Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Air Buangan AC Mobil Masuk Ke Dalam Kabin

Otomotif

2022-05-06

air ac mobil masuk ke kabin

Air yang keluar dari Ac mobil biasanya dibuang melalui saluran pembuangan yang nantinya keluar melalui kolong mobil. Jangan heran jika terdapat bekas tetesan air yang ada di kolong mobil Anda. Hal seperti ini memang wajar terjadi, justru jika tidak menetes di kolong mobil maka bisa saja mengalami masalah.

Namun apa jadinya jika air buangan Ac mobil masuk kabin? Tentunya hal seperti ini menjadi pertanda bahwa terdapat masalah tertentu. Sehingga pembuangan air AC tidak melalui kolong mobil, justru lewat kabin.

Ketahui Apa Penyebab Air Buangan AC Mobil Masuk Kabin

Masalah air buangan yang masuk ke kabin mobil memang bisa saja terjadi saat terdapat bagian yang tersumbat. Jika tidak segera diperbaiki, maka air buangan AC ini bisa saja merusak komponen mobil Anda. Sudah seharusnya Anda mengetahui apa saja penyebabnya berikut ini.

Terdapat Kotoran dan Debu di Ruang Blower

Hal yang menyebabkan air buangan AC mobil masuk kabin adalah terdapat kotoran dan juga debu pada bagian blower. Debu dan kotoran yang menumpuk inilah yang membuat selang pembuangan menjadi tersumbat dan tertampung di ruang blower. Nantinya air yang semakin penuh akan keluar dari ruang blower dan menetes ke dalam kabin mobil.

Agar hal seperti ini tidak terjadi kembali, maka bersihkan ruang blower dan selang pembuangan secara rutin. Untuk membersihkannya bisa dilakukan minimal 1 tahun sekali apabila mobil terus digunakan. Jika tidak pernah dibersihkan, tak hanya masalah air buangan AC masuk mobil saja, melainkan dapat menimbulkan masalah lain yang lebih parah.

Kerusakan Akibat Ulah Tikus

Siapa sangka ulah tikus juga bisa menjadi penyebab air buangan AC mobil bisa masuk ke dalam kabin. Hal seperti ini bisa terjadi apabila tikus memakan busa yang ada di dumper sirkulasi udara pada bagian luar.

Nantinya potongan busa dapat terhisap blower dan masuk ke evap. Potongan busa inilah yang bisa menyebabkan saluran buangan air menjadi tersumbat dan menjadikan air buangan Ac masuk ke kabin. Namun ini bisa berlaku apabila AC mobil tidak dilengkapi dengan filter evap.

Sistem AC Bermasalah

Penyebab terakhir yang bisa membuat air buangan AC mobil Anda masuk ke dalam kabin karena adanya masalah di sistem AC. Masalah pada sistem AC cukuplah banyak, seperti AC yang mengalami frozen (frost), atau terjadinya pembekuan yang memunculkan bunga es pada pipa AC atau evaporator.  

Akibat munculnya bunga es ini dapat meningkatkan jumlah dan juga volume air Ac yang perlu dibuang keluar. Apabila jumlah air yang dihasilkan karena frost lebih banyak dibandingkan dengan air yang harus keluar melalui drain hose AC. Sudah pasti menyebabkan air mengalir keluar dari box evaporator kemudian menetes ke kabin mobil Anda.

Itulah beberapa penyebab air buangan Ac mobil masuk kabin. Saat Anda mengalami kondisi seperti ini, akan lebih baik mencari teknisi Ac mobil yang berpengalaman. Ini dilakukan agar mendapatkan penanganan yang tepat dan mengetahui penyebab air buangan Ac bisa masuk ke kabin secara jelas.

Anda juga bisa menghubungi layanan Daihatsu untuk memperbaiki AC mobil Anda. Sudah pasti mobil Anda akan ditangani oleh orang yang berpengalaman dan profesional dalam bidangnya.  Ketahui lebih detail mengenai perawatan mobil dan informasi lengkap lainnya dari kami. Baca ulasan kami seputar otomotif khususnya mobil Daihatsu.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

5 Cara Menghilangkan Baret Kasar Pada Kaca Mobil

2022-05-06

Pada beberapa kondisi, kita mungkin tidak begitu beruntung dan mengalami sedikit insiden yang menyebabkan baret kasar pada kaca mobil. Baret kasar pada permukaan kaca mo

thumbnail
New

7 Tips Ganti Knalpot Mobil yang Aman dan Tahan Lama

2022-05-06

Penggantian knalpot mobil sering kali dipilih seseorang yang ingin melakukan modifikasi kendaraannya. Komponen knalpot adalah salah satu komponen yang paling sering dan

thumbnail
New

Berikut Penyebab Mobil Susah Hidup Di Pagi Hari

2022-05-06

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memanaskan mobil sebelum melaju di jalanan. Namun kadang kala mesin kendaraan tidak mau menyala secara langsung. 

thumbnail
New

Hindari Kerusakan, Berikut 4 Cara Menyetel Wiper Mobil yang Benar

2022-05-06

Wiper merupakan komponen mobil yang memerlukan perawatan dan penyetelan dengan benar. Kedua hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar komponen wiper dapat menjang