Logo Daihatsu
Menu

7 Cara Menyetir Mobil Kopling dengan Halus, Ini Tekniknya!

Otomotif

2023-07-05

7 Cara Menyetir Mobil Kopling dengan Halus, Ini Tekniknya!

Cara menyetir mobil kopling atau manual terbilang lebih sulit dibandingkan menyetir mobil matic. Sebab agar mobil dapat berjalan dengan halus, pengemudi harus mengoperasikan kopling dan gigi mobil secara tepat. Kopling sendiri membuat mesin mobil tidak mudah mati ketika mobil berada pada kecepatan yang sangat lambat. Tidak usah lama-lama, yuk langsung perhatikan cara menyetir selengkapnya seperti berikut ini.

Cara Menyetir Mobil Kopling dengan Halus

Ada beberapa cara dan teknik yang perlu Anda kuasai ketika hendak menyetir mobil kopling dengan halus. Berikut cara selengkapnya.

1. Kenali terlebih dahulu semua jenis pedal mobil

Sebelum Anda menyetir mobil kopling, Anda perlu mengenali semua jenis pedal yang terdapat pada mobil. Untuk pedal kopling biasanya berada di bagian kaki kiri. Untuk pedal rem biasanya berada di bagian tengah. Pedal akselerasi atau pedal gas biasanya berada di bagian kanan. Setelah Anda sudah mengenali posisi masing-masing pedal tersebut. Anda juga perlu mengenali fungsi dari semua jenis pedal tersebut. Pedal rem berfungsi untuk menghentikan laju mobil. Pedal gas berfungsi untuk menambah laju kecepatan mobil. Sedangkan pedal kopling berfungsi sebagai pengatur gigi mobil agar laju mobil bisa dikontrol.

2. Menguasai kopling

Setelah Anda memahami fungsi dan posisi pedal mobil. Langkah selanjutnya, Anda perlu menguasai mekanisme kerja kopling beserta cara pengoperasiannya. Ketika Anda hendak menambah atau mengurangi kecepatan mobil Anda perlu menekan pedal kopling. Mobil tidak akan bisa berjalan apabila Anda belum menginjak pedal kopling meski mesin sudah menyala. Hal tersebut terjadi akibat putaran pada mesin belum tersambung ke bagian roda mobil. Agar putaran mesin terhubung dengan bagian roda, Anda perlu menginjak pedal kopling dan memasukkan gigi mobil.

Baca Juga : Cara Mengendarai Mobil Matic yang Mudah Bagi Pemula

3. Nyalakan mesin

Langkah selanjutnya, Anda perlu menyalakan mesin mobil, kemudian lepas bagian pedal kopling. Pastikan tuas transmisi berada pada posisi N (Netral).

4. Injak pedal kopling secara penuh

Langkah selanjutnya, Anda perlu mempelajari bagaimana cara menekan pedal kopling yang benar. Injak pedal kopling secara penuh dan tahan. Kemudian lepaskan secara perlahan dengan hati-hati. Di sini Anda dapat mengenali suara mesin yang mulai menurun, kemudian injak kembali pedal kopling. Cara ini sangat efektif untuk melatih kepekaan Anda terhadap kendali kopling. 

5. Saatnya menjalankan mobil

Langkah selanjutnya, Anda sudah bisa menjalankan mobil. Pastikan Anda mengangkat kaki yang berada pada pedal kopling agar putaran mesin turun. Selanjutnya, injak bagian pedal gas secara hati-hati dan perlahan. Pastikan Anda kopling dan pegas Anda seimbang, jika tidak mesin mobil bisa mati apabila nda melepas pedal kopling terlalu cepat. Jangan lupa selalu perhatikan perputaran mesin dengan mendengarkan bunyi mesin. Apabila mesin mobil mengeluarkan suara yang menandakan mesin akan mati, sebaiknya segera injak pedal kopling. Anda bisa menginjaknya lebih maksimal. 

6. Gunakan rem tangan apabila berada di tanjakan

Ketika mobil melewati tanjakan, Anda perlu melepas pedal kopling dan menggunakan rem tangan agar mobil bisa melewati tanjakan dengan halus. Jika Anda menginjak pedal kopling, mobil akan kehilangan tenaga sehingga tidak kuat melewati tanjakan.

7. Hindari menginjak kopling secara bersamaan dengan rem

Ketika Anda hendak memperlambat laju mobil, Anda tidak dianjurkan menginjak pedal kopling secara bersamaan dengan pedal rem. Hal tersebut justru membuat mobil bisa saja terpelintir saat melaju. Kondisi ini sangat berpotensi besar menimbulkan kecelakaan.

Demikian beberapa cara dan teknik menyetir mobil kopling dengan halus yang bisa Anda contoh. Mengingat fungsi kopling yang penting, pastikan Anda selalu mengecek komponen ini secara rutin. Segera kunjungi dealer Daihatsu apabila kopling bermasalah, agar kenyamanan dan keamanan Anda ketika berkendara selalu terjaga. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Fungsi Dial Indikator dan Cara Menggunakannya

2022-11-08

Bicara tentang perbaikan atau perawatan mobil, tentu tidak terlepas dengan penggunaan dial indikator. Alat ukur ini selalu hampir digunakan untuk pengukuran

thumbnail

Cara Memanaskan Mobil Matic Berapa Lama? Ini Langkahnya

2022-12-29

Mobil matic saat ini memang banyak digemari di Indonesia, karena cara penggunaannya mudah. Mobil jenis ini, bak primadona bagi kaum hawa dan kaum pemula yang hendak

thumbnail

Tips Memilih Merk Lampu Kabut yang Bagus Beserta Kisaran Harganya

2021-01-06

Merk lampu kabut yang bagus adalah hal Sahabat butuhkan, jika mobil Sahabat bisa melaju di jalanan berkabut. Merk lampu kabut yang bagus sendiri sudah banyak. Sahabat ti

thumbnail

15 Suku Cadang Mobil Yang Wajib Diganti Rutin, Catat Bagiannya!

2022-10-12

Suku cadang atau spare part mobil adalah sebuah komponen yang memiliki peran krusial dalam kondisi sebuah mobil. Prima atau tidaknya kondisi mobil ditentukan oleh ko