Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Sekring Mobil Meleleh

Otomotif

2022-05-22

Sekring Mobil Meleleh

Sekring atau fuse adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah mobil. Fungsinya adalah untuk mengamankan komponen-komponen mobil lainnya dari aliran arus listrik.

Walaupun perannya cukup krusial, ada satu masalah yang sering muncul berkaitan dengan komponen sekring ini, yaitu sekring yang bisa tiba-tiba meleleh, entah itu pada sekringnya ataupun pada soketnya. Ini tentunya bisa sangat berbahaya dan beresiko menimbulkan kebakaran 

Untuk Anda yang mungkin juga mengalami permasalahan yang sama, berikut adalah beberapa penyebab yang bisa membuat sekring mobil meleleh:

Penyebab Sekring Mobil Meleleh

1. Penggunaan Sekring yang Tidak Sesuai Ukurannya

Sekring mobil bisa meleleh jika ada panas yang berlebihan timbul di area sekitar sekring. Panas berlebihan ini bisa saja muncul karena kapasitas daya sekring yang tidak sesuai dengan beban arus listrik yang mengalir melewatinya. Kapasitas daya sekring bisa diukur dengan satuan ampere.

Semakin tinggi arus listrik yang lewat, maka panas yang ditimbulkan pun semakin besar. Idealnya sekring yang baik akan terputus jika dialiri arus tertentu sesuai dengan kapasitasnya, tapi jika sekring tidak bisa terputus, maka panas akan semakin meningkat dan sekring lama kelamaan bisa meleleh.

2. Kualitas Sekring yang Buruk

Sekring yang biasanya digunakan di mobil terbuat dari lempengan logam dengan bentuk pipih yang bisa terputus jika dialiri arus listrik dengan ukuran tertentu. Bagian luarnya dibalut dengan plastik yang berfungsi sebagai isolator. Pembungkus plastik ini umumnya diberi warna tertentu sebagai penanda kapasitas sekring.

Kualitas sekring juga bisa menjadi salah satu penyebab sekring jadi mudah meleleh. Sekring dengan kualitas buruk seringkali bermasalah pada bagian lempengan logam atau plastik pembungkusnya yang lebih mudah panas dan meleleh.

3. Masalah Pada Soket Sekring

Penyebab dari sekring yang meleleh bisa juga datangnya dari soket atau rumah dari sekring tersebut. Beberapa masalah yang sering terjadi adalah soket yang terlalu longgar ataupun terdapat kotoran yang menumpuk di dalamnya dan menyebabkan sekring mudah panas.

Anda akan mudah mengenali penyebab ini jika setelah mengganti sekring yang meleleh, sekring yang baru juga cepat meleleh dalam jarak waktu yang terlalu lama. Ini artinya masalah bukan pada sekringnya tapi pada bagian soketnya.

Untuk mengatasi penyebab yang satu ini, Anda cukup memperbaiki atau mengganti soket sekring yang rusak dan bermasalah tersebut.

4. Sekring Kelebihan Beban

Ini adalah salah satu alasan yang cukup sering ditemukan pada mobil-mobil lama yang sudah banyak dimodifikasi dengan tambahan aksesoris dan kabel di dalamnya. Jika Anda menambahkan semua penambahan beban ini tanpa menggunakan sekring baru yang terpisah, maka satu sekring Anda kemungkinan besar akan segera kelebihan beban dan meleleh.

Layanan Daihatsu We Care Khusus Untuk Anda

Untuk Anda para pengguna setia Daihatsu, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan berbagai permasalahan yang terjadi di kendaraan Anda, termasuk masalah sekring mobil yang meleleh.

Baca Juga: Alasan Mengapa Mobil Listrik Mahal dan Solusi Mengatasinya

Daihatsu menghadirkan layanan Daihatsu We Care untuk memudahkan Anda melakukan servis mobil dengan lebih praktis dan efektif tanpa memakan waktu lama. Beberapa program layanan yang akan bisa Anda nikmati di antaranya adalah:

  • Mobile Service
  • Booking Service
  • Servis bergaransi
  • Spare part 24 jam atau gratis
  • Servis super cepat

Dengan semua layanan di atas, Anda tidak perlu pusing-pusing lagi harus mencari tempat servis di mana, bagaimana cara mendapatkan spare part yang asli, atau memikirkan cara meluangkan waktu melakukan servis mobil di tengah kesibukan. Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan kunjungi laman home page kami.


Tag

Otomotif

Share This