Logo Daihatsu
Menu

Ciri-Ciri Filter AC Mobil Harus Diganti & Cara Membersikannya

Otomotif

2022-08-05

Ciri-Ciri Filter AC Mobil Harus Diganti & Cara Membersikannya

Memasang filter AC sangat diperlukan bagi pemilik kendaraan roda empat. Filter AC pada mobil mempunyai fungsi sebagai pendingin sekaligus penyaring debu atau udara kotor di dalam kendaraan.

Namun, banyak pemilik mobil yang tidak menyepelekan fungsi dari filter AC ini. Padahal filter AC ini harus diganti setelah mobil berjalan lebih dari 10.000 km.

Lantas, apa ciri-ciri filter AC mobil harus diganti? kapan dan berapa lama harus ganti? dan bagaimana cara membersihkannya? Simak informasi dibawah ini.

Tanda-Tanda Filter AC Mobil Harus Diganti

Sebelumnya kita sudah membahas tanda-tanda freon AC mobil minta diganti. Selain freon AC pemilik kendaraan roda empat juga harus melakukan pemeriksaan pada filter AC.

Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui apakah filter AC masih bagus atau perlu diganti.

Manfaat ganti filter AC mobil ini salah satunya udara yang ada didalam mobil menjadi lebih sehat dan bersih, berikut ini tanda dan ciri filter AC dalam kendaraan roda empat harus diganti.

1. Banyaknya Debu yang Menempel Pada Interior

Ciri-ciri pertama yang bisa Anda kenali adalah adanya banyak debu yang menempel pada interior mobil dan AC.

Meskipun penggunaan AC di dalam mobil selalu dinyalakan dalam keadaan pintu mobil tertutup, bukan berarti debu atau udara kotor tidak dapat menumpuk di dalam interior mobil. Anda harus selalu mengawasi kondisi filter AC Anda. 

Apabila filter udara sudah tidak bisa menampung banyak debu di sela-sela filter maka tandanya Anda harus segera mengganti filter AC. Cara lainnya, Anda juga bisa memperhatikan warna filter AC.

Rata-rata filter AC berwarna putih. Apabila filter AC sudah berubah warna menjadi gelap atau hitam kecokelatan maka saatnya Anda perlu melakukan proses penggantian filter.

Baca Juga : Macam-macam Filter Udara yang Dipakai oleh Mobil

2. Mobil Mengeluarkan Bau Tak Sedap Ketika AC Dinyalakan

Anda pasti pernah mengalami kejadian mencium bau tak sedap ketika mengendarai mobil padahal AC mobil sudah dinyalakan.

Apabila Anda mengalami kondisi tersebut maka perlu diwaspadai filter AC Anda sudah kotor dan harus segera diganti. 

Filter yang kotor tidak akan dapat menyerap debu atau udara yang kotor dengan baik karena saluran filter sudah mengalami sumbatan yang diakibatkan banyaknya kotoran udara atau debu yang menempel di sela-sela filter.

Akibatnya timbul bakteri yang menyebabkan mobil mengeluarkan aroma yang kurang sedap ketika AC dinyalakan. Hal tersebut tentu mengurangi kenyamanan Anda saat berkendara di dalam mobil.

3. AC Kurang Dingin

Evaporator AC bekerja sebagai pendingin di mobil. Namun, seringkali udara di dalam mobil terasa kurang dingin bahkan gerah meskipun AC mobil sudah dinyalakan pada suhu yang lebih dingin.

Hal tersebut terjadi karena adanya sumbatan yang diakibatkan oleh banyaknya debu yang menempel pada filter, sehingga flow angin yang dihembuskan AC menjadi kurang maksimal.

Bila Anda mengalami hal tersebut sebaiknya Anda segera cuci filter AC menggunakan deterjen hingga bersih atau ganti dengan filter yang baru.

Cara Membersihkan Filter AC Mobil

Setelah mengenali ciri-ciri kapan filter AC harus diganti. Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk membersihkan filter AC sebagai langkah-langkah perawatan filter AC sejak dini. 

1. Buka Bagian Laci Dashboard Mobil

Langkah pertama, Anda buka bagian laci dashboard mobil dan usahakan membukanya dengan hati-hati agar laci tidak patah dan rusak.

Baca Juga : Penyebab Air Buangan AC Mobil Masuk Ke Dalam Kabin

2. Buka Bagian Box Filter AC

Selanjutnya tekan knop pengunci box, lalu keluarkan filter dari tempatnya secara pelan-pelan agar debu tidak jatuh berserakan di dalam mobil.

3. Bersihkan Filter AC

Anda dapat mencuci filter AC dengan deterjen, namun perhatikan jenis filter terbelih dahulu karena tidak semua filter AC dapat dicuci.

Anda dapat menggunakan cara lainnya seperti menggunakan kuas, vacuum cleaner, hingga compressor untuk membersihkannya.

4. Pasang Filter Seperti Semula

Setelah filter Anda bersihkan, Anda dapat memasang filter ke posisi semula. Anda juga bisa menambahkan pewangi supaya udara didalam mobil menjadi lebih segar.

Sangat mudah bukan? Pastikan Anda membersihkan filter AC mobil secara rutin dan ganti filter jika kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi agar udara di dalam mobil tetap dingin dan sejuk.

Jika Anda tidak sempat atau kesusahan membersihkan filter AC pada kendaraan secara rutin, Anda bisa membawanya ke dealer Daihatsu terdekat untuk ditangani oleh para teknisi yang berpengalaman.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengulik 5 Sistem Pengapian Mobil Beserta Fungsi Komponen Pentingnya

2021-01-14

Agar mobil dapat menyala, maka mesin dibuat dengan menyertakan ruang pengapian. Tujuannya agar terjadinya pembakaran yang akan menghasilkan tenaga pergerakan. Mungkin se

thumbnail

Begini Cara Perbaiki Aki Basah yang Mati Total serta Kelebihannya

2020-12-15

Cara perbaiki aki basah yang mati total adalah hal yang dibutuhkan, agar kita bisa mendapatkan manfaat dari aki basah itu sendiri. Kalau Sahabat belum mengetahui cara te

thumbnail

Alat Transportasi Masa Lalu yang Sempat Digunakan di Indonesia

2021-01-05

Alat transportasi masa lalu adalah kendaraan yang pernah menjadi andalan di masanya. Setiap negara pasti punya alat transportasi masa lalunya sendiri, termasuk Indonesia

thumbnail

Penyebab Rem Tangan Mobil Macet dan Cara Mengatasinya

2020-12-08

Rem tangan mobil adalah bagian yang cukup penting dari sebuah mobil. Dimana tanpa bagian tersebut, sistem pengereman mobil tidak akan terjadi secara maksimal. Bahkan rem