Logo Daihatsu
Menu

7 Ide Kegiatan Liburan Anak di Rumah: Belajar, Bermain, dan Melatih Kepekaan Anak

Family

2021-05-31

bermain di rumah

Sejak pandemi menyerang, menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga tidak lagi sesusah sebelumnya. Sebuah dampak positif dari hal yang kurang menyenangkan yang sedang terjadi. Namun, hal tersebut jika terlalu lama terjadi tentu saja bosan, kan? Terlebih, ketika sudah habis mengenai ide kegiatan liburan anak di rumah.

Sahabat tidak perlu risau nih karena di artikel ini akan dibahas ide kegiatan liburan anak di rumah yang menyenangkan dan membuat anak senang. Tidak hanya tentang bermain ponsel kok, tetapi juga bisa melatih kecerdasan emosional anak loh.

Tidak perlu berlama-lama, yuk langsung simak saja penjelasan ide untuk menghabiskan waktu bersama anak di rumah saat liburan!

1. Berlatih Mendongeng

Kegiatan membaca bagi sebagian anak tentu saja menjadi hal yang membosankan dan seringkali mereka akan menolak jika sudah disuruh membaca buku. Padahal, membaca buku adalah hal yang harus dilakukan demi meningkatkan literasi anak.

Namun, hal itu bisa disiasati kok, Sahabat. Kamu bisa nih melakukan kegiatan seru dalam membaca seperti mengajak anak untuk mendongeng bersama. Tidak hanya sekadar membaca keras buku dongeng, tetapi juga memperagakannya.

Sahabat bisa juga untuk mengajak anak membuat alat-alat peraga, seperti wayang-wayangan. Tidak perlu ribet, cetak saja gambar-gambar hemat hingga kartun lucu lalu gunakan sumpit atau tusuk sate untuk menjadi kayu peraganya. Dijamin, itu akan seru dan anak-anak tidak akan bosan deh!

2. Camping di Rumah

Karena bisa berisiko untuk mengajak anak ke tempat umum bahkan untuk sekadar ke alam terbuka, Sahabat bisa loh melakukan kemah sederhana di rumah. Beli saja tenda kecil yang lucu dan dirikan di dalam rumah atau halaman rumah.

Supaya camping seolah nyata dan benar-benar di alam terbuka, Sahabat bisa mendirikan api unggun sederhana lalu siapkan bahan-bahan makanan untuk dipanggang. Kegiatan ini pasti sangat menyenangkan dan membuat anak-anak bahagia.

3. Menonton Film Bersama

Anak-anak akan menyukai jika menonton kartun ditemani oleh orang tuanya. Dia merasa tidak sendiri dan didampingi. Setelah menonton film kartun tersebut, bisa loh Sahabat ajak anak diskusi mengenai alur ceritanya.

Pancing juga si anak untuk menceritakan kembali sesuai dengan apa yang mereka tangkap selama menonton film. Hal ini bisa melatih mereka untuk mengingat hal-hal yang baru mereka tonton dan berbicara di depan orang lain.

4. Mengirim Surat ke Teman

Di zaman sekarang dengan perkembangan teknologi, berkirim surat rasanya sudah tidak eksis lagi ya? Padahal kegiatan itu sangat seru, terlebih jika mendapat sahabat pena dari berbagai kota.

Nah, mumpung keadaan tidak mendukung untuk sering-sering keluar rumah, Sahabat bisa loh mengenalkan anak terhadap kegiatan berkirim surat. Sahabat juga bisa mengenalkan apa itu perangko, tukang pos, hingga istilah filateli.

Sebagai awalan, Sahabat bisa meminta si anak untuk berkirim surat ke teman dekatnya di sekolah yang rumahnya tidak jauh.

5. Olahraga bersama Anak

Kegiatan berolahraga akan seru jika memang dilakukan bersama. Saat Sahabat sudah terbiasa melakukan olahraga ringan di rumah, seperti senam pagi hingga jogging di lingkungan rumah, si anak juga pasti akan ikut. Jika mereka merasa malas, bisa kok untuk dijelaskan bahwa berolahraga itu penting bagi tubuh supaya selalu sehat.

6. Bereksperimen di Dapur

Memasak dan kegiatan lain di dapur sering kali menyita perhatian anak-anak. Nah, sata anak-anak merasa kepo dengan hal tersebut, bisa Sahabat manfaatkan ya untuk menjadikan memasak sebagai kegiatan seru saat liburan.

Ajarkan anak-anak dengan perlahan mengenai bumbu dapur. Sahabat juga bisa mengajak anak-anak untuk membuat kue-kuean lucu yang akan membuat mereka bangga saat kue tersebut sudah jadi.

7. Berkebun

Sekarang sedang musim sekali ya menanam tanaman di pot atau kebun kecil di samping rumah. Kegiatan ini bisa juga menjadi referensi ide kegiatan liburan anak di rumah loh, Sahabat. Dengan berkebun, Sahabat juga bisa memberikan penjelasan bahwa tanaman itu penting bagi bumi sehingga mereka akan lebih aware dengan lingkungan.

Itulah ide kegiatan liburan anak di rumah yang bisa Sahabat terapkan. Dijamin deh, anak-anak tidak merasa bosan di rumah. Dan tentu saja, kegiatan-kegiatan tersebut akan membuat Sahabat lebih dekat dengan anak ya.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Melebatkan Rambut Anak

2020-11-26

Ada banyak cara melebatkan rambut anak yang diterapkan turun temurun dari orang tua. Mulai dari menggunakan ramuan tradisional hingga minyak dari berbagai tumbuhan. Semua itu karena rambut lebat me

thumbnail

Beberapa Tips Memilih Sekolah untuk Anak

2020-11-25

Pendidikan anak menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sahabat dapat memilih untuk mendidik anak sendiri ataupun menyekolahkan anak di sekolah formal.Jika Sahabat memilih untuk

thumbnail

Tips Membeli Tanah Kavling agar Sahabat Tidak Tertipu

2021-01-27

Membeli tanah kavling haruslah hati-hati. Jika tidak, Sahabat akan rentan kena tipu dari penjual tanah kavling yang tidak bertanggung jawab. Untuk itulah, artikel kali i

thumbnail

7 Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Bahan Alami supaya Menjadi Tempat yang Bersih dan Nyaman

2021-05-25

Rumah dikategorikan sebagai tempat yang bersih dan bebas bakteri adalah ketika tidak ada semut, kecoa, ataupun tikus yang berkeliaran. Nah, bagaimana nih jika di rumah m