Logo Daihatsu
Menu

8 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Hanya Keluar Angin Saja

Otomotif

2022-10-17

8 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Hanya Keluar Angin Saja

Masalah AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angin saja kerap kali terjadi. Kondisi ini tentu menjengkelkan Anda. Seperti diketahui, AC mobil merupakan komponen penambah mood ketika mengendarai mobil ketika musim kemarau dan situasi macet.

Komponen ini mampu mendinginkan suasana hati karena membuat kabin mobil tidak gerah dan sejuk. Oleh karena itu, jika tidak segera diperbaiki dapat mengganggu kenyamanan Anda ketika mengemudikan mobil.

Lantas kenapa AC mobil menjadi tidak dingin? apa penyebabnya? dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Apa yang harus dilakukan jika AC mobil tidak dingin? Berikut beberapa faktor penyebab dan cara mengatasinya :

1. Freon AC Habis

Jika AC tidak terasa dingin kemungkinan penyebabnya adalah freon AC yang habis. Freon AC memiliki fungsi sebagai penyerap udara hangat di sekitar kabin dan sebagai komponen pendingin AC.

Apabila freon mengalami kebocoran atau kondisi freon habis, maka otomatis AC mengeluarkan angin tapi suhu yang dihasilkan tidak akan dingin.

Maka dari itu cara mengatasinya adalah dengan ganti freon AC mobil dan selalu melakukan perawatan secara berkala pada freon AC mobil.

2. Adanya Penyumbatan Pada Kondensor

Penyebab ac mobil tidak dingin dan hanya keluar angin biasanya karena adanya penyumbatan pada kondensor. Kondensor yang tersumbat oleh debu atau kotor dapat menghambat suhu dingin yang dihasilkan freon.

Pada dasarnya fungsi kondensor ini sebagai pengubah gas freon menjadi cairan kembali agar kinerja AC maksimal. Untuk itu Anda perlu membersihkan kondensor AC yang terjadi penymbatan secara rutin.

3. Rusaknya Kompresor

Apabila kondensor AC terlihat bersih, namun AC terasa kurang dingin. Anda perlu mengecek bagian kompresor. Jangan-jangan bagian ini telah aus atau rusak. Jika Anda menemui tanda bahwa sight glass telah menghitam. Maka tandanya bagian expansion valve atau receiver dryer kotor dan tersumbat. Bisa dipastikan bahwa kompresor AC mengalami kerusakan. 

Baca Juga : 3 Cara Memperbaiki Kompresor AC Mobil yang Bermasalah!

4. Filter AC Kotor

Filter AC  mobil yang kotor dan tersumbat menyebabkan AC hanya keluar angin saja tanpa membuat suhu menjadi dingin. Karena penyumbatan ini mempengaruhi kinerja penyaringan freon AC menjadi kurang optimal. Untuk itu kita perlu mengganti filter AC mobil dan membersihkannya secara berkala.

5. Extra Fan Tidak Berputar

Extra fan berfungsi sebagai pendingin tambahan yang berupa kipas diluar AC. Jika Extra fan mati maka dapat mempengaruhi proses penurunan suhu pada kondensor (kondensasi). Terhambatnya kondensasi ini menyebabkan suhu dalam kabin tidak bisa turun sehingga otomatis suhu kabin menjadi panas

6. Pengisian Oli Komproser yang Berlebihan

Pengisian oli kompresor yang berlebihan berdampak pada peningkatan tekanan freon AC. Hal ini menyebabkan kompresor menjadi terlalu panas dan menyebabkan kondensasi terhambat.

Kondisi tersebut akan membuat suhu panas dalam kabin mobil tidak bisa turun sehingga lama-kelamaan suhu kabin menjadi panas. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan Anda karena kegerahan.

Baca Juga : Penyebab Blower AC Mobil Mati & Cara Mengatasinya

7. Evaporator Kotor

Evaporator kotor juga menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Hal ini terjadi karena debu dan kotoran terlalu menumpuk sehingga menghalangi proses sirkulasi udara.

8. Fan Belt AC Putus

Kinerja kompresor AC dipengaruhi oleh fan belt yang berfungsi sebagai pemutar mesin. Apabila fan belt putus maka kinerja kompresor kurang maksimal dan membuat sirkulasi dari freon terhenti. Akibatnya AC hanya akan mengeluarkan angin saja tanpa mendinginkan kabin mobil.

Setelah Anda mengetahui 8 penyebab AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angin seperti di atas, sebaiknya Anda rajin untuk membersihkan filter AC, evaporator, kondensor yang kotor atau tersumbat. Rajin mengganti freon AC apabila habis atau mengganti komponen AC lainnya yang sedang mengalami kerusakan. 

Bila Anda kurang ahli dalam mengatasi permasalahan AC mobil kurang dingin, Anda bisa mengunjungi dealer Daihatsu terdekat. Anda juga bisa berkunjung ke bengkel resmi agar mendapatkan penanganan yang tepat oleh tenaga ahli dan profesional.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

10 Penyebab Mobil Hilang Tenaga Saat Digas & Mengatasinya

2022-09-23

Bicara pengalaman berkendara, pasti ada pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan, seperti mobil hilang tenaga saat digas.

thumbnail

Berbahaya! 10 Lagu Ini Jangan Didengarkan Saat Berkendara

2021-02-19

Siapa yang suka mendengar musik saat berkendara? Apalagi ketika bertemu kemacetan atau saat menyetir sendirian. Alunan lagu, tentu bisa jadi obat ampuh untuk mengusir ra

thumbnail

5 Merek Alat Pengukur Tekanan Ban yang Bagus

2020-12-22

Alat pengukur tekanan ban adalah aksesoris tambahan yang berfungsi mengontrol tekanan ban mobil agar tetap ideal. Kegunaannya apalagi kalau bukan menunjang keawetan ban

thumbnail

Perawatan dan Cara Melindungi Mesin Mobil Dari Tikus!

2021-08-08

Jika tikus sudah berhasil masuk ke dalam kap mesin mobil atau ada indikasi tikus akan masuk ke dalam kap mesin mobil. Di bawah ini Daihatsu sarankan beberapa hal yang bi