Logo Daihatsu
Menu

Ini Yang Membedakan Orang Produktif dan Orang Sibuk

Family

2020-12-02

orang produktif

Jika selama ini kita selalu memandang padatnya aktifitas di kantor sebagai sesuatu yang menunjukkan kita adalah orang yang super sibuk sekaligus produktif, ternyata dugaan itu salah. Banyak yang mengartikan orang produktif dan orang sibuk sebagai satu hal yang sama, padahal kedua hal ini jelas berbeda, karena mereka yang produktif belum tentu sibuk, sedangkan yang sibuk juga belum tentu produktif. 

Perbedaan yang terlihat nyata tentu saja dari segi manajemen waktu serta hasil pekerjaan tersebut. Jadi jika kamu selalu sibuk dan menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, jangan berbangga hati dulu. Karena belum tentu waktu sibukmu menghasilkan pekerjaan yang luar biasa. Untuk itu kamu harus pahami 7 perbedaan ini, agar kedepannya bisa menjadi pekerja yang produktif dan bukan sekedar sibuk saja.  

Cara mereka memandang dan menetapkan sebuah prioritas.

Cara mereka memandang dan menetapkan sebuah prioritas. Seorang yang produktif cenderung memiliki sedikit prioritas, karena mereka selalu berpikir dan bekerja untuk mewujudkan prioritas yang telah ditetapkan agar semua terwujud dengan baik. Lain halnya dengan seorang yang sibuk, mereka cenderung akan memiliki banyak prioritas. Jadi tak heran jika akhirnya akan ada banyak hal yang mereka kerjakan, tapi belum tentu membuahkan hasil yang memuaskan.

Orang produktif tahu kapan harus berkata Ya dan kapan harus berkata Tidak.

Tahu kapan harus berkata Ya dan kapan harus berkata Tidak. Bagi orang produktif, mereka akan tahu kapan harus berkata Ya dan kapan harus berkata Tidak. Karena orang produktif mampu mengukur kemampuan dirinya dan menurutnya ini  menyangkut sebuah komitmen dan konsistensi. Mereka juga enggan jika suatu ketika tidak mampu merealisasikan apa yang telah disanggupinya. Berbeda dengan orang sibuk, mereka justru akan selalu berkata Ya untuk setiap permintaan atau perintah yang datang menghampirinya. Meski pada akhirnya belum tentu mampu untuk mewujudkannya.

Cara bertindak dan mengambil keputusan, juga memengaruhi hasil kerja antara orang produktif dan orang sibuk. 

Cara mereka bertindak dan mengambil keputusan sangat berbeda. Dalam mengambil keputusan, orang sibuk selalu lebih cepat jika dibandingkan dengan orang produktif. Kebanyakan orang sibuk tidak berpikir dua kali sebelum mengambil keputusan dan bertindak, bagi mereka yang penting cepat jika hasilnya buruk itu urusan belakang. Sangat berbeda dengan orang produktif, mereka selalu berpikir dua kali jika mengambil keputusan dan bertindak, karena produktivitas adalah suatu hal yang utama, dan mereka enggan membuang-buang kesempatan dan waktu yang dimiliki hanya karena ingin lebih cepat.

Orang produktif akan fokus dengan satu pekerjaan dan memaksimalkan waktu yang di punya. 

Fokus mereka saat melakukan pekerjaan itu adalah hal yang sangat berbeda. Orang sibuk lebih berfokus pada tindakan yang multitasking, sedangkan orang produktif akan lebih fokus pada kejelasan dan hasil dari tindakan yang mereka lakukan. Jadi, dengan kata lain, dari sekian banyak tindakan yang dilakukan oleh orang yang sibuk, maka hasilnya tidak maksimal dengan kualitas yang biasa saja. Sedangkan dari sedikit tindakan yang dilakukan oleh mereka yang produktif, maka kemungkinan semuanya berhasil lebih besar, karena fokus kerja mereka jelas.

Bagaimana cara mereka meluangkan waktu dan menikmati hidup.

Bagaimana cara mereka meluangkan waktu dan menikmati hidup. Orang produktif mampu membagi waktu dengan baik antara pekerjaan dan kehidupannya, dengan begitu dia memiliki kesempatan bersantai dan menikmati hidup lebih besar. Sedangkan orang sibuk selalu kehilangan waktu untuk sekedar bersantai karena memilih mengisi waktu mereka dengan kesibukan-kesibukan yang tiada henti. Karena mereka tak mampu mengatur dan membagi waktu bagi kehidupannya sendiri. 

Orang produktif tak suka mengumbar tentang kegiatan kerjanya, namun dia lebih suka menunjukkan tentang hasil kerjanya. 

Bagaimana cara mereka bersikap pada orang di sekitar. Seolah orang lain perlu tau, orang sibuk akan terus menerus berusaha membicarakan betapa sibuknya dia dan betapa semua waktunya tersita hanya untuk pekerjaannya. Sangat bertolak belakang dengan orang produktif, mereka tidak suka mengumbar-umbar kegiatannya yang padat. Melainkan langsung menunjukkan bagaimana hasilnya kepada orang di sekitarnya.

Orientasi orang produktif dan orang sibuk dalam bekerja sangat jauh berbeda. 

Orientasi mereka dalam bekerja sangat jauh berbeda. Orientasi seseorang dalam melakukan pekerjaan sangat berhubungan dengan motivasi dan juga prioritas awal. Sehingga wajar jika hal itu akan membedakan bagaimana orientasi akhir seorang yang sibuk dengan mereka yang produktif dalam bekerja. Orang sibuk memiliki orientasi akhir sebuah proses dalam bekerja, mereka akan melihat dan menunjukkan bagaimana sebuah proses yang benar dalam bekerja. Sedangkan orang produktif lebih mementingkan bagaimana hasil dari pekerjaan yang dilakukan, apakah memuaskan atau tidak. 

Baca juga : Perempuan Bekerja Harus Punya 7 Benda Ini di Mobilnya!


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Tanaman yang Bagus Ditanam di Depan Rumah, Bisa Membawa Keberuntungan Loh!

2021-05-18

Memelihara tanaman di rumah sekarang sedang menjadi tren, terlebih sejak masa pandemi tahun lalu. Ada beberapa pilihan tanaman yang bisa dipilih tentu saja dan semua itu

thumbnail

Menu Makanan Sehat di Masa Kehamilan

2020-11-27

Hamil merupakan sebuah momen yang paling ditunggu-tunggu bagi sebagian besar wanita yang sudah menikah. Selama proses kehamilan ini, sang ibu tentunya begitu menantikan

thumbnail

Makanan Sehat Diet yang Enak untuk Dikonsumsi

2021-02-11

Siapa bilang kalau makanan sehat diet tidak enak rasanya. Nyatanya, banyak sekali makanan sehat diet yang enak untuk disantap. Ini tentu kabar baik buat Sahabat yang mau

thumbnail

Hari Ibu di Indonesia Berbeda dengan Negara Lain? Ini Alasan dan Contoh Ucapan yang Semestinya!

2021-05-11

Hari Ibu adalah suatu peringatan yang sakral bagi banyak orang. Di Indonesia, Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Sahabat pasti juga mengucapkan selamat kep