Logo Daihatsu
Menu

7 Hal yang Harus Diterapkan Jika Ingin Memulai Hobi Membaca Buku

Tips & Trick

2020-11-24

hobi membaca

Pasti Sahabat percaya dong, kalau buku merupakan sumber dari ilmu pengetahuan? Yups, dengan membaca buku, wawasan kamu akan semakin bertambah. Makanya nggak heran, kalau para inspirator berpendapat kalau kunci mereka sukses adalah hobi membaca buku.

Tips Memulai Hobi Membaca Buku

Memang sih nggak mudah kegiatan membaca buku dijadikan sebagai hobi. Tapi nggak ada salahnya juga kalau kamu ingin mencoba. Nah, buat kamu yang ingin memulai hobi membaca buku, kamu harus terapkan hal-hal berikut ini!

1. Baca Buku Fiksi

Hal yang harus dilakukan pertama adalah dengan membaca buku fiksi terlebih dahulu. Buku fiksi merupakan buku yang isinya tentang cerita imajinatif. Biasanya ide dari buku tersebut berupa khayalan dari si penulis. Jadi, buat kamu yang ingin memulai hobi membaca buku, coba deh untuk membaca buku terlebih dahulu.

Karena, setiap orang pasti suka sekali dengan cerita. Nah, buku yang tidak akan membuat kamu merasa bosan adalah buku fiksi. Jika kamu terus menerus membaca buku fiksi akan ada kemungkinan untuk mengganti genre dari buku yang lebih berat dibandingkan buku fiksi.

2. Percayalah Orang Sukses Sering Membaca Buku

Hal yang wajib kamu terapkan kedua adalah dengan percaya kalau orang sukses sering kali membaca buku. Percaya atau tidak, orang sukses di luar sana banyak loh yang bukan lulusan S1, S2 bahkan S3. Kenapa mereka bisa sukses? Karena, mereka mau membaca dan belajar dari orang lain.

Bahkan orang sukses selalu meluangkan waktunya untuk membaca buku baru. Menurut mereka buku adalah jendela ilmu dan harus selalu digali. Nah, sekarang coba deh kamu mengasumsikan diri kamu kalau membaca buku bisa membuat sukses. Jadi, dengan begitu kamu akan mudah termotivasi untuk terus membaca buku Sahabat!

3. Ikuti Online Shop yang Menjual Buku

Hal yang harus diterapkan untuk memulai hobi membaca buku ketiga adalah dengan mengikuti online shop yang menjual buku atau kamu bisa ikuti orang yang memang suka sekali membuat buku. Karena biasanya online shop akan terus update, ada buku apa aja sih yang lagi best seller.

Sedangkan, untuk akun yang sering kali membuat buku juga biasanya akan merekomendasikan buku apa sih yang wajib kamu baca. Karena, jika dia merekomendasikannya, berarti dia sudah membaca buku tersebut. Jadi, bisa aja buku tersebut memang berkualitas baik.

4. Pilihlah Buku yang Sesuai dengan Minat 

Hal keempat yang wajib kamu terapkan adalah dengan memilih buku yang sesuai dengan minat kamu. Saat ini banyak genre buku yang beredar di pasaran seperti buku fiksi, politik, ekonomi, sastra, sains, teknologi dan lain sebagainya. Tapi, setiap orang memiliki minat yang berbeda-beda.

Pastikan kamu memilih buku yang membuat kamu merasa senang, nyaman dan tentunya kamu juga nyambung dengan isi dari buku tersebut. Jika kamu lebih menyukai buku fiksi, jangan memaksa buku yang bergenre berat seperti buku politik. Tapi, kalau kamu tidak masalah dengan hal tersebut, nggak ada salahnya juga kalau kamu memperluas genre bacaan kamu ya, Sahabat.

5. Jangan Batasi Uang untuk Membeli Buku

Hal yang harus kamu terapkan jika ingin hobi membaca buku kelima adalah dengan jangan membatasi uang kamu untuk membeli buku. Yups, seperti yang kita ketahui, harga buku memang relatif lebih mahal. Tapi, nggak ada salahnya juga kalau kamu menyisihkan uang untuk membeli buku yang kamu sukai. Karena, kalau kamu batasi biasanya hobi ini tidak akan berlangsung lama.

6. Yakinlah Kalau Buku Adalah Jendela Kehidupan

Hal yang keenam adalah dengan yakin kalau buku adalah jendela kehidupan. Seperti yang sudah dijelaskan di poin kedua ya, Sahabat. Banyak orang sukses yang percaya kalau buku merupakan jendela ilmu. Jadi, untuk memulai hobi membaca buku, kamu juga harus percaya kalau buku jendela kehidupan yang bisa membuat pengetahuanmu bertambah dari hari ke hari.

7. Resapi dan Terapi Isi Buku

Hal wajib kamu terapkan untuk memulai hobi membaca buku yang ketujuh adalah dengan meresapi dan terapi isi buku yang sudah kamu baca. Jika kamu sudah percaya buku adalah jendela kehidupan, kamu juga harus meresapi hal-hal positif dari isi buku tersebut. Bahkan, kalau ada hal positif lainnya bisa langsung kamu terapkan. Dengan begitu, kata-kata ?Buku adalah Jendela Kehidupan? bukan hanya sekedar kata-kata.

Jadi, pada intinya kamu harus memulai dari buku yang ringan dan perluas buku yang lainnya ya Sahabat. Semakin banyak buku yang kamu baca pasti akan membuat kamu lebih pintar Sahabat.

Baca juga : 8 Keahlian yang Wajib Dimiliki Jika Ingin Sukses Berbisnis 


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

11 Tips Persiapan Mudik dengan Mobil Pribadi, Hemat & Aman!

2023-02-13

Mudik merupakan budaya yang tidak dipisahkan bagi masyarakat Indonesia. Alasan utamanya adalah rindu akan kampung halaman. Ketika musim mudik tiba, tidak sedikit jal

thumbnail

5 Hal Penting untuk Menghindari Bahaya dari Komposisi Parfum Mobil

2021-01-14

Parfum mobil merupakan salah satu aksesori paling populer yang dipakai untuk menjaga aroma di dalam kabin mobil. Aroma parfum memang bisa membuat orang yang mengendarain

thumbnail

Indikator Panas Mesin Mobil Menyala? Ini dia Penyebabnya!

2020-10-15

Siapa nih yang pernah indikator panas mesin mobilnya menyala? Biasanya, ini dikarenakan pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam mesin menghasilkan panas. Nah,

thumbnail

Apa Bisa Perpanjang STNK Tanpa KTP Asli? Ini Cara & Syaratnya

2022-10-21

Pengurusan surat kendaraan yang semakin mudah dan dapat dilakukan secara online, namun jika KTP Anda hilang apa bisa perpanjang STNK tanpa KTP asli? Lantas apakah be