Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Blower AC Mobil Mati & Cara Mengatasinya

Otomotif

2022-08-05

Penyebab Blower AC Mobil Mati & Cara Mengatasinya

Blower AC mobil yang mati atau tidak menyala membuat suhu di dalam kendaraan terasa panas terutama saat cuaca kemarau, atau pada saat mobil dalam keadaan berada di tengah kemacetan di siang hari.

Maka dari itu blower AC ini merupakan komponen yang penting. Fungsi blower AC mobil yaitu sebagai pendingin suhu mobil sehingga pengemudi tetap merasa sejuk ketika berkendara.

Oleh karena itu, blower AC harus selalu dirawat dengan baik atau diservis secara rutin untuk menghindari AC mobil rusak , ataupun blower mati.

Penyebab Blower AC Mobil Mati/Tidak Menyala

Banyak beberapa masalah yangs sering ditemui oleh para pengendara mobil dalam kasus blower. Misalnya saja blower AC mobil tiba-tiba mati, tidak menyala, kadang mati dan kadang hidung, menyala terus, berisik, hingga berdengung.

Nah, berikut ini kami sajikan beberapa penyebab blower AC mati. Simak dibawah ini :

1. Adanya Kerusakan Sistem Kelistrikan Pada AC Mobil

Pada dasarnya blower AC dapat hidup karena ditunjang dari daya yang dihasilkan oleh sistem kelistrikan sehingga apabila sistem kelistrikan tidak berfungsi dengan baik atau lemah maka blower bisa mati. Biasanya masalah ini disebabkan oleh beberapa hal berikut:

a. Putusnya Resistor Blower

Resistor adalah susunan tahanan listrik yang berfungsi mengatur kecepatan blower. Kecepatan blower sendiri tergantung jumlah besar kecilnya listrik yang mengalir ke resistor.

Blower akan berputar lebih kencang jika aliran listrik ke resistor kecil dan kipas blower AC mobil tidak berputar jika aliran listrik ke resistor besar. Sehingga jika resistor terputus maka blower mati dan tidak berputar.

b. Adanya Kerusakan Pada Relay Blower

Apa penyebab AC mobil mati total? Salah satunya karena relay. Relay memiliki fungsi sebagai komponen pemisah listrik berdaya kecil dan besar.

Sehingga apabila relay rusak maka tidak akan ada arus listrik yang dialirkan ke bagian motor pada saat pengaktifan saklar. 

c. Sekring Terputus

Kenapa blower tiba-tiba mati? Bisa jadi karena sekring meleleh hingga terputus. Sekring blower fungsi sebagai pengaman arus listrik yang sedang mengalir ke blower.

Biasanya sekring terputus terjadi karena adanya lonjakan arus listrik yang terlalu besar. Sebaiknya Anda selalu cek kondisi sekring karena kebanyakan blower ac mati karena disebabkan oleh ulah putusnya sekring.

Baca Juga : Ciri-Ciri Filter AC Mobil Harus Diganti & Cara Membersikannya

2. Adanya Kerusakan Panel Switcher

Penyebab blower AC mobil tidak menyala selanjutnya karena adanya masalah pada panel switcher. Kerusakaan panel switcher bisa ditandai dengan adanya kerusakan pada saklar.

Jika Anda tidak bisa memperbaiki sendiri, bisa datang ke bengkel atau dealer Daihatsu terdekat. Segala permasalahan pada mobil Anda akan dibantu dan diperbaiki oleh orang-orang yang sudah ahli dibidang otomotif.

3. Adanya Kerusakan Pada Dinamo Blower AC

Penyebab blower AC mati selanjutnya adalah adanya kerusakan pada bagian motor blower. Pada dasarnya blower berupa kipas elektrik yang memiliki komponen penggerak berupa dinamo.

Sehingga aliran listrik dari sistem kelistrikan diubah menjadi energi putar oleh dinamo tersebut. Jadi, apabila dinamo atau motor blower rusak maka otomatis blower tidak bisa berputar dan mati. 

Cara Menangani Blower AC yang Mati

Jika Anda sudah tahu beberapa penyebab blower AC mobil mati, Anda bisa menanganinya dengan cara berikut.

1. Lakukan Perawatan Mandiri Secara Rutin

Untuk menghindari blower AC mati, langkah mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan perawatan secara rutin.

Anda bisa merawat AC mobil dari melakukan proses pembersihan blower dengan cara membongkar dan mengeluarkan blower yang terpasang di mobil. 

Kemudian bersihkan kotoran atau debu yang menempel pada kipas blower dengan sikat halus, menyemprot blower dengan air, kemudian keringkan dan pasang seperti semula. Selain itu cek bagian saklar apakah masih berfungsi. 

2. Lakukan Servis Secara Berkala di Bengkel

Langkah selanjutnya Anda dapat mengunjungi dan berkonsultasi langsung dengan teknisi ahli di bengkel.

Kondisi ini bisa Anda lakukan jika kondisi blower sudah terlalu parah dan tidak bisa menyala meskipun sudah Anda tangani.

Sehingga apabila terjadi kerusakan pada bagian komponen blower misal bagian carbon crush, magnet, maupun kumparan dinamo, pihak teknisi bisa melakukan penggantian dengan komponen yang baru. 

Begitulah cara mengatasi blower AC mobil yang mati dan apa saja penyebabnya. Semoga ulasan di atas dapat membuat Anda lebih rutin dalam melakukan perawatan blower AC sehingga perjalanan saat berkendara terasa nyaman.

Anda juga bisa membawa ke bengkel atau dealer Daihatsu terdekat untuk melakukan perawatan rutin maupun penggantian blower AC mobil Anda.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bisakah Klaim Asuransi Mobil Baru Yang Tiba-tiba Berkarat?

2021-12-20

Apakah bisa mobil baru berkarat klaim asuransi. Bila Anda ingin mengetahui informasi tentang hal ini maka jangan alihkan perhatian pada hal lain. Anda harus menyimak inf

thumbnail

Manfaat Kredit Mobil Bekas Syariah yang Perlu Sahabat Tahu

2020-12-01

Mengetahui simulasi kredit mobil bekas syariah adalah salah satu hal agar Sahabat tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan saat melakukan kredit nanti. Ada beberapa manf

thumbnail

Rem Mobil Bunyi Berdecit? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

2022-09-13

Pernahkah Anda mendengar suara rem mobil berdecit ketika sedang mengendarai mobil? Jika Anda pernah pasti sangat mengganggu telinga Anda saat mendengarnya. Jika hal tersebut terjadi sesekali saja A

thumbnail

Cara Mengecek Dinamo Starter yang Bermasalah

2021-01-12

Dinamo merupakan komponen dalam mobil yang perlu dirawat secara berkala. Pasalnya, jika bagian krusial ini rusak maka dapat berpotensi menyebabkan mobil susah distarter.