Logo Daihatsu
Menu

Tanda-tanda Freon AC Mobil Minta Diganti

Otomotif

2022-04-28

Freon AC Mobil Diganti

Setiap tempat yang terdapat AC akan terasa dingin dan sejuk. Bahkan saat ini semua jenis mobil memiliki AC agar tetap dingin dan nyaman saat berkendara. Udara yang menjadi sejuk dan dingin ini bisa terjadi karena adanya freon pada sistem AC. Peran freon memang penting, karena berfungsi sebagai sumber pendingin udara pada ventilasi AC.

Apabila freon pada sistem AC ini mengalami kerusakan ataupun sudah habis. Maka bisa dipastikan AC yang  Anda gunakan tidak lagi terasa dingin dan sejuk. Freon yang sudah habis ini bisa kembali berfungsi dengan baik apabila freon AC mobil diganti. Untuk mengetahui apakah freon sudah habis atau belum, maka Anda harus tahu apa saja tandanya.

Ketahui 4 Pertanda Freon AC Mobil Diganti Berikut!

Salah satu ciri-ciri dari freon mobil yang habis dan yang paling menonjol adalah udara tidak lagi terasa dingin. Namun selain hal tersebut, masih banyak lagi tanda yang harus Anda ketahui untuk memastikan apakah freon pada mobil masih ada atau sudah habis. 

Tenang saja, Anda bisa mengetahui hal tersebut melalui ulasan yang ada di bawah ini.

1. Tidak Terasa Dingin dan Hanya Keluar Angin

Pada saat menyalakan AC pastinya akan terasa udara yang dingin dan sejuk. Namun apa jadinya jika AC yang dinyalakan tidak terasa dingin dan hanya keluar angin saja? Bisa dipastikan bahwa AC mobil Anda terdapat masalah tertentu. Bisa saja AC mengalami kerusakan ataupun freonnya sudah habis.

Hal yang membedakan adanya kerusakan pada AC atau hanya kehabisan freon bisa dengan mudah dideteksi. Apabila kehabisan freon, maka semua sistem AC tetap bisa berfungsi secara normal. Akan tetapi jika terdapat masalah tertentu, bisa saja terdapat bagian AC tertentu yang tidak berfungsi dengan baik.

2. Saat AC Menyala Kompresor Tidak Berhenti Bekerja

Sistem AC yang tidak mengalami kerusakan, biasanya ketika saklar AC dinyalakan maka magnet clutch akan terus terhubung. Akan tetapi magnetic clutch bisa terbebas dalam interval waktu tertentu pada saat tekanan freonnya sudah maksimal. Selain itu, Anda juga akan sering mendengar suara ketukan dari ruang mesin saat AC dinyalakan.

Ketika Anda menemukan kondisi magnetic clutch yang sejak awal AC dinyalakan tetap tersambung dengan baik. Maka bisa menjadi pertanda bahwa freon mobil sudah habis. Pada saat hal tersebut terjadi, freon AC mobil diganti dengan yang baru. Dengan begitu, AC mobil bisa kembali mengeluarkan udara yang dingin dan sejuk.

3. Pada Selang Low Pressure AC Tidak Terdapat Embun

Selanjutnya pertanda freon mobil sudah habis bisa Anda cek melalui selang low pressure pada AC. Terdapat 2 selang dari kompresor, yaitu selang high pressure yang memiliki bentuk lebih kecil dan mengarah dari kompresor menuju kondensor. Sedangkan selang lain yang memiliki bentuk lebih besar mengarah dari evaporator menuju kompresor adalah selang low pressure.

Anda hanya perlu mengecek bagian selang low pressure-nya. Pada keadaan normal, selang ini terdapat embun. Namun jika tidak ada embun dan terasa saat diraba tidak terasa dingin. Bisa dipastikan bahwa freon pada mobil Anda sudah habis.

Itulah beberapa tanda yang perlu Anda ketahui untuk mengecek freon mobil yang sudah habis atau belum. Jika sudah habis, maka freon AC mobil diganti dengan baru agar bisa kembali digunakan. Mari membaca artikel otomotif bermanfaat lainnya disini!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Istilah Dilarang Parkir, Tanda sampai Aturan yang Berlaku

2022-04-28

Tak dapat dipungkiri, lama-kelamaan ruas jalan saat ini semakin sesak dipenuhi kendaraan pribadi. Hal itu dipicu oleh meningkatnya jumlah kepemilikan kendaraan. 

thumbnail

Mengenal 3 Jenis Dongrak dan Bagaiman Cara Menggunakannya

2022-04-28

Setiap mobil wajib memiliki dongkrak, karena alat satu ini dapat membantu sang pemilik mobil untuk mengganti ban kendaraan yang kempes atau terjadi kebocoran. Saat ini,

thumbnail

Bukan Cuma Nama, Ini Beberapa Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak!

2022-04-28

Hampir seluruh masyarakat tanah air telah memiliki kendaraan pribadi untuk memudahkan pekerjaan hariannya. Meski seringkali mengendarainya, tidak banyak pula yang memaha

thumbnail

Bumper Mobil Renggang? Tanpa Ke Body Repair, Begini Cara Mudah Memperbaiki

2022-04-28

Kendaraan roda empat memiliki pelindung body di bagian depan atau belakang yang dikenal dengan nama bumper. Fungsi bumper ini tak hanya sebagai pelindung, tetapi juga be