Logo Daihatsu
Menu

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Solo Traveling

Travel

2020-10-28

solo traveling

Melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru pasti sangat menyenangkan. Selain mendapat pengalaman baru, kamu juga refreshing atas kepenatan dunia kerja dan rutinitas sehari-hari.

Sahabat punya kesempatan melihat dunia yang luas ini dengan ceria. Tapi, bagaimana jika perencanaan traveling ini hanya kamu lakukan sendiri tanpa teman seperjalanan. Apakah mungkin?

Menjadi solo traveler sangat mungkin sekali tergantung kesiapan kamu dan kemauan untuk melewati setiap destinasi. Tapi, memang ada baiknya kamu perlu mempersiapkan beberapa hal untuk lebih memantapkan solo traveling ini.

Persiapan Solo Traveling 

Jika sebelumnya Sahabat sudah sering melakukan perjalanan bersama teman-teman, mungkin persiapan yang kamu perlukan saat ini lebih bersifat pribadi dan tidak bisa berdiskusi saat terjadi hal-hal di luar dugaan di perjalanan nantinya.

Tertarik untuk melakukan solo traveling? Yuk, simak sederet tips yang harus kamu lakukan jika ingin bepergian seorang diri agar perjalanan aman dan nyaman.

1. Kondisi Fit

Hal yang paling penting sebelum melakukan solo traveling adalah kondisi fisik yang fit dan prima. Alangkah baiknya jika kamu mempersiapkan kondisi fisik jauh-jauh hari agar stamina tubuhmu tetap prima. Selain fisik, siapkan kondisi mental juga, agar mood kamu tetap stabil ketika melakukan perjalanan nantinya.

Jangan pergi dengan keadaan marah, cemas, atau sedang meninggalkan masalah yang belum terselesaikan. Itu akan menambah beban kamu saat di perjalanan yang akan membuat traveling kamu jadi tidak menyenangkan.

2. Rencanakan Perjalanan dengan Baik

Rencanakan semuanya dengan matang mulai dari akomodasi, transportasi, konsumsi, hingga biaya-biaya tak terduga yang harus kamu keluarkan selama perjalanan. Kamu tentu lebih bebas dalam hal mengatur rencana ini karena tidak ada pihak lain yang harus dipikirkan. 

Meskipun nanti ada improvisasi yang disesuaikan di lapangan, yang penting kamu tahu konsekuensi yang harus dihadapi. Rencana yang baik akan membuat perjalanan kamu jadi lebih terarah dan terorganisir.

Kamu bukan sedang ingin pergi tanpa tujuan seperti orang tersesat, tapi kamu adalah traveler yang mencoba mandiri dengan menjajal petualangan sendirian. Dan semua itu sudah ada dalam master plan awal saat kamu memutuskan untuk melakukan perjalanan solo traveling ini.

3. Packing Ultralight / Minimalis

Sahabat harus menyiapkan segala perlengkapan kamu sendirian dan kebutuhan pribadi saat berada di luar ruangan nanti. Berkemaslah secukupnya sesuai dengan keperluan kamu. Hindari membawa terlalu banyak barang atau mempersiapkan barang-barang yang tidak terlalu kamu butuhkan.

Kamu tidak punya rekan yang bisa diandalkan untuk bergantian membawa perlengkapan kamu atau mengingatkan benda-benda yang mungkin akan tertinggal selama perjalanan. Kamu berpikir untuk kebutuhan kamu sendiri. Di sinilah kamu perlu mengenali seperti apa dan bagaimana kamu harus memperlakukan setiap hal.

4. Pilih Penginapan di Daerah Ramai

Bila Sahabat memilih untuk bermalam di hotel, penginapan, atau losmen, lokasi merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Pilihlah penginapan yang berada di daerah yang dekat dengan pusat keramaian.

Hal ini akan memudahkan kamu jika ingin mencari makan, jajanan, ATM, dan berbelanja di malam hari.

5. Bergaya Seperti Penduduk Lokal

Sebisa mungkin, jangan menunjukkan gaya sebagai turis. Hindari tampak kebingungan di tempat umum. Memegang peta besar, atau menggantungkan kamera di leher adalah hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan sebagai seorang solo traveling. Solusinya?

Maksimalkan fungsi smartphone kamu. Semua informasi dengan mudah kamu bisa akses dengan peta dari smartphone milik kamu, bukan?

6. Mencari Traveler Lain

Gunakan keahlian berkomunikasi satu sama lain saat berada di tempat asing, di mana tidak ada seorangpun yang kamu kenal. Cari kesempatan menyapa traveler lain yang sedang sendirian.

Para traveler yang kamu temui biasanya secara aktif mencari teman. Solo traveler yang terpisah dari teman dan keluarga cenderung ingin bersosialisasi.

7. Bawa Obat-obatan Pribadi

Obat-obatan harus selalu ada dalam setiap perjalanan kamu, karena kamu tak tahu kapan kecelakaan akan terjadi, dan ketika ada kecelakaan terjadi, kamu tak perlu terlalu panik karena kamu sudah mempersiapkannya.

Kamu juga bisa dengan mudah mengatasi luka kaki akibat sepatu dengan plester yang sudah kamu siapkan. Tak ada salahnya kalau terlalu berhati-hati, kan Sahabat?

Jadi, demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan saat kamu akan bepergian sendirian. Tak sulit, bukan? Selamat mencoba dan menikmati liburanmu ya!

Baca juga : Ternyata Traveling Ampuh Atasi Rasa Galau dan Kurang Piknik! 


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Menemukan Ciri Khas Bangka Belitung melalui Wisata Bukit

2020-11-14

Berbentuk kepulauan, Provinsi Bangka Belitung dikenal sebagai wilayah dengan seribu pantai. Namun, apakah Sahabat tahu bahwa Bangka Belitung sebenarnya memiliki ciri khas dalam keadaan alam, yaitu

thumbnail

Inilah 20 Danau Terbesar yang Ada di Indonesia

2021-01-31

Berada di antara lempeng Eurasia dan Indo-Australia, Indonesia memiliki deretan danau yang terbentuk di sekitar pegunungannya. Ba

thumbnail

5 Manfaat Snorkeling untuk Kesehatan, dari Kekuatan Tulang hingga Menurunkan Risiko Terkena Kanker Payudara

2020-12-01

Wilayah Indonesia yang lebih banyak memiliki perairan air laut membuatnya memiliki daerah wisata berupa pantai. Beberapa pantai, seperti yang terdapat di Bali hingga Pandanaran menyediakan objek wi

thumbnail

Tips Liburan ke Bangka Belitung: dari Transportasi hingga Kuliner

2020-11-14

Sejak film Laskar Pelangi yang diadaptasi dari novel berjudul serupa karya Andrea Hirata, Bangka Belitung menjadi primadona destinasi wisata bagi wisatawan lokal hingga mancanegara. Provinsi yang b