Logo Daihatsu
Menu

9 Jenis Ujian Praktek SIM A yang Perlu Dilatih Hingga Lancar

Tips & Trick

2020-11-23

ujian praktek sim a

Saat mengajukan pembuatan SIM A, tahap ujian yang paling sering gagal adalah saat ujian praktek. Pada tahap pengujian ini, calon pengemudi harus membuktikan kemampuan mengendarai kendaraan roda empat sesuai standar yang disyaratkan. Bahkan banyak orang yang sengaja mengambil kursus mobil untuk berlatih materi tes ujian praktek SIM A.

Ujian praktek SIM A merupakan salah satu tahap tes pada proses pembuatan SIM kendaraan roda empat. Nah, mungkin sahabat perlu mengetahui terlebih dahulu kemampuan yang akan diujikan pada saat ujian praktek SIM A. Yuk, simak 9 jenis ujian praktek SIM A yang perlu dilatih hingga lancar.

Ujian Praktek SIM A Perseorangan

Bagi yang ingin membuat SIM A perseorangan, siapkan diri untuk menggunakan mobil manual, ya. Jika ingin berhasil, mobil tidak boleh mati lebih dari tiga kali selama tes SIM A berlangsung. Nah, berikut ini materi ujian yang akan dinilai dari calon pengemudi.

Menyetir lurus

Bagian tes ini mungkin paling mudah untuk dilakukan. Namun, jangan terlalu senang dulu, tes menyetir lurus yang akan diujikan bukan hanya satu arah maju, tapi juga mundur. Ujian mengemudi tidak harus dilakukan dengan kecepatan tinggi, kok. Asalkan kemudi setir dan kecepatan bisa dikendalikan, tahap tes ini akan dapat terlewati.

Menyetir jalur zig-zag

Nah, calon pengemudi juga harus mampu mengendalikan manuver kendaraan. Manuver mobil akan lebih mudah saat memakai mobil dengan kendali ringan dan haluan pendek. Semakin sering berlatih, penguasaan manuver akan semakin baik, kok.

Memarkir mobil secara seri dengan posisi mundur

Parkir mobil seri mungkin relatif lebih mudah, mobil hanya perlu dikendalikan sesuai batas yang ditentukan. Namun, tes yang akan diujikan juga berlaku untuk posisi parkir seri dengan posisi mundur. Nah, pastikan kendali mobil tetap stabil dan mesin tidak mati, ya!

Memarkir mobil secara paralel

Tantangan selanjutnya yang akan diuji adalah parkir paralel. Biasanya akan ada garis-garis batas untuk dapat memarkirkan mobil secara paralel. Sebisa mungkin, hindari menyentuh batasan yang sudah ditentukan tersebut. Manfaatkan fungsi spion agar kendali sempurna.

Berhenti di tanjakan

Mobil juga tidak boleh mundur saat berada di tanjakan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan mobil di tanjakan. Biasanya mesin mobil mudah sekali padam jika kendali kopling dan rem tidak sinkron. Namun, hal ini juga bisa dilatih agar posisi mobil tetap seimbang dan mesin tetap menyala.

Ujian Praktek SIM A Umum

Bagi calon pengemudi kendaraan umum, ada tahap ujian praktek SIM A yang akan diberikan. Tahapan tes tersebut tidak dilakukan menggunakan mobil, melainkan simulator. Namun, yang membedakan hanya situasi jalan yang muncul melalui layar dengan materi uji berikut.

Ujian reaksi lampu lalu lintas

Pengemudi akan diperhatikan reaksinya saat melihat tanda lampu lalu lintas, pengendalian mobil akan diperhatikan mulai dari posisi lampu merah, kuning, dan hijau menyala.

Uji antisipasi rambu-rambu

Situasi yang akan diujikan pada simulasi ini adalah batas jalan raya, terutama untuk mengetahui kemampuan untuk menyalakan lampu dim dan sein saat melihat garis batas jalan raya.

Uji konsentrasi saat mengendalikan setir

Saat tes ini berlangsung, calon pengemudi harus mampu mengendalikan setir dengan posisi bagian kanan dan kiri jalan yang seimbang. Simulasi yang muncul akan berupa garis hitam yang tidak boleh bertabrakan dengan batas garis merah. Jika bertabrakan lebih dari empat kali, tes akan dinyatakan gagal.

Kombinasi uji reaksi, antisipasi, dan konsentrasi

Nah, ketiga ujian yang sudah dilakukan satu persatu juga akan diujikan secara bersamaan. Calon pengemudi harus mampu mengendalikan mobil untuk bereaksi saat mendahului kendaraan, melalui jalan dengan alur zig-zag, dan sebagainya.

Itulah beberapa jenis tes yang akan muncul dalam ujian praktek SIM A. Lakukan latihan di area yang aman dan lakukan berulang agar semakin mahir, ya. Semoga berhasil!

Penulis: Rizkita Darajat


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Agar Terhindar dari Bahaya, Berikut Bacaan Doa Ketika Ada Angin Kencang

2021-01-31

Memasuki musim penghujan, fenomena hujan yang disertai dengan angin kencang bahkan petir sudah bukan hal yang jarang. Dalam hal i

thumbnail

Tata Cara Liburan ke Luar Negeri yang Aman Bagi Pemula

2020-11-26

Berlibur adalah salah satu aktivitas yang paling menyenangkan untuk dilakukan di waktu luang. Namun, persiapan liburan biasanya jadi hal yang justru paling merepotkan, terutama jika ingin melakukan

thumbnail

Mengulik Lebih Dalam Sejarah Kerajaan Kalingga

2021-03-31

Kerajaan Kalingga atau yang juga biasa disebut dengan Kerajaan Holing, merupakan kerajaan bercorak Hindu Budha. kerajaan ini  pertama kali muncul di wilayah pantai

thumbnail

Inilah Manfaat Buah Naga untuk Bayi, Terutama Jika Dijadikan Menu MPASI

2021-04-19

Bagi Sahabat yang mau bikin Mpasi untuk bayi, buah naga bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, buah ini punya banyak manfaat bagi tumbuh kembang bayi. Pada artikel ini, k