Logo Daihatsu
Menu

8 Mitra Pelatihan Kartu Prakerja dan Durasi Pelatihannya

Tips & Trick

2020-11-04

mitra pelatihan prakerja

Bantuan semi-BLT yang diberikan pemerintah dalam bentuk program Kartu Prakerja bisa memberikan manfaat signifikan bagi peserta. Jika sahabat termasuk golongan yang berhak untuk mendapatkan Kartu Prakerja, manfaatkan kesempatan ini. Sahabat bisa mendapatkan pelatihan keterampilan sekaligus dana insentif untuk memulai usaha.

Durasi pelatihan program Kartu Prakerja

Mitra pelatihan Kartu Prakerja merupakan penyedia layanan (platform) resmi yang bekerja sama dengan lembaga pelatihan Kartu Prakerja. Peserta bisa memilih salah satu mitra pelatihan untuk mengikuti pelatihan online. Setiap pelatihan memiliki durasi kelas yang berbeda-beda.

Paket dasar usaha perikanan di Tokopedia mengemas pelatihan online melalui webinar yang berdurasi 120 menit. Pelatihan membuat portofolio dan pencitraan diri sebagai pelamar kerja di Skill Academy menyediakan pelatihan berdurasi 1 jam 53 menit.

Kelas berdurasi cukup panjang juga bisa diikuti untuk mengetahui teknik profesional sebagai customer service dalam tujuh kelas dengan total durasi 9 jam 50 menit. Sahabat juga bisa mempelajari teknik menulis naskah berita hingga belajar kode etik jurnalistik dalam pelatihan berdurasi 1 jam 58 menit dari Skill Academy.

Bagi yang ingin menjadi pekerja kreatif, ada juga pelatihan menjadi YouTuber Profesional bersama Gita Savitri di Skill Academy. Jika ingin membuat hobi fotografi sebagai profesi yang menghasilkan, ikuti pelatihan berdurasi empat jam dan hanya dengan bermodalkan smartphone saja.

Daftar Mitra Pelatihan Kartu Prakerja

Masih banyak daftar pelatihan unik dan menarik yang bisa diikuti oleh peserta Kartu Prakerja. Di masa pandemi yang tidak menentu, sahabat bisa mengikuti pelatihan dengan lebih mudah secara online. Nah, berikut ini beberapa mitra kartu pekerja resmi yang bisa dipilih sesuai dengan topik pelatihan yang dibutuhkan.

1. Tokopedia

Tokopedia menyediakan pelatihan kerja sama dengan Luarsekolah. Pelatihan yang tersedia di Tokopedia di antaranya pelatihan di bidang bisnis, bahasa, marketing, IT & data, media, fotografi, sertifikasi, kesenian, dan kecantikan. Namun, sahabat hanya membeli voucher pelatihannya di sini.

2. Bukalapak

Sebagai marketplace mitra pelatihan, Bukalapak menyediakan layanan yang sama dengan Tokopedia. Sahabat bisa mengakses situs belanja online untuk melakukan transaksi pembayaran. Pilih kelas yang diinginkan, lalu lakukan pembayaran seperti layaknya berbelanja online.

3. Skill Academy

Pelatihan di SkillAcademy tersedia dalam pilihan satuan dan paketan yang terdiri dari beberapa kelas sekaligus. Kelas pelatihan yang tersedia di SkillAcademy di antaranya kelas invesasi pemula, kelas aplikasi Android bagi pemula, pelatihan teknik melamar kerja di masa Corona, paket pelatihan ojek online, dan sukses kerja sampingan di masa Corona.

4. Pintaria

Pintaria menyediakan kategori pelatihan transportasi online, hotel/restoran/café, manufaktur, retail, dan UMKM. Ada berbagai jenis pelatihan yang bisa dipilih mulai dari cara membuat website portofolio hingga menjadi barista dan membuka warung kopi di rumah.

5. MauBelajarApa

Ada webinar hingga workshop yang bisa dipilih saat memilih program Kartu Prakerja di MauBelajarApa. Pelatihan workshop akan terdiri dari beberapa sesi untuk dapat mempelajari kemampuan teknis dengan efektif.

6. Sekolahmu

Sahabat juga bisa memilih pelatihan berdasarkan kategori fresh graduates, desain dan seni, tata kecantikan, pariwisata, hotel dan restoran, digital teknologi, hingga dakwah. Sebagian besar kelas disediakan adalah pelatihan berupa kelas kilat.

7. Pijar Mahir

Pelatihan di Pijar Mahir juga cukup unik dan bisa diikuti dengan biaya mulai Rp75.000 untuk mempelajari strategi pemasaran bisnis kuliner, melakukan uji rasa bisnis makanan, dan strategi pemasaran menggunakan influencer.

8. Kemnaker

Pelatihan di Kemnaker juga cukup beragam dan kategorinya relatif lebih banyak. Sahabat bisa memilih kategori teknik elektronika, garmen, hingga desain batik dan tata busana. Ada pula pelatihan langsung (offline) yang bisa dipilih lokasinya.

Pastikan untuk memilih kelas yang diinginkan dan mengikutinya hingga tuntas, ya. Ikuti pelatihan dan manfaatkan pembekalannya untuk dapat mengoptimalkan dana insentif yang diberikan. Semoga sukses, sahabat!

Penulis: Rizkita Darajat


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Karena Mengeluh tak Ada Gunanya, Belajar Cintai Pekerjaan Anda dengan Lakukan 5 Hal ini

2020-11-24

Mendapatkan pekerjaan di perusahaan impian bukanlah hal mudah, tak heran banyak orang yang tak mau melewatkan kesempatan ketika tawaran datang, kendati mereka tidak meny

thumbnail

Panduan Lengkap Cara Mengurus SIM Hilang Online 2024

2024-02-15

Dalam era digitalisasi di Indonesia, pengurusan dokumen resmi, termasuk SIM, semakin beralih ke ranah online. Salah satu prosedur yang dapat dilakukan secara online adalah pengurusan SIM yang hilan

thumbnail

10 Tips Menjual Mobil Bekas Secara Online

2020-11-24

Banyak orang yang berniat untuk menjual mobilnya dengan berbagai alasan, seperti ingin mempunyai model mobil terbaru, kebutuhan dana, ingin mengganti mobil yang berkapas