Logo Daihatsu
Menu

7 Cara Mengurangi Sampah Plastik di Sekolah yang Mudah Dilakukan

Tips & Trick

2020-12-15

Cara Mengurangi Sampah Plastik di Sekolah

Cara mengurangi sampah plastik di sekolah adalah salah satu kebiasaan yang bisa dilakukan untuk melestarikan lingkungan dari limbah berbahaya.  Lingkungan sekolah merupakan salah satu lingkungan yang paling kondusif untuk membiasakan suatu rutinitas tertentu. Bukan hanya tempat belajar, sekolah juga menjadi tempat bergaul, berinteraksi, dan beradaptasi dengan lingkungan. Karena itulah, salah satu kebiasaan untuk menjaga ekosistem dan kebersihan lingkungan perlu dibiasakan.

Ada berbagai jenis sampah plastik yang secara tidak disadari berasal dari lingkungan sekolah. Untuk menguranginya, bukan hanya siswa, semua orang di sekolah juga perlu membiasakan diri untuk upaya tersebut.

1. Membiasakan Bawa Alat Makan Sendiri

Kebiasaan ini biasanya sudah cukup populer untuk dilakukan sejak masa pendidikan usia dini. Biasanya, jam makan siang menjadi waktu yang dinanti-nantikan oleh anak-anak. Kotak makan menjadi salah satu peralatan yang menarik untuk dipakai setiap hari. Dengan pilihan warna dan karakter pada kotak makan yang lucu, anak akan senang untuk pakai alat makan.

2. Membiasakan untuk tidak Membeli Makanan dengan Kemasan Plastik

Jika sudah terbiasa bawa alat makan sendiri, tidak perlu malu untuk membeli makanan tanpa kemasan plastik. Misalnya saat membeli siomay atau ketoprak, minta petugas kantin untuk menaruhnya di atas wadah milik sendiri. Jadi, tidak perlu pakai kemasan plastik atau alat makan lagi, deh.

3. Menyediakan Stasiun Isi Ulang Air Minum

Sekolah juga bisa menyediakan stasiun isi ulang air minum. Jadi, para siswa, guru, dan staff sekolah lainnya hanya perlu membawa botol minum sendiri. Hal ini akan mengurangi sampah botol kemasan air minum yang bisa mencemari lingkungan.

4. Beralih Menggunakan Pensil Kayu

Tanpa disadari, penggunaan pensil mekanik sebenarnya juga bisa mencemari lingkungan, terutama pensil yang berbahan plastik. Agar lebih ramah lingkungan, penggunaan pensil kayu sebenarnya lebih disarankan karena limbahnya bisa lebih cepat terurai secara organik. Sediakan juga rautan pensil agar penggunaan pensil di sekolah lebih praktis dan nyaman.

5. Membuat Bank Sampah Plastik

Proses memilah sampah organik dan sampah plastik juga perlu dibiasakan di sekolah. Wajar jika penggunaan plastik masih sulit untuk dikurangi. Bukan hanya itu, mengolah sampah plastik juga tidak mudah. Karena itulah, membuat bank sampah di sekolah menjadi salah satu solusi untuk dapat mengumpulkan sampah plastik dan didaur ulang sesuai jenisnya.

6. Melakukan Rutinitas Jumat Bersih

Potensi limbah plastik yang berbahaya terjadi ketika sampah botol atau kemasan makanan tidak sengaja jatuh ke tanah. Hal ini akan mencemari tanah dengan kontaminasi kandungan bahan kimia yang berbahaya bagi air. Rutinitas Jumat Bersih bisa dilakukan untuk membersihkan sampah-sampah plastik yang terselip agar lingkungan tetap bersih.

7. Mengadakan Lomba Daur Ulang Sampah

Selain membawa peralatan yang bisa dipakai kembali, memisahkan jenis sampah plastik juga bermanfaat untuk digunakan kembali. Ya, sampah botol plastik yang masih layak pakai bisa dikreasikan menjadi pot tanaman, lampu hias, dan masih banyak lagi. Agar lebih menarik, lakukan kegiatan lomba rutin yang juga bisa mengasah kreativitas siswa di sekolah.

Nah, itulah beberapa hal sederhana yang bisa dibiasakan di sekolah. Ingat, semua rutinitas tidak hanya perlu dilakukan oleh siswa, tapi juga dibiasakan oleh guru dan semua staf di sekolah, bahkan hingga penjual makanan di kantin. Jika semua komponen masyarakat di sekolah bekerja sama, bahaya akibat sampah plastik bisa diminimalisasi secara optimal.

Penulis: Rizkita Darajat


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Membuat Baglog Jamur Tiram

2021-02-25

Baglog adalah media yang digunakan untuk tempat tumbuhnya jamur. Jika Sahabat ingin

thumbnail

5 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil bersama Keluarga!

2020-11-24

Tak terasa Bulan Ramadan sudah tiba, ada sebuah tradisi yang tidak lepas dari masyarakat Indonesia ketika puasa berakhir. Yaitu mudik lebaran, beberapa keluarga bahkan s

thumbnail

Ingin Kredit Mobil Tapi Takut dengan Cicilan Berat? Simak Tips Memilih Cicilan Ringan Berikut!

2020-11-24

Saat membeli mobil biasanya kita disudutkan pada 2 pilihan mengenai pembayaran, entah lunas ataupun dengan cara kredit. Kebanyakan orang dengan pendapatan yang tergolong

thumbnail

7 Cara Cepat Hamil yang Wajib Diperhatikan oleh Setiap Pasangan yang Ingin Lekas Diberi Momongan

2021-01-26

Cepat hamil adalah hal yang diinginkan oleh hampir setiap pasangan yang baru menikah. Tentu saja tidak mudah karena hamil tidak terjadi terjadi begitu saja seusai Sahaba