan ban saat musim hujan. Apalagi air hujan bisa menyebabkan berbagai masalah pada ban mobil.

Apa Saja Manfaat Membersihkan Ban Serep Saat Musim Hujan?

Nyatanya cara membersihkan ban mobil saat musim hujan cukup mudah. Hanya perlu menyiramnya dengan air bersih. Namun, terkadang hal ini terlalu malas untuk dilakukan, akhirnya membiarkannya begitu saja.

Padahal air hujan yang menggenang terlalu lama bisa membuat ban mobil berkarat. Hal itu karena zat asam yang ada dalam kandungannya. Ketahui manfaat membersihkan mobil saat musim hujan berikut agar tidak malas untuk melakukannya.

Mengetahui Adanya Kerusakan

Saat akan membersihkan ban mobil, tentunya Anda akan memeriksanya terlebih dahulu. Dengan begitu, akan tahu apakah ada yang rusak atau tidak pada bagiannya. Apalagi risiko ini cukup besar bisa terjadi.

Hal itu karena saat berkendara di tengah hujan, kendali terhadap jalan lebih minim. Jadi, sulit untuk menghindari jalan berlubang atau berbatu, sehingga menimbulkan risiko kerusakan.

Saat memeriksa ban, Anda juga bisa mengetahui benda-benda yang tersangkut dan bisa membersihkannya. Dengan begitu, tidak akan ada yang menghambat kinerja ban mobil saat dikendarai kembali nanti.

Bisa Terhindar dari Karatan

Bahan ban mobil tidak sepenuhnya dari karet, karena ada bagian yang terbuat dari kawat baja. Tentunya bagian tersebut bisa membuat ban mengalami korosi. Terutama jika terdapat air hujan yang mengendap di sela-sela baja kawannya.

Maka dari itu, selalu lakukan  pembersihan ketika Anda selesai berkendara di waktu hujan. Jadi, bagaimana cara melakukan pembersihan yang tepat untuk meminimalisir adanya masalah ini?

Dongkrak ban mobil agar bisa penyiramannya dengan air bersih lebih merata dan sempurna. Anda bisa menggunakan selang sebagai alatnya. Dengan begitu, bisa lebih menjangkau celah-celah kecilnya.

Selain itu, Anda juga bisa membersihkannya dengan soda kue yang sudah dicampurkan ke sampo mobil. Ukuran sodanya cukup 1 sendok saja untuk membersihkan ban mobil.

Cuci dengan itu, baru kemudian bilas. Manfaat soda bisa menetralisir garam sehingga ban akan terhindar dari korosi. Saat terlanjur ada karat pada bagiannya pun, bahan ini juga ampuh.

Mengetahui Besar Retakan pada Ban

Saat mengendarai mobil saat musim hujan tidak menutup kemungkinan ban akan retak. Hal itu jika air hujan yang terendam atau adanya lumpur, kemudian terkena sinar matahari.

Apalagi sinar matahari termasuk penghasil gas Ozone atau 03. Jadi, sebaiknya langsung Anda cuci bagian ban mobil saat terkena air hujan. Dengan begitu, ban tidak akan mudah retak dan tidak harus diganti.

Terhindar dari Objek Tersembunyi

Saat melewati area yang tergenang air hujan, tentu tidak bisa mengetahui ada benda apa di jalan tersebut. Jika terdapat paku atau benda tajam lainnya, maka cukup berbahaya.

Maka dari itu, tidak heran jika nantinya ban mobil akan terdapat objek tersembunyi menempel. Jadi, hendaknya cek setiap bagian bannya dan lakukan pembersihan. Tujuannya untuk memastikan apakah ada kebocoran atau tidak.

Mobil Daihatsu menawarkan spesifikasi dan performa yang unggul. Ketahanannya saat musim hujan pun bisa diandalkan. So, Anda bisa memilih jenis ini jika tidak ingin kecewa. Selain itu, bisa lebih mudah membersihkan ban serep saat musim hujan.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mitos atau Fakta: Rem Blong pada Mobil Matic Lebih Rawan Terjadi? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya!

2021-12-30

Mobil matic masih menjadi primadona bagi sebagian pengendara, terutama yang menginginkan kemudahan tanpa merasakan ribet memindah persneling setiap ingin mengganti kecep

thumbnail

Hati-hati, Efek Buruk Ini Bisa Terjadi Saat Stang Piston Mobil Bengkok

2021-12-30

Mobil bisa dikendarai dengan aman dan nyaman saat semua komponennya bisa berfungsi dengan baik. Namun apa jadinya jika salah satu komponen tersebut  mengalami kerus

thumbnail

Apa Saja Perbedaan Premium, Pertalite dan Pertamax?

2021-12-30

Di Indonesia terdapat beberapa bahan bakar yang bisa digunakan untuk kendaraan bermotor. Bahan bakar tersebut meliputi pertalite, premium, hingga pertamax. Ketiga bahan bakar tersebut memiliki kara

thumbnail

5 Hal yang Menyebabkan Asap Mobil Pedih di Mata

2021-12-30

Sistem pembakaran mobil merupakan salah satu hal penting yang menjadi indikator kesehatan mesin. Biasanya, sahabat harus mulai waspada jika sistem pembakaran bermasalah.