Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
9 Makanan Sehat untuk Jantung untuk Konsumsi Harian
16 Februari 2021
makanan sehat untuk jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi vital di dalam tubuh. Karena itu, kesehatan jantung harus dijaga salah satunya dengan memberikan asupan nutrisi seimbang. Pola makan yang sehat akan membuat organ tubuh juga berfungsi optimal. Senyawa alami yang baik untuk jantung adalah fitonutrien dan biasanya ditemukan pada sayur dan buah.

Makanan sehat untuk jantung adalah makanan yang banyak mengandung nutrisi flavonoid, fitonutrien, serat, antioksidan, dan omega-3. Tidak semua makanan yang baik untuk jantung berasal dari buah dan sayur, kok. Berikut ini ragam makanan yang bisa sahabat konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Apel

Selain slogan “an apple a day keep the doctor away” yang populer, buah segar ini juga mampu mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini akan menjauhkan tubuh dari risiko penyakit jantung. Tak hanya itu, apel juga mengandung epicatechin yaitu zat antioksidan yang berfungsi untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah beri

Camilan buah-buahan seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan blackberry juga dinilai baik untuk kesehatan jantung. Kandungan serat dan antioksidan di dalam buah beri dapat memberikan efek yang baik untuk mengurangi risiko serangan jantung. Karena itulah, buah beri disarankan untuk dijadikan sebagai camilan atau pelengkap sarapan yang sehat.

Alpukat

Lemak tak jenuh yang terdapat pada alpukat juga berperan untuk dapat menjaga kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Karena itulah, konsumsi alpukat juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Alpukat juga mengandung kalium yang bisa mendukung kinerja jantung untuk dapat berfungsi secara optimal.

Tomat

Cara terbaik mendapatkan nutrisi dari buah tomat adalah memakannya dalam kondisi mentah. Kandungan nutrisi seperti likopen dan antioksidan berperan untuk menghilangkan risiko kelebihan kolesterol dan plak dari pembuluh darah arteri.

Beras merah

Untuk menjaga kondisi jantung yang sehat, sahabat harus menjaga kadar LDL di dalam tubuh. Salah satu cara termudah untuk mengendalikannya adalah mengonsumsi beras merah yang kaya serat. Sahabat juga bisa mencari alternatif biji-bijian lain seperti gandum utuh dan quinoa.

Bawang putih

Nah, bahan makanan ini jadi salah satu bumbu utama yang juga memiliki manfaat penting bagi tubuh. Sahabat juga bisa menjadikan bawang putih sebagai topping pada berbagai jenis makanan seperti mi rebus, sup, tumisan, dan bahkan daging panggang. Selain aromanya yang nikmat, bawang putih mengandung senyawa alicin yang baik untuk jantung.

Salmon

Selain nutrisi nabati yang mengandung serat, sahabat juga bisa memanfaatkan nutrisi hewani dari salmon untuk kombinasi makanan seimbang. Asam lemak omega-3 pada salmon mampu menjaga stabilitas kolesterol, gula darah, dan tekanan darah sistolik.

Cokelat hitam

Tenang, masih ada camilan sehat yang bisa sahabat nikmati tanpa merasa bersalah. Cokelat hitam bisa jadi camilan favorit untuk dikonsumsi secara teratur. Namun, kadar kakao yang terkandung dalam cokelat setidaknya 70 persen agar kadar kalori dan gulanya juga tetap terjaga. Antioksidan di dalam cokelat hitam bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Teh hijau

Jika ingin bersantai dengan keluarga atau teman, sahabat bisa menikmati teh hijau yang menenangkan. Selain aromanya yang harum, senyawa polifenol dan katekin pada teh hijau bisa mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan melindungi kesehatan jantung.

Jadi, sahabat bisa mulai mengatur konsumsi makanan dengan berbagai nutrisi yang sehat agar terhindar dari risiko penyakit jantung. Jika dikonsumsi teratur, jantung akan berfungsi optimal sehingga tubuh tetap sehat.

Penulis : Rizkita Darajat

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku