Logo Daihatsu
Menu

Jenis Antena Mobil dan Cara Merawatnya

Otomotif

2020-11-18

jenis antena mobil

Supaya tidak bosan di jalan, khususnya saat macet, Sahabat bisa mendengarkan radio atau bahkan menonton televisi di dalam mobil. Untuk mendengarkan radio dan menonton televisi di mobil, kamu memerlukan perangkat antena. Tanpa antena mobil, radio dan televisi mobil kamu tidak akan bisa menangkap sinyal dengan baik.

Oleh karena itulah, Sahabat harus tau jenis-jenis antena mobil dan cara merawatnya. Selain bermanfaat untuk menghilangkan kebosanan kamu, antena bisa membuat mobil Sahabat semakin keren. Bentuk-bentuk antena mobil dapat bikin mobil kamu tampak cantik dan modis.

Jenis Antena Mobil

Berdasarkan bentuknya, ada beberapa jenis-jenis antena mobil yang harus Sahabat ketahui. Apa aja, tuh?

1. Antena Besi

Antena besi adalah antena yang paling umum. Antena yang dikenal juga sebagai antena tarik ini, bisa kamu atur panjang atau pendeknya. Sahabat mesti hati-hati dalam mengatur panjang antena besi. Kalau terlalu panjang, bisa-bisa antena tersangkut di ranting pohon atau gapura gang. Namun, kalau terlalu pendek, bisa-bisa antena tidak menangkap sinyal dengan baik.

2. Antena Fixed

Berbeda dengan sebelumnya, panjang dan pendek antena fixed tidak dapat kamu atur. Sesuai dengan namanya, Sahabat, fixed berarti pasti.

3. Antena Shark Fin

Antena Shark Fin terlihat jauh lebih gaul atau modis dibanding dua antena sebelumnya. Bentuk antena ini sama dengan namanya, yakni sirip hiu. Umumnya, antena shark fin dipasang pada atap belakang mobil.

4. Antena Motorized

Antena ini punya kecanggihannya sendiri, Sahabat. Antena Motorized bisa memanjang atau memendek secara otomatis. Antena akan naik ketika mobil menyala dan akan turun ketika mobil mati. Ada juga antena Motorized yang dikontrol dengan tombol. Canggih, ya!

5. Antena Printed Glass

Perkembangan teknologi tentunya membuat mobil-mobil kamu semakin canggih. Banyak yang bilang, antena Printed Glass adalah antena yang paling canggih saat ini. Antena ini tidak terletak di luar seperti pada umumnya. Printed Glass terletak di dalam mobil, menempel pada kaca bagian belakang. Bentuknya antena ini seperti garis.

Selain antena di atas, ada juga antena digital. Antena digital cocok digunakan pada mobil dengan kaca film yang mengandung logam. Antena digital ini berbentuk kotak, berwarna hitam, kecil, terbuat dari plastik, dan memiliki desain serupa antena. Biasanya, antena ini dijual satu paket dengan perangkat radio atau televisi.

Setelah mengenali jenis-jenis antena mobil, berikutnya Sahabat mesti merawatnya dengan baik. Kenapa? Agar kamu bisa terus mendengarkan radio atau menonton televisi di mobil, tentunya. Udah gitu, keawetan antena mobil juga bergantung sama perhatian kamu.

  1. Jangan lupa keringkan antena setelah mencuci mobil supaya antena tidak berkarat.
  2. Saat memasang penutup mobil, perhatikan antena supaya tidak tertekuk. Antena bisa patah atau bengkok karena penutup mobil yang tidak dipasang secara hati-hati.
  3. Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, berhati-hatilah dalam mengatur panjang-pendek antena. Antena yang terlalu tinggi bisa tersangkut pada ranting pohon, portal, gapura, atau terowongan yang pendek.

Nah, di atas adalah penjelasan tentang jenis-jenis antena mobil dan cara merawatnya. Terang saja, antena adalah fitur pada mobil yang mungkin sering kamu sepelekan, Sahabat. Tapi, ternyata antena bisa menambah keindahan visual buat mobil kamu.

Apalagi, meskipun sekarang sudah jamannya digital streaming, kadang radio juga bisa menyelamatkan kamu dari kebosanan, lho. Jadi, sekarang, berikan perhatian lebih buat antena mobil Sahabat, ya!

Baca juga : Ini Dia 5 Antena Mobil Terbaik


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Cek Oli Kompresor AC Mobil & Biaya Gantinya

2023-04-03

Oli kompresor AC mobil memiliki fungsi layaknya oli mesin yaitu sebagai pelumas. Apabila oli kompresor berkurang atau habis maka kinerja AC juga akan menurun. Apabil

thumbnail

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Aki Bagus dan Tips Mengatasinya

2023-10-30

Ketika mobil sulit atau tidak bisa distarter sama sekali biasanya disebabkan oleh kondisi aki yang soak. Namun bagaimana dengan mobil tidak bisa distarter tapi aki b

thumbnail

Throttle Body Mobil: Fungsi, Ciri Rusak & Cara Membersihkannya

2024-02-04

Apakah Sahabat tau apa itu throttle body pada mobil? Throttle body adalah salah satu komponen kritis dalam sistem bahan bakar pada kendaraan bermotor yang bertugas s

thumbnail

Bedanya Aki Drop dan Aki Soak

2022-01-20

Di dunia otomotif ada banyak sekali komponen penting pendukung performa kendaraan. Aki merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam mesin kendaraan. Jika tidak ada aki atau aki mengalami