Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Berbahaya! 10 Lagu Ini Jangan Didengarkan Saat Berkendara
03 September 2018
lagu

Siapa yang suka mendengar musik saat berkendara? Apalagi ketika bertemu kemacetan atau saat menyetir sendirian. Alunan lagu, tentu bisa jadi obat ampuh untuk mengusir rasa penat dan bosan kamu Sahabat.

Sebuah penelitian mengenai hal tersebut, dilakukan oleh Dr. Simon Moore dari Metropolitan University di London, Inggris pada tahun 2013.

Hasilnya, mendengar lagu-lagu tertentu bisa membuat berkendara semakin menyenangkan. Misalnya, "Billionaire" -Travie McCoy feat. Bruno Mars, "I'm Yours" -Jason Mraz dan "The Scientist" -Coldplay. Ketiga lagu tersebut punya alunan tempo optimal yang mampu membuat jantung manusia berdetak sekitar 60-80 kali/menit.

Sayangnya, tidak semua lagu aman untuk didengarkan ketika berkendara loh. Terlebih, lagu-lagu yang memiliki tempo cepat dan beraliran keras. Lebih spesifik lagi, menurut penelitian tersebut, perempuan sebaiknya tidak mendengar lagu hip-hop.

Misalnya, lagu "Hey Mama" -The Black Eyed Peas, "Young, Wild and Free" -Snoop Dogg dan Wiz Khalifa (feat. Bruno Mars) dan "Paper Planes" -MIA. Sementara, laki-laki disarankan menghindari musik heavy metal seperti "Paradise City" -Guns N' Roses, "Dead on Arrival" -Fall Out Boy serta "Walkie Talkie Man" -Steriogram.

"Lagu dengan tempo cepat bisa membuat rasa senang berlebih dan menjadikan kamu lebih konsentrasi pada musik daripada jalanan. Lagu tempo cepat juga dapat membuat orang berkendara lebih cepat mengikuti irama musik," ujar Dr. Simon Moore, dikutip dari Huffingtonpost.

Berikut daftar lagu yang dianggap membahayakan:

1. "Hey Mama" -The Black Eyed Peas

2. "Dead on Arrival" -Fall Out Boy

3. "Paper Planes" -MIA

4. "Walkie Talkie Man" -Steriogram

5. "Paradise City" -Guns N' Roses

6. "How You Remind Me" -Nickelback

7. "Hit the Road, Jack" -Ray Charles

8. "Get Rhythm" -Johnny Cash

9. "Heartless" -Kanye West

10. "Young, Wild and Free" -Snoop Dogg and Wiz Khalifa (feat. Bruno Mars)

Misalnya, lagu Kanye West yang berjudul "Heartless" yang bertemakan cinta. Di awal, iramanya sangat mendayu-dayu. Namun ketika didengerin terus, terdapat sesi rap di bagian pertengahan yang dapat membuat pengendara ingin bergoyang.

Lagu lain yang punya tempo seperti itu adalah "Young, Wild and Free" - Snoop Dogg dan Wiz Khalifa (feat. Bruno Mars). Lalu ?Paradise City? kepunyaan Guns N? Roses hadir sebagai contoh musik yang dari awal ritmenya sudah cepat.

Siapa saja yang mendengar lagu-lagu legendaris tersebut pasti akan terbawa suasana bahkan ikut bernyanyi. Tapi, kalau didengerin sambil bawa mobil, alunan tempo di lagu-lagu tersebut dapat mengurangi konsentrasi.

Meski begitu, penelitian ini bukan tanpa kekurangan. Respondennya cuma delapan orang dan semuanya orang Inggris. Bukan tidak mungkin hasilnya akan berbeda saat penelitian tersebut dilakukan di Indonesia. Apalagi, dengan jumlah responden yang lebih banyak dan sesuai kondisi jalan di Indonesia.

Satu hal yang pasti, faktor utama keselamatan berkendara berasal dari diri sendiri selaku pengemudi. Tidak cukup punya Surat Izin Mengemudi (SIM), tapi juga harus mengerti teknik-teknik safety driving.

Hal paling sederhana yang bisa Sahabat lakukan, pastikan kondisi tubuh prima ketika berkendara. Tidak boleh mengantuk, apalagi mabuk! Serta jangan lupa pakai sabuk pengaman. Ingat, safety first dan putarlah lagu-lagu yang bisa bikin fokus.

Baca juga : 5 Lagu yang Pas Untuk Menemanimu Saat Macet Biar Nggak Ngantuk!

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku