Logo Daihatsu
Menu

7 Tips Belanja di Korea Selatan, Jangan Sadis jika Menawar!

Travel

2021-04-21

belanja di korea

Belanja adalah kegiatan wajib ketika sedang pergi berlibur, ke mana pun destinasinya. Terlebih, ketika yang Sahabat kunjungi adalah tempat yang tidak bisa sering-sering dikunjungi karena jarak yang sangat jauh dan biaya liburan yang tidak sedikit seperti Korea Selatan.

Nah, karena terbatas bahasa, Sahabat harus pintar nih untuk mengetahui tips belanja di Korea Selatan. Tidak hanya mengenai kegiatan menawar supaya mendapat harga lebih murah, tetapi juga pemilihan tempat belanja hingga

Yuk, langsung simak saja!

1. Pelajari Sedikit Bahasa Korea Selatan

Bahasa Korea Selatan atau yang biasa disebut hangul memang tidak mudah dipelajari. Terlebih, hurufnya yang tidak menggunakan alfabet tentu saja menjadi kendala tersendiri bagi kita. Namun, Sahabat minimal harus mempelajarinya nih walaupun hanya yang basic supaya tidak terlalu bingung ketika berkomunikasi sebagai tips belanja di Korea Selatan.

Kalimat seperti anyeonghaseyo untuk menyapa saat baru bertemu, kamsahamnida untuk berterima kasih, eolmaimnika untuk bertanya berapa harga barang, hingga halijahadeul suittnayo? untuk meminta diskon. Sisanya, untuk menawar di angka berapa, Sahabat bisa menggunakan jari tangan ya.

Namun, saking terkenalnya Korea Selatan, sudah banyak loh orang Indonesia yang berkunjung ke sana. Bahkan, beberapa toko di pinggir jalan ada yang berasal dari rumpun melayu sehingga bisa bahasa Indonesia. Terkadang, mereka akan menyapa terlebih dahulu. Jadi, jangan takut untuk bertanya ya kepada mereka.

2. Jangan Sadis ketika Menawar Barang

Beberapa toko di pinggir jalan hingga pasar tradisional memang bisa ditawar seperti halnya di Indonesia. Namun, jangan sampai sadis dalam menawar ya, Sahabat. Jangan sampai melebihi 30% harga atau Sahabat bisa diusir oleh penjual.

3. Berkeliling Toko, Membandingkan Harga

Satu barang tidak hanya dijual di satu toko saja. Sahabat harus mengingat hal tersebut sebagai tips belanja di Korea Selatan dengan cerdas. Jangan sampai karena merasa sudah menemukan satu barang yang diincar lalu mencecar penjual untuk memberikannya dengan harga super miring. Kalau begini sih bisa-bisa diusir, ingat tips belanja nomor 2.

Luangkan waktu Sahabat untuk berkeliling terlebih dahulu di beberapa toko untuk membandingkan harganya. Ketika sudah menemukan toko dengan harga lebih murah, coba tanyakan apakah bisa ditawar untuk harga tersebut.

4. Belanja di Waktu yang Pas

Menjadi negara yang sedang banyak dituju oleh masyarakat dunia, Korea Selatan tentu saja selalu menjadi negara yang sibuk dan tidak pernah tidur. Itulah yang terjadi juga untuk tempat-tempat berbelanjanya, terlebih yang berada di titik ramai pusat kota.

Nah, tips belanja di Korea Selatan yang berikutnya adalah mencari tahu waktu yang tepat untuk berbelanja nih. Berbeda tempat belanja, tentu saja berbeda jam bukan, kan? Seperti halnya di pasar tradisional di Seoul yang bernama Namdaemun Market, di sana jam bukanya adalah pukul 10 pagi hingga 3 dini hari. Ketika belanja di malam hari, tentu saja penuh.

Untuk Dongdaemun Market yang terletak di dekat Gerbang Besar Timur Dongdaemun buka 24 jam sehingga Sahabat bisa ke sana kapan pun. Tempat belanja paling ramai, yaitu di Myeongdong buka dari jam 12 siang hingga 12 malam setiap harinya.

5. Minta Tax Refund

Perbedaan nilai WON ke Rupiah memang tidak sebesar perbedaan Dollar ke Rupiah. Namun, tetap saja bukan akan terasa besar jika kita belanja dalam jumlah banyak. Berita baiknya, jika kita belanja di toko dengan penambahan pajak di dalamnya, kita bisa meminta tax refund loh, Sahabat.

Tax refund tersebut bisa Sahabat minta jika belanja di atas 30.000 WON atau sekitar Rp390.000. Nanti, saat dikasir, Sahabat tingga menunjukan pasport dan visa sehingga nantinya akan diberikan struk belanja dan detail pajak yang bisa diklaim.

Struk dan detail pajak belanjaan tersebut bisa Sahabat tukarkan di bandara di bagian departemen floor. Namun, itu berlaku di angka belanja di bawah 1 juta WON ya, Sahabat. Di atas angka tersebut hanya bisa diproses di bagian bea cukai karena nilainya terlalu besar.

6. Tanya tentang Bonus dan Promo

Untuk beberapa toko besar di pasar modern terkadang tidak menampilkan detail promo yang mereka punya. Di sini, Sahabat harus aktif bertanya apakah barang yang Sahabat beli sedang ada promo untuk mendapatkan diskon maupun bonus.

Tidak perlu malu atau takut, nanti bagian kasir biasanya akan menjelaskan dengan ramah kok. Sayang bukan jika ternyata barang yang kita beli ada promo, tetapi kita melewatkannya?

7. Gunakan Kartu atau Transfer, Bukan Tunai

Nah, tips belanja di Korea Selatan yang terakhir ini agak mengejutkan pasti. Berbeda dengan di Indonesia yang lebih banyak melakukan pembayaran secara tunai, di Korea Selatan berbeda loh, Sahabat.

Di sana, meskipun toko di pinggir jalan yang biasanya menjual cemilan khas, lebih senang melakukan transaksi melalui nontunai. Biasanya, untuk yang tidak memiliki kartu, penjual akan menawarkan nomor rekening untuk transfer. Ini lebih simpel dibanding tunai karena nilainya tepat jika terkena pajak.

Baca juga : 11 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi ketika Pertama Kali Berkunjung ke Korea Selatan

Itulah 7 tips belanja di Korea Selatan yang bisa Sahabat pelajari dan terapkan ketika nanti berlibur ke Negeri Gingseng ya! Memang harga di sana akan jauh lebih murah untuk barang-barang yang nantinya diekspor ke negara lain seperti Indonesia. Namun, ingat, jangan kalap ya! Jangan sampai ketika di Bandara ternyata ketambahan bagasi karena barang belanjaan baru.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Sahabat Kunjungi

2020-10-28

Sebagai ibu kota, Jakarta menjadi destinasi liburan yang cukup menjanjikan. Apalagi dengan banyaknya perkembangan yang mungkin belum menjamah kota-kota lain di Indonesia

thumbnail

Belajar Budaya Bali di 5 Desa Ini

2020-10-28

Berwisata di Pulau Bali memang identik dengan menikmati kekentalan budaya serta adat istiadatnya ya, Sahabat. Jika sudah pernah ke Bali, Sahabat pasti tahu kalau saat ba

thumbnail

5 Tempat Makan yang Menyajikan Kuliner Khas Medan di Jakarta! Mana Favorit Kamu?

2020-12-15

Medan adalah ibu kota Sumatra Utara yang terkenal dengan kuliner menggugah seleranya. Mulai dari lontong sayur, mie kuah gurih, soto khas Medan, bubur, hingga mie balap,

thumbnail

20 Makanan Khas Pontianak yang Tidak Boleh Dilewatkan

2021-01-31

Menjadi salah satu kota yang dilalui garis khatulistiwa, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat yakni Pontianak sering kedatangan wisatawan.